Parenting

Bolehkah Ibu Hamil Minum Yakult? Temukan Faktanya di Sini!

bolehkah ibu hamil minum yakult

Yakult dikenal baik untuk kesehatan, namun bolehkah ibu hamil mengonsumsinya?

Sebagai seorang ibu hamil, menjaga kesehatan merupakan hal yang patut untuk diperhatikan agar janin dalam kandungan tetap sehat dan tumbuh besar. Namun dalam menjaga kesehatan pastinya akan timbul beberapa penyakit yang cukup menggangu, contohnya saja diare hingga sembelit.

Sering munculnya masalah ini, pastinya membuat ibu hamil merasa terganggu. Maka dari itu, ibu hamil harus bijak dalam mengatasi masalah pencernaan selama hamil. Salah satu caranya adalah mengonsumsi susu fermentasi seperti Yakult.

Akan tetapi, beberapa ibu hamil masih ragu untuk mengonsumsi Yakult selama masa kehamilan dan merasa bimbang untuk mengonsumsinya. Untuk itu, Jitaksara mencoba merangkumnya dalam artikel kali ini. Selama membaca!

1. Yakult mengandung Bakteri Hidup

bolehkah ibu hamil minum yakult

tribunnews.com

Seperti yang kita ketahui, bahwa Yakult merupakan produk olahan susu yang menggunakan proses fermentasi bakteri baik lactobacillus casei. Proses fermentasi ini membuat Yakult mengandung probiotik atau bakteri hidup.

Meski termasuk bakteri hidup, bakteri yang satu ini sangat baik dalam membantu dan melancarkan sistem pencernaan lho. Sehingga ketika dikonsumsi dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Baca juga: 7 Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil. Wajib Dikonsumsi!

2. Manfaat Yakult Saat dikonsumsi Ibu Hamil

2. Manfaat Yakult Saat dikonsumsi Ibu Hamil

unsplash.com

Tidak hanya berguna untuk melancarkan sistem pencernaan saja, Yakult juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi seorang ibu hami, antara lain.

  • Meningkatkan kualitas kekebalan tubuh selama hamil.
  • Mengurangi penumpukan dan pertumbuhan racun yang ada di dalam usus akibat bakteri jahat.
  • Menjaga keseimbangan mikroorganisme baik dan menekan pertumbuhan bakteri buruk di dalam usus.

Umumnya, orang dewasa hanya diperbolehkan minum 2 botol dalam sehari, karena jika berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk seperti :

  • Memicu alergi
  • Meningkatkan resiko infeksi
  • Memicu sakit kepala
  • Mengganggu sistem pencernaan

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, pastikan Sahabat tidak mengonsumsi Yakult terlalu banyak dan berlebihan ya!

Baca juga: 7 Produk Susu yang Bagus untuk Ibu Hamil. Catat, ya!

3. Masalah Sembelit yang kerap muncul saat hamil

3. Masalah Sembelit yang kerap muncul saat hamil

freepik.com

Selama masa kehamilan, terjadinya sembelit kerap kali terjadi dan membuat kita kesakitan. Namun jika dibiarkan, sembelit akan berkembang menjadi kembung, wasir, hingga dapat mengeluarkan darah saat buang air besar.

  • Sebenarnya ada cara untuk mengatasi sembelit, seperti :
  • Meningkatkan konsumsi makanan berserat.
  • Meningkatkan gerak tubuh, seperti mengikuti senam khusus ibu hamil.
  • Memperbanyak minum air mineral.
  • Makan dalam jumlah yang kecil, namun sering dan teratur.

Adapun cara lain dalam mengatasi sembelit, yaitu dengan mengonsumsi Yakult dalam batas wajar. Setelah melihat rangkuman diatas, bisa kita simpulkan bahwa mengonsumsi atau minum Yakult oleh ibu hamil diperbolehkan.

Bahkan, National Library of Medicine dan National Institue of Health menyatakan bahwa penggunaan probiotik seperti Yakult diperbolehkan dan aman untuk ibu hamil.

Meskipun diperbolehkan, ada baiknya tidak mengonsumsi Yakult secara berlebihan dan hindari meminum Yakult kadaluarsa atau memiliki kemasan rusak untuk menghindari hal-hal yang tidak diingingkan.

Ada lagi yang perlu diingat, karena kondisi kehamilan setiap orang berbeda-beda, belum tentu Yakult akan cocok dengan masalah pencernaan yang Sahabat alami. Maka tidak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan.

Terlebih lagi untuk ibu hamil, biasanya ibu hamil yang tidak cocok dengan Yakult akan mengalami diare atau muntah-muntah. Jika hal tersebut pernah terjadi pada Sahabat, sebaiknya langsung memeriksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat dan selamat menjalani kehamilan. Jangan lupa kunjungi artikel menarik lainnya dari Jitaksara!

Click to comment

Most Popular

To Top