Parenting

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Ini Penjelasannya!

Simak penjelasannya, nih!

Sebagian besar ibu hamil pasti banyak yang mempertanyakan masalah makan mie instan saat hamil. Begitu banyaknya juga pendapat di luar sana yang memiliki opininya masing-masing.

Walau sebenarnya, makanan instan pasti mengandung banyak bahan pengawet dan bahan penyedap lain yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Namun jika dikonsumsi dalam skala yang kecil tentu tidak masalah.

Dr. Benny Johan Marpaung Sp.OG, seorang dokter spesialis kandungan di RSIA Brawijaya mengungkapkan bahwa apa yang dimakan ibu saat hamil akan berpengaruh pada perkembangan janin. Jadi harus benar-benar membatasi dan memperhatikan setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh.

bolehkah ibu hamil makan mie instan

theepochtimes.com

Penyedap dan pengawet yang terdapat pada mie instan tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan janin, jadi sebaiknya menghindari konsumsi mie instan ini selama hamil. Namun jika memang ingin makan mie instan tersebut bisa mengonsumsinya sebulan sekali saja, Sahabat Jitaksara.

Kandungan mie instan yang berbahaya bagi bumil

Ada beberapa kandungan dalam mie instan yang dianggap berbahaya bagi janin. Jika dikonsumsi terus menerus dalam jangka waktu yang panjang maka bisa berdampak negatif bagi perkembangan janin tersebut.

1. Kandungan yang tinggi garam

Kandungan garam yang termasuk tinggi dalam seporsi mie instan ini dapat memicu hipertensi. Jika dibiarkan maka kondisi ini bisa semakin parah dan berakibat preeklampsia yang sangat berbahaya bagi janin. Bumil memang dihimbau untuk tidak mengonsumsi makanan yang menyebabkan preeklampsia ini termasuk mie instan.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Ayam? Temukan Jawabannya di Sini!

2. Kandungan pengawet dan pewarna

Bahan kimia pengawet dan pewarna tentu ada di setiap bungkus mie instan. Bahan berbahaya ini bisa diserap tubuh dan mengendap di dalam tubuh. Pengaruh buruknya sendiri bisa memicu penyakit dalam lain untuk timbul. Di samping itu, konsumsi mie instan juga dapat mengganggu sistem pencernaan tubuh yang juga berpengaruh pada hormon kehamilan.

bolehkah ibu hamil makan mie instan

goodyfeed.com

Tips mengonsumsi mie instan bagi ibu hamil

Ada beberapa cara yang bisa Sahabat terapkan untuk bisa mengonsumsi mie instan dengan cara yang benar. Cara ini bisa mengurangi bahan-bahan berbahaya yang ada di mie instan selama mengonsumsinya.

  • Saat merebus mie instan tersebut apalagi yang berkuah, Sahabat tidak boleh menggunakan air bekas rebusan tersebut untuk kuah mienya.
  • Gunakan air panas untuk kuah dan masukkan bumbu secukupnya saja dalam seporsi mie instan. Hal ini untuk mengurangi kadar garam yang tinggi.
  • Tambahkan sayur-sayuran yang bisa dicampurkan ke dalam mie instan tersebut untuk menambah nilai gizinya.
  • Jangan sering-sering makan mie instan, dalam satu bulan Sahabat bisa mengonsumsinya sekitar 1 atau 2 bungkus saja.

Selama masa kehamilan, Sahabat bisa mendukung perkembangannya dengan berbagai nutrisi yang bagus untuk janin. Baik itu dari sayur dan buah atau bisa juga dari suplemen kehamilan yang direkomendasikan. Jika memang ingin membatasi konsumsi mie instan tersebut, Sahabat bisa mengalihkannya ke dalam beberapa masakan yang serupa misalnya sup atau soto.

Baca juga: Waspada! 10 Makanan Penyebab Keguguran Saat Hamil Muda

Makanan yang dibuat dari bahan sayur tersebut lebih bernutrisi dan lebih sehat dibandingkan dengan mie instan. Selain mie instan, Sahabat juga perlu membatasi banyak makanan lain yang serupa, ya!

Itulah beberapa ulasan tentang mengonsumsi mie instan bagi ibu hamil. Walau banyak yang mengatakan bahwa konsumsi mie instan dalam jumlah yang banyak tidak terlalu berpengaruh pada bayinya, Sahabat tetap perlu waspada. Semua yang berlebihan memang tidak baik apalagi jika untuk perkembangan janin.

Click to comment

Most Popular

To Top