Parenting

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Ayam? Temukan Jawabannya di Sini!

bolehkah ibu hamil makan mie ayam

Boleh enggak ya makan si lezat ini?

Pertanyaan ini sering terlontar bagi ibu hamil terutama mereka yang gemar makan mie ayam. Sebetulnya sah-sah saja ibu hamil mengonsumsi mie ayam karena memang diperbolehkan. Namun ada beberapa catatan yang harus dipahami agar tidak membahayakan janin selama kehamilan. Beberapa catatan seperti tidak menggunakan MSG berlebih, menghindari konsumsi saos yang berlebih, sampai tidak boleh mengonsumsi mie ayam setiap hari.

Nah Sahabat, Jitaksara ada beberapa tips nih yang mungkin bisa Sahabat lakukan untuk tetap mengatasi ngidam mie ayam tersebut saat hamil. Simak di bawah ini, ya!  

1. Membuat mie ayam sendiri

1. Membuat mie ayam sendiri

Cara termudah untuk mengatasi nafsu yang ingin makan mie ayam tapi ingin tetap aman adalah dengan membuatnya sendiri. Berbagai bahan bisa Sahabat sesuaikan sendiri dengan kebersihan dan kualitas bahan yang lebih terjaga. Selain itu penggunaan bumbu-bumbu pembuatnya juga bisa Sahabat kontrol, jadi sangat tepat saat hamil, ya Sahabat!

Sahabat juga perlu memastikan mie yang digunakan tidak menggunakan bahan pengawet dan pewarna yang membahayakan tubuh. Tambahkan sayur dan berbagai bumbu yang bisa mendukung perkembangan kehamilan. Gunakan minyak sayur atau olive oil sebagai salah satu bumbunya.

Baca juga: 3 Pantangan Buah Ibu Hamil yang Harus Ditaati Demi Kesehatan Ibu dan Janin

2. Tidak menggunakan MSG berlebihan

bolehkah ibu hamil makan mie ayam

Penggunaan MSG yang berlebihan bisa membuat kesehatan tubuh menjadi semakin buruk. Konsumsi berlebih ini bisa memicu penyakit serius seperti jantung, saraf yang rusak dan menghambat perkembangan otak. Untuk itulah Sahabat perlu membatasi konsumsi MSG ini dalam menyedapkan makanan.

Meski bisa membuat masakan menjadi lebih enak, namun kenyataannya banyak penyakit serius yang bisa mengintai penggunanya. Jika sedang jajan di luar bisa memberitahukan dari awal untuk tidak menggunakan MSG atau membatasinya dengan jumlah sangat sedikit.

3. Tidak menggunakan saos tambahan

3. Tidak menggunakan saos tambahan

Mie ayam yang banyak dijajakan di pinggir jalan biasanya menggunakan saos tambahan yang mengandung zat pewarna dan bahan berbahaya. Kalau Sahabat memutuskan untuk jajan di luar tersebut perlu membatasi atau bahkan tidak menggunakan saos tambahan. Jika terlalu pedas bisa membuat tubuh menjadi diare dan bila keracunan bahan berbahaya dari saos juga bisa gawat. Sahabat bisa membuat saos sendiri yang dibuat di rumah sebelum mengunjungi warung mie ayam tersebut.

Baca juga: 7 Penyebab Keracunan Kehamilan yang Membahayakan Ibu Hamil dan Janin

4. Porsi makan secukupnya

bolehkah ibu hamil makan mie ayam

Semua yang berlebihan memang tak baik terutama dalam mengonsumsi mie ayam. Sahabat tidak diperbolehkan terus-terusan mengonsumsi makanan ini karena bisa berdampak buruk pada kesehatan janin. Penuhi kebutuhan nutrisi lain seperti sayur, susu, buah dan daging selama masa kehamilan.

Konsumsi berbagai makanan pendamping tersebut juga dibutuhkan tubuh agar selama kehamilan bisa tetap sehat dan imunnya kuat. Sahabat juga bisa menambah berbagai suplemen untuk mendukung tumbuh dan kembang dari janin yang sedang dikandung.

5. Lengkapi dengan banyak sayuran

5. Lengkapi dengan banyak sayuran

Berbagai sayuran organik bisa ditambahkan dalam mie ayam tersebut seperti wortel, brokoli, bayam dan masih banyak lagi. Sayuran tersebut mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk perkembangan janin yang sedang dikandung. Walau berbeda dengan mie ayam kebanyakan, namun mie ayam tersebut sangat bergizi untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Porsi sayuran tersebut bisa diperbanyak karena lebih menyehatkan tubuh.

Nah itulah beberapa tips dalam mengonsumsi mie ayam bagi ibu hamil. Walaupun diperbolehkan mengonsumsinya, Sahabat wajib membatasi diri agar tidak berlebihan, ya!

1 Comment

Most Popular

To Top