Family and Relationship

5 Alasan Suami Selingkuh dari Istri yang Sempurna

alasan suami selingkuh

Apa yang membuat dia tega selingkuh?

Suami selingkuh memang bukan hal yang baru lagi karena banyak suami yang pernah melakukannya. Efek selingkuh memang tak baik terutama bagi hubungan rumah tangga. Dampak terburuknya bisa membubarkan rumah tangga tersebut walau masih terhitung baru. Nah, selingkuh ini juga tak diinginkan oleh setiap orang lho Sahabat.

Ada banyak faktor yang bisa menjadi pemicu suami bisa berselingkuh, entah ketidakpuasan terhadap rumah tangganya, godaan dari lawan jenis, sampai kebiasaan buruk suami yang pernah berselingkuh sewaktu pacaran dulu.

Sebelum Sahabat menentukan tindakan yang tepat jika melihat suami berselingkuh. Sebaiknya tinjau ulang dengan melihat daftar alasan yang sudah Jitaksara tulis di bawah ini. Kenali dulu alasan dibalik selingkuhnya suami tersebut sebelum memutuskan untuk bertindak sesuatu.

1. Tidak bahagia dengan pernikahannya

alasan suami selingkuh

Kebahagiaan sebenarnya tidak bisa datang dengan sendirinya, namun perlu banyak usaha untuk membuatnya. Khususnya dalam jenjang pernikahan, kebahagian tersebut timbul karena adanya dua orang ingin menciptakannya. Namun jika salah satunya tidak merasa bahagia, maka dalam rumah tangga tersebut juga tidak akan bahagia.

Walaupun memiliki istri yang sempurna tapi suaminya tidak bahagia dalam bahtera rumah tangga tersebut maka bisa membuat suami menjadi selingkuh. Hal ini bertujuan untuk mencari kebahagiaan lain. Bisa jadi alasan suami berselingkuh karena di rumah tidak merasa nyaman atau bahkan tidak bisa bersyukur atas apa yang sudah diberikannya selama ini.

Baca juga: 6 Arti Mimpi Suami Menikah Lagi yang Menyesakkan Dada

2. Memiliki dendam yang mendalam

2. Memiliki dendam yang mendalam

Biasanya alasan suami yang berselingkuh karena memiliki dendam lama yang belum terlampiaskan pada istrinya. Misalkan ketidakadilan yang mereka terima atau perdebatan yang sering terjadi di rumah tangga.

Pertengkaran yang terus menerus terjadi bisa membuat seseorang menjadi berpaling, tak hanya pada suami saja melainkan istri pun juga bisa. Sahabat bisa lebih mengajaknya berdiskusi ringan tanpa harus bertengkar terus. Usahakan untuk mengalah untuk mencari tahu apa sebenarnya yang diinginkan oleh pasangan daripada ikut marah dan tidak mengalah.

3. Rasa tidak aman

3. Rasa tidak aman

Dalam hubungan rumah tangga biasanya kedua pasangan memiliki rahasia bersama. Rahasia ini biasanya diungkapkan satu sama lainnya saat berbincang ringan. Namun apabila salah satu membocorkan rahasia tersebut ke orang lain, maka pihak lain akan menjadi tidak aman alias insecure.

Hal ini yang menjadi alasan juga mengapa suami bisa berselingkuh padahal memiliki istri yang sempurna. Sebaiknya rahasia kedua pasangan harus dijaga dengan baik karena bisa berdampak yang tidak diinginkan jika dibiarkan. Berikanlah kenyamanan dan keamanan dalam hal apapun pada suami, ya Sahabat!

Baca juga: 9 Cara Membuat Laki-Laki Jatuh Cinta yang Harus Kamu Coba

4. Masalah pengendalian diri

4. Masalah pengendalian diri

Selingkuh sebetulnya bukan sebagai penyakit baru, artinya adalah ketika seseorang pernah berselingkuh maka ada rasa kecanduan untuk melakukannya lagi. Jika orang tersebut tidak bisa mengendalikan dirinya dengan baik, maka akan mudah berselingkuh dengan orang lain.

Sama seperti rokok dan alkohol karena selingkuh juga bisa membuat pelakunya menjadi ketagihan. Biasanya orang yang selingkuh ini lebih sering berjuang untuk keputusan yang sehat, namun kadang-kadang bisa menyakiti pasangan dan dirinya sendiri.

5. Kurang dewasa

alasan suami selingkuh

Masalah lain yang mendasari suami sampai selingkuh adalah kurangnya kedewasaan pada dirinya. Dalam sebuah hubungan ada banyak faktor yang menjadikan seseorang menjadi kurang dewasa. Kurangnya pengalaman dalam pernikahan awal bisa membuat banyak keputusan yang salah. Selain itu pemahaman hubungan terhadap pasangan yang kurang pun juga menjadi salah satu pemicunya.

Hal inilah yang menyebabkan suami bisa berselingkuh dengan mudahnya. Penelitian mengatakan bahwa hampir 68% pria merasa bersalah ketika berselingkuh, namun jika sampai dia membenarkan tentang perselingkuhannya tersebut berarti itu sudah menjadi bentuk keegoisannya.

Beberapa alasan masuk akal tersebut bisa membuat suami menjadi selingkuh walau memiliki istri yang sempurna. Selingkuh bukan kejadian sesaat namun timbul karena suatu hal yang terjadi sebagai pemicunya. Sahabat perlu melakukan banyak pendekatan dan lebih terbuka dengan pasangan. Jiwa yang mengalah saat berumah tangga juga diperlukan agar dapat memahami apa yang diinginkan oleh pasangan.

1 Comment

Most Popular

To Top