Health

6 Langkah Cuci Tangan Menurut WHO yang Benar

Ini dia cara mencuci tangan yang benar menurut WHO!

Menjaga kesehatan tidak hanya dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan higienis. Namun ternyata membersihkan tangan dengan benar juga merupakan salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh. Dengan mencuci tangan tersebut dapat mencegah berbagai penularan penyakit seperti influenza, hepatitis A, diare dan penyakit lain.

Biasanya seseorang hanya mencucinya dengan sabun hanya untuk membersihkan kotoran yang tampak saja. Begitu juga sebagian dari mereka yang jika sudah wangi maka dianggap sudah bersih. Hal yang kecil ini sebenarnya bisa menjaga tubuh dari berbagai penularan penyakit yang berasal dari lingkungan sekitar.

Jadi harus benar-benar tahu cara mencuci tangan dengan benar, ya Sahabat. Menurut WHO ada 6 langkah dalam mencuci tangan tersebut. Jitaksara sudah merangkumnya di bawah ini, simak baik-baik ya!

1. Gosok telapak tangan lebih dahulu

6 langkah cuci tangan

unitedconcordia.com

Pertama, gosok bagian telapak tangan terlebih dahulu. Bagian inilah yang menjadi tempat penularan berbagai penyakit. Normalnya seseorang yang mencuci tangannya pasti akan mencuci bagian telapaknya pertama kali. Gunakan sabun hingga berbusa dan pastikan tidak ada kotoran lagi yang menempel pada bagian ini.

Baca juga: Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Pertumbuhan Anak

2. Gosok bagian punggung tangan

2. Gosok bagian punggung tangan

forbes.com

Kedua, gosok bagian punggung tangan secara bergantian. Sahabat bisa menggunakan telapak tangan satunya untuk membersihkannya. Ulangi sampai beberapa kali hingga penyakit dan kuman lenyap, ya Sahabat! Gosok hingga bersih dan bebas dari kotoran yang menempel.

3. Gosok sela jari-jari

3. Gosok sela jari-jari

itv.com

Sela-sela bagian jari dan ujung jari merupakan tempat kuman penyakit berkembang biak. Maka dari itu perlu dibersihkan dengan benar. Biasanya hanya menggunakan hand sanitizer saja namun pada bagian ujung jari biasanya terdapat bagian antara kuku dan kulit sehingga tidak akan terjangkau jika mengusapnya saja. Cuci bagian sela-sela jari tangan dan gosok ujung jari pada telapak lainnya.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Badan. Dijamin Ampuh!

4. Gosok bagian dalam jari-jari

4. Gosok bagian dalam jari-jari

ruralalabamaprevention.org

Bersihkan juga bagian dalam jari-jari dengan posisi jari saling mengunci. Lakukan sebaliknya dari bagian punggung tangan juga sehingga benar-benar bersih. Gunakan tambahan sabun jika dirasa masih kurang bersih.

5. Bersihkan ibu jari

5. Bersihkan ibu jari

somoscommunitycare.org

Langkah selanjutnya untuk cara mencuci tangan dengan baik menurut WHO yaitu membersihkan ibu jari. Hal ini sangat penting terutama bagi anak-anak karena kebanyakan masih suka mengisap jempol. Bersihkan ibu jari secara memutar menggunakan genggaman tangan satunya. Begitu juga dengan sebaliknya hingga bersih dan terhindar dari kuman penyakit.

6. Bersihkan kuku

6 langkah cuci tangan

valuesandcapitalism.com

Langkah terakhir adalah membersihkan bagian kuku jari. Jika Sahabat memiliki kuku yang panjang sebaiknya menggunakan alat khusus untuk menjangkau bagian bawah kuku (sela-sela kuku). Untuk mencucinya bisa dengan menggosokkan pada telapak tangan secara berlawanan dan lakukan sebaliknya.

Jika semua proses sudah selesai maka Sahabat bisa langsung membilasnya dengan air bersih dan mengalir. Langkah yang sama juga bisa dilakukan tanpa sabun namun menggunakan hand sanitizer atau produk serupa. Membersihkan tangan dengan tepat bisa dilakukan setelah beraktivitas di luar atau sebelum dan sesudah makan. Selanjutnya bisa mengeringkan bagian tangan dengan hand dryer atau handuk yang bersih.

Mencuci tangan dengan benar merupakan hal kecil yang mudah dilakukan, namun sebagian besar orang tidak tahu cara mencucinya dengan benar. Hal yang kecil tersebut dapat menjaga keluarga dan orang sekitar dari penularan berbagai penyakit. Jangan lupa berbagi informasi ini ke banyak orang, ya Sahabat!

 

Click to comment

Most Popular

To Top