Parenting

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa? Apakah Aman untuk Janin?

bolehkah ibu hamil berpuasa

Cari tahu faktanya di sini, ya

Sebetulnya wanita hamil memang diperbolehkan untuk ikut berpuasa namun harus mengikuti beberapa aturan yang harus dipenuhi agar kondisi janin yang sedang dikandung tidak ada masalah. Biasanya wanita hamil yang ingin berpuasa memiliki alasan karena masih kuat menjalaninya atau malas untuk mengganti puasa di kemudian hari. Sebetulnya jika dinilai dari segi medis apakah berpuasa saat hamil diperbolehkan? Apakah cukup aman bagi janin yang sedang dikandungnya? Berikut hal penting yang berhasil dirangkum Jitaksara.com!

1. Penelitian tentang ibu hamil yang berpuasa

bolehkah ibu hamil berpuasa

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan AS mengadakan sensus di AS, Uganda dan Irak. Dalam penelitian tersebut menemukan bahwa wanita yang sedang hamil dan berpuasa cenderung memiliki bayi yang lebih kecil. Bayi kecil tersebut juga mengalami kesulitan dalam belajar ketika besar. Sementara itu para peneliti dari Columbia University menemukan bahwa ibu yang hamil berpuasa selama musim panas ketika hari terang lebih panjang membahayakan kesehatan janinnya.

Nah untungnya di Indonesia memiliki waktu hari terang sekitar 14 jam sehari, ya Sahabat. itulah mengapa banyak ibu hamil terutama dari kalangan selebritis yang mengaku menjalani ibadah puasa selama bulan Ramadan walau sedang berbadan dua. Banyak yang mengatakan bahwa “asal kuat menjalani saja, tak masalah jika ingin ikut berpuasa selama bulan Ramadan”.

Ada banyak saran bagi Sahabat yang sedang hamil dan ingin berpuasa untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter kandungan masing-masing. Apakah janin sehat dan tidak ada masalah jika ingin ikut berpuasa atau sebaliknya. Selama kondisinya kesehatan baik dari ibu dan janinnya dinyatakan sehat maka Sahabat diperbolehkan untuk berpuasa. Namun tetap dengan syarat harus memenuhi kebutuhan nutrisi bagi janinnya.

2. Pemenuhan nutrisi dan gizi kehamilan selama berpuasa

2. Pemenuhan nutrisi dan gizi kehamilan selama berpuasa

Kandungan nutrisi yang seimbang setidaknya 2.500 kalori sehari dengan komposisi 50% karbohidrat, 30% protein, dan 10-20% lemak. Pemenuhan kebutuhan nutrisi tersebut bisa didukung dari makanan empat sehat lima sempurna yang terdiri dari nasi, sayur, lauk, buah dan susu. Tidak lupa bagi Sahabat untuk memenuhi kebutuhan tambahan dalam masa kehamilan seperti obat dan suplemen.

Tak lupa nih Sahabat, saat mengandung tersebut pemenuhan kebutuhan nutrisi khusus seperti asam folat, zat besi dan kalsium juga sangat perlu. Berbagai kandungan tersebut bisa didapatkan dari bermacam sayuran atau suplemen.

3. Beberapa kondisi ibu hamil yang tidak diperbolehkan untuk berpuasa

A. Menderita diabetes melitus

A. Menderita diabetes melitus

Pertama adalah kondisi ibu hamil yang memiliki penyakit diabetes melitus. Untuk menjaga tubuh ibu hamil tersebut membutuhkan pola makan sedemikian rupa sehingga gula dalam darah tetap terkontrol. Selain itu pengidap penyakit ini biasanya harus menjalani terapi dengan berbagai obat dan program makan yang tepat. Jadi puasa untuk ibu hamil dengan kondisi ini tidak diperbolehkan, ya Sahabat.

B. Hipertensi

Hipertensi

Tekanan darah tinggi pada ibu hamil juga sangat membahayakan jika dipaksakan untuk berpuasa. Jadi harus tetap terkontrol tekanan darah tersebut menggunakan berbagai obat-obatan.

C. Pendarahan

Pendarahan

Jika Sahabat masih hamil dan masih mengalami pendarahan sebaiknya menghindari berpuasa dahulu karena jika dipaksakan akan membahayakan bagi tubuh ibu dan janinnya. Sebaiknya segera konsultasikan kesehatan Sahabat pada dokter kandungannya masing-masing.

D. Maag

Maag

Rasa sakit yang terjadi ketika telat makan bisa sangat menyiksa, apalagi jika Sahabat merupakan pengidap penyakit maag ini. Tentunya jangan sampai kambuh karena rasa sakit yang diderita bisa sangat menyiksa tubuh.

E. Dehidrasi

bolehkah ibu hamil berpuasa

Kondisi satu ini memang paling berbahaya karena bisa menjadi urusan serius bagi ibu dan janin yang dikandungnya. Terlebih lagi jika terus-terusan dehidrasi, tubuh Sahabat akan terkena efek lanjutan seperti diare, muntah dan keringat dingin. Apabila sudah dehidrasi sebaiknya segera cepat berbuka, ya Sahabat.

Itulah beberapa kondisi dan penjelasan mengenai puasa ketika hamil. Sebaiknya konsultasi pada dokter kandungan untuk mengetahui lebih lanjut tentang kondisi kesehatan ibu dan janinnya. Jangan memaksakan jika tubuh tidak kuat, jika memutuskan untuk berpuasa sebaiknya lebih berhati-hati untuk menjaga asupan nutrisi dan kondisi kesehatan tubuh, ya Sahabat!

1 Comment

Most Popular

To Top