Parenting

5 Aktivitas Larangan Ibu Hamil, Bisa Membahayakan Bayi!

larangan ibu hamil

Ini dia larangan ibu hamil yang tak boleh dilanggar!

Ada banyak aktivitas yang dapat mendukung perkembangan tubuh ibu hamil namun beberapa juga dilarang. Hal ini bukan semata-mata untuk membatasi gerak ibu hamil saja namun bisa berdampak buruk pada janin jika tetap dilakukan. Kondisi tubuh saat hamil harus benar-benar dijaga karena banyak faktor buruk yang siap mengincar ibu dan janin tersebut jika tidak waspada.

Jadi aktivitas apa saja yang dilarang bagi ibu hamil? Simak rangkuman Jitaksara di bawah ini, ya Sahabat!

1. Olahraga lari

larangan ibu hamil

wundergroundmusic.com

Saat berlari maka tubuh akan bergerak lebih bebas dari sebelumnya. Itulah mengapa kondisi tubuh lebih cepat lelah dan terkuras energinya. Sahabat bisa menunda dulu aktivitas lari yang biasa dilakukan karena dapat memicu hal buruk pada bayi yang sedang dikandung. Jika sebelumnya Sahabat merupakan golongan orang-orang yang suka berlari maka hal ini diperbolehkan. Namun dengan catatan bahwa tidak boleh memaksimalkan lari tersebut dan durasi lari yang lama, cukup 20-30 menit saja dengan gaya lari yang santai.

Baca juga: Waspada! 10 Makanan Penyebab Keguguran Saat Hamil Muda

2. Berendam air panas

2. Berendam air panas

shutterstock.com

Aktivitas ini memang sangat menyenangkan apalagi dapat membuat tubuh menjadi rileks. Namun ternyata berendam dalam air panas juga tidak diperbolehkan bagi ibu hamil. Suhu yang panas terlalu tinggi dengan durasi yang lama bisa meningkatkan suhu tubuh ibu hamil.

Jika dibiarkan bisa mempengaruhi janin yang ada di dalamnya. Nantinya akan ada efek kontraksi yang terjadi lebih cepat dan lebih membahayakan janin tersebut. Sahabat perlu bersabar dulu dan menunda aktivitas ini untuk dilakukan setelah hamil, ya!

3. Diving

Diving

girlsthatscuba.com

Melihat pemandangan bawah air merupakan aktivitas yang menyenangkan. Namun hal ini dilarang bagi ibu hamil. Saat menyelam. Ada kemungkinan bahwa gelembung nitrogen bisa mencapai organ vital terutama janin. Pada paru-paru orang dewasa sudah dapat menyaring gelembung tersebut sedangkan paru-paru janin belum dapat menyaringnya.

Dengan kemampuan yang belum maksimal tersebut terdapat potensi jika gelembung dapat terhisap dalam tubuh janin dan berpotensi menyebabkan cacat lahir. Apabila Sahabat tetap ingin olahraga air bisa dengan berenang biasa. Gerakan-gerakan sederhana dapat membantu tubuh untuk bergerak sehingga sirkulasinya juga maksimal.

Baca juga: 3 Pantangan Buah Ibu Hamil yang Harus Ditaati Demi Kesehatan Ibu dan Janin

4. Naik wahana taman bermain

larangan ibu hamil

beauty.allwomenstalk.com

Biasanya di tempat bermain dan di wahana-wahana tertulis bahwa ibu hamil dilarang untuk menggunakannya. Hal ini bukan semata-mata sebagai larangan saja lho Sahabat, namun ada penjelasan kesehatannya. Gaya dan tekanan dari wahana dapat menyebabkan abrupsi plasenta. Secara sederhananya dapat memisahkan plasenta dan dinding rahim secara prematur.

Selain itu beberapa wahana juga disajikan dengan ketegangan tertentu sehingga bisa membuat jantung berdetak lebih kencang. Hal ini tentu akan berpengaruh pada janin yang masih dikandung dalam tubuh. Itulah mengapa Sahabat perlu memperhatikan setiap tanda larangan bagi ibu hamil.

5. Latihan angkat beban yang berlebihan

5. Latihan angkat beban yang berlebihan

menprovement.com

Banyak tren masa kini yang mengajak ibu hamil untuk tetap berolahraga namun dengan cara angkat beban (gym). Tujuannya sih agar otot tubuh semakin lebih bugar dan sehat sehingga dalam melahirkan nantinya dapat lebih maksimal. Namun hal ini tidak disarankan terutama oleh ibu hamil yang sebelumnya tidak terbiasa olahraga tersebut.

Mengangkat beban yang terlalu berat dan dilakukan secara berulang dapat berpotensi membuat cedera pada sendi dan kondisi yang paling membahayakan dapat memicu persalinan prematur. Bagi ibu yang sedang hamil memang tidak disarankan untuk mengangkat beban yang terlalu berat ya Sahabat.

Lakukan yang terbaik selama masa kehamilan agar tumbuh kembang bayi dapat terjaga dengan baik. Sahabat perlu meminum banyak air juga agar tubuh tetap terhidrasi dan mengonsumsi makanan yang berasal dari sayur dan buah. Jangan lupa untuk menghindari juga aktivitas yang dilarang tersebut, ya Sahabat!

 

Click to comment

Most Popular

To Top