Career and Education

10 Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes 2018

10 orang terkaya di indonesia

Ini dia 10 orang paling kaya di negeri ini versi Forbes 2018

Orang-orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2018 sudah keluar nih Sahabat. Pasti banyak yang bertanya kan siapa saja mereka dan bagaimana mereka mengelola perusahaannya. Dari perjuangannya memang tidak ada yang instan karena setiap orang-orang kaya ini memiliki cerita dibalik kesuksesan yang mereka raih.

Nah di bawah ini ada daftar lengkapnya beserta urutan hasil kekayaan yang dapat diraih oleh mereka. Yuk langsung simak informasi dari Jitaksara.com di bawah ini, Sahabat!

1. Robert Budi Hartono dan Michael Hartono

1. Robert Budi Hartono dan Michael Hartono

Tempat pertama masih ditempati oleh Robert Budi Hartono dan saudaranya Michael Hartono. Mereka adalah pengusaha sukses sekaligus orang terkaya di Indonesia. Kedua orang ini merupakan pewaris perusahaan Djarum dimana saat dikelola oleh mereka menjadi sangat berkembang bahkan sampai ke luar negeri. Setelah krisis ekonomi dulu, kakak beradik ini juga mengakuisisi Bank Central Asia dengan total kekayaan sampai Rp509 triliun.

2. Susilo Wonowidjojo

2. Susilo Wonowidjojo

Anak ketiga dari Surya Wonowidjojo yang merupakan pendiri Gudang Garam ini memperoleh total kekayaan sekitar Rp134 triliun. Setelah menggantikan kakaknya (Rahman Halim) sebagai pimpinan Gudang Garam yang meninggal tahun 27 Juli 2008 di Singapura. Majalah Forbes menempatkan Susilo Wonowidjojo ini ke tempat kedua orang terkaya di Indonesia.

3. Eka Tjipta Widjaja

3. Eka Tjipta Widjaja

Tak heran jika pendiri Sinar Mas yaitu Eka Tjipta Widjaja menempati posisi kedua sebagai orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Sebelumnya, Eka berasal dari keluarga miskin yang bermigrasi ke Indonesia mengikuti ayahnya. Sampai kini namanya dikenal sebagai orang terkaya dengan nilai kekayaan sekitar Rp125 triliun.

4. Sri Prakash Lohia

4. Sri Prakash Lohia

Pendiri sekaligus ketua dari Indorama Corporation ini menempati urutan keempat sebagai orang terkaya di Indonesia. Seperti yang diketahui, Indorama Corporation merupakan perusahaan petrokimia dan tekstil besar di Indonesia. Total kekayaan yang dapat diraih oleh Sri Prakash Lohia mencapai Rp109 triliun.

5. Anthoni Salim

5. Anthoni Salim

Pada urutan kelima orang terkaya versi Forbes ditempati oleh Anthoni Salim yang merupakan pemilik dari salim group. Sebelumnya perusahaan tersebut merupakan warisan dari Sudono Salim ayahnya. Sempat melalui masa-masa sulit namun dapat berkembang lagi ditangan Anthoni Salim. Total kekayaan yang dapat diraihnya sekitar Rp77 triliun.

6. Tahir

Tahir

Seorang pengusaha Indonesia sekaligus investor, filantropis dan pendiri Mayapada Group ini berhasil mendapatkan posisi keenam di jajaran orang terkaya di Indonesia. Mayapada Group merupakan sebuah holding yang memiliki banyak unit usaha. Mulai dari perbankan, media cetak, properti, rumah sakit dan masih banyak lagi. Kekayaan yang didapatkan oleh Tahir ini mencapai Rp65 triliun.

7. Chairul Tanjung

7. Chairul Tanjung

Pada pemerintahan SBY, Chairul Tanjung ditunjuk sebagai Menko Perekonomian. Seorang pengusaha sukses sekaligus pemimpin dari CT Corp ini mendapatkan nilai kekayaan sekitar Rp51 triliun. Chairul Tanjung yang dikenal sebagai anak singkong ini memiliki beberapa anak perusahaan seperti Trans Corp, Bank Mega dan CT Global Resources

8. Boenjamin Setiawan

8. Boenjamin Setiawan

Dikenal dengan nama Dr. Boen ini merupakan pengusaha asal Indonesia. Perusahaannya yang bergerak di bidang farmasi yaitu PT Kalbe Farma yang kemudian berkembang menjadi Kalbe Group ini berhasil membuatnya menjadi orang terkaya di Indonesia. Kalbe Group memiliki berbagai lini yang bergerak di bidang farmasi, pendidikan, makanan kesehatan, pengepakan, distribusi dan masih banyak lagi. Total kekayaan yang dapat diraihnya mencapai Rp46 triliun.

9. Jogi Hendra Atmadja

9. Jogi Hendra Atmadja

Dilahirkan pada tahun 1946 di Jakarta dan melanjutkan sekolah di Universitas Trisakti ini mampu mengumpulkan kekayaan hingga Rp45 triliun. Setelah lulus, Jogi bersama dengan Drs. Raden Soedigdo dan Ir. Darmawan mendirikan PT Mayora Indah pada tahun 1977 di Jakarta. Semakin lama, bisnisnya terus berkembang bahkan merambah sampai luar negeri.

10. Prajogo Pangestu

10 orang terkaya di indonesia

Pria yang lahir di Sambas, Kalbar ini hanya menamatkan sekolahnya sampai jenjang SMP, lho Sahabat. Keharusan untuk bekerja membuat dia merantau ke Jakarta karena di tempat asalnya sulit sekali mendapatkan pekerjaan. Namun keberuntungan ada di tangannya karena bertemu dengan seorang pengusaha kayu asal Malaysia hingga ia berhasil membuat perusahaan kayunya sendiri yaitu PT Barito Pasifik. Kekayaan yang bisa didapatkannya mencapai Rp43 triliun yang membuat dirinya menjadi urutan ke sepuluh orang terkaya di Indonesia.

Demikian daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2018. Jika melihat kekayaannya yang bisa mereka dapatkan tentu sangat banyak, ya Sahabat. Semoga bisa menginspirasi untuk terus berjuang dan jangan sampai patah semangat!

1 Comment

Most Popular

To Top