Apps and Games

5 Aplikasi Baca Buku Gratis yang Wajib Dimiliki Pencinta Literatur

aplikasi baca buku gratis

Baca buku di mana saja dan kapan saja~

Berbagai kebutuhan dalam mencari informasi dan literasi kini lebih mudah karena ada berbagai pengembang aplikasi buku online. Tak hanya dari kategori tertentu saja karena pada aplikasi tersebut menyediakan berbagai kebutuhan yang Sahabat butuhkan. Mau digunakan sebagai sumber literasi atau sekedar menambah ilmu pun kini lebih mudah. Hanya perlu menggunakan smartphone dan menginstal aplikasi tersebut sudah bisa menggunakannya.

Nah berbagai aplikasi tersebut ada disini, Sahabat hanya perlu menginstal dan mulai mencari buku yang diinginkan. Yuk langsung simak dalam artikel Jitaksara apa saja  daftar aplikasi tersebut, ya Sahabat!

1. Amazon Kindle

Amazon Kindle

Aplikasi yang pertama adalah Amazon Kindle yang memuat banyak sekali novel di dalamnya. Nah walaupun pengembangnya dari luar negeri, pada aplikasi ini dilengkapi dengan kamus, Wikipedia dan Google. Jadi Sahabat bisa lebih tenang dalam membaca setiap novelnya.

Ketika ada kata yang kurang dimengerti maka tinggal tahan pada kata tersebut nantinya akan keluar definisinya dari Google dan Wikipedia. Aplikasi ini juga menyediakan fitur bagi penggunanya untuk meminjam novel digital di perpustakaan terdekat. Sahabat bisa segera instal aplikasi ini dan mulai menggunakannya.

2. Novel Nusantara

Novel Nusantara

Ada juga pengembang lokal yang mengembangkan aplikasi Novel Nusantara. Aplikasi ini sangat cocok bagi Sahabat yang menyukai novel lokal dengan berbagai genre. Dalam aplikasi ini memiliki fitur dan cara penggunaan yang sangat mudah, jadi walau Sahabat masih pemula akan mudah navigasi ke setiap menunya. Uniknya lagi, jika Sahabat sering membaca banyak novel maka akan mencapai level tertentu dan mendapatkan fitur untuk memberikan rating terhadap penulis yang disukai.

3. iJakarta

iJakarta

Pemerintah DKI Jakarta juga mengeluarkan aplikasi perpustakaan online berbasis media sosial pada 2015 silam. Aplikasi ini mendapat dukungan dari sejumlah penerbit seperti Gramedia, Erlangga, Mizan dan masih banyak lagi.

Setelah Sahabat registrasi pada aplikasi tersebut, maka bisa langsung meminjam buku yang ada di aplikasi selama 4 hari. Ketika batas waktu terpenuhi maka buku secara otomatis akan dikembalikan. Jadi selain mudah digunakan juga ada banyak referensi yang bisa Sahabat dapatkan disana, ya!

Baca juga: Cara Mendaftar dan Mencari Buku di Perpustakaan Nasional Online

4. Wattpad

Wattpad

Aplikasi baca buku online selanjutnya adalah Wattpad. Sejak dahulu sebelum smartphone dikembangkan, aplikasi ini sudah ada, lho Sahabat. Jadi tak heran jika keberadaannya sampai sekarang juga sangat kuat sebagai aplikasi baca buku online. Ada banyak sekali novel yang bisa Sahabat baca disana, ditambah lagi Sahabat juga bisa membuat novel karya sendiri dan menguploadnya ke Wattpad.

5. iPusnas

iPusnas

Aplikasi terakhir dan paling direkomendasikan adalah iPusnas yang dikembangkan langsung oleh Perpustakaan Nasional. Sahabat kini tak perlu datang ke perpustakaan langsung karena dengan menggunakan aplikasinya saja sudah bisa menemukan banyak literatur dan referensi yang Sahabat butuhkan.

Mau cari kategori buku dari budaya, kesehatan, kuliner sampai motivasi pun semuanya ada disini. Sahabat hanya perlu mendaftarkan diri secara online dan mulai membaca berbagai buku referensi yang Sahabat inginkan. Novel terkenal seperti karangan Tere Liye pun juga ada disini, lho Sahabat. Setiap harinya Sahabat bisa meminjam maksimal 3 buku, jadi bisa lebih dimaksimalkan, ya Sahabat!

Itulah beberapa aplikasi yang sangat berguna bagi Sahabat yang sedang mencari literasi atau untuk membaca saja. Aplikasi tersebut memiliki sistemnya sendiri sehingga masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya. Sahabat bisa langsung mencobanya dan mulai mencari informasi yang dibutuhkan. Selamat mencoba!

Click to comment

Most Popular

To Top