Baby

Bolehkah Ibu Menyusui Berpuasa? Temukan Faktanya di Sini!

bolehkah ibu menyusui puasa

Temukan fakta-faktanya di sini, Sahabat

Sudah sewajarnya jika masuk pada bulan Ramadan maka umat Islam akan menyambutnya dengan penuh kesenangan. Pada bulan suci tersebut, umat Islam akan diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa dengan menahan nafsu makan dan nafsu iman. Tak terkecuali bagi ibu-ibu yang sedang menyusui anaknya. Lalu bagaimana dengan hukum puasanya dan apakah aman berpuasa ketika sedang menyusui buah hati? Simak penjelasannya di bawah ini, ya sahabat!

Sebetulnya hukum berpuasa ketika sedang menyusui memang diperbolehkan selama yang menjalani kuat dan tetap bisa menyediakan nutrisi bagi bayi mereka. Namun selama menjalankan puasa tersebut, ibu tetap harus dalam kondisi agar tubuhnya tetap sehat. Pasalnya, saat berpuasa tersebut tubuh akan kehilangan lebih banyak cairan karena berubahnya pola makan dan pola istirahatnya.

bolehkah ibu menyusui puasa

Banyak yang bilang jika ibu yang sedang menyusui sedang berpuasa maka akan berpengaruh terhadap produksi ASI yang diberikan pada anaknya. Hal tersebut tidaklah benar karena pada dasarnya produksi ASI tetap berjalan sebagaimana mestinya, namun kandungan dalam lemak ASI tersebut akan berkurang. Walaupun terjadi penurunan pada kalori tubuh ibu tersebut, tentunya tidak akan berpengaruh terhadap hasil ASInya, ya Sahabat.

Berbagai tips puasa bagi ibu yang sedang menyusui

Nah jika Sahabat yang masih menyusui si kecil dan tetap ingin berpuasa, bisa melihat berbagai tips yang tersedia di bawah ini karena sangat penting untuk diperhatikan. Beribadah puasa semakin lancar dengan pemenuhan gizi pada si kecil tetap terjaga. Berikut ini tips dari Jitaksara yang bisa Sahabat simak!

1. Memperhatikan asupan saat sahur

1. Memperhatikan asupan saat sahur

Bagi Sahabat yang sedang menyusui memang diharuskan memenuhi kebutuhan si kecil dengan nutrisi yang tepat. Jika si kecil masih mengandalkan ASI maka Sahabat perlu mengonsumsi berbagai kebutuhan gizi untuk si kecil mulai dari sayur, buah, lauk pauk, karbohidrat dan susu. Bisa juga menambahnya dengan suplemen tertentu agar nutrisi dalam tubuh ibu dapat terjaga dengan maksimal.

Sebaiknya lebih mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air karena saat berpuasa nantinya tubuh akan lebih kehilangan cairan. Porsi sahur yang tepat juga harus dilakukan agar kondisi tubuh ibu dapat bertahan sampai saat berbuka nanti.

2. Cegah dehidrasi

2. Cegah dehidrasi

Berpuasa ketika sedang menyusui si kecil memang tidak berbahaya, lho Sahabat. Namun ketika ibu tersebut mengalami dehidrasi yang ditandai dengan rasa haus yang tak tertahankan, pusing, lelah, mulut kering dan lainnya harus segera membatalkan puasa. Hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena bisa berdampak yang lebih serius lagi bagi kesehatan.

Itulah mengapa saat sahur tiba perlu mengonsumsi berbagai jenis bahan makanan yang mengandung banyak cairan. Untuk ibu menyusui memang disarankan untuk meminum lebih banyak air sebelum dan sampai sahur selesai.

3. Persiapan menjalani puasa

3. Persiapan menjalani puasa

Sebagian besar Sahabat mungkin memiliki kesibukan tersendiri di samping menyusui si kecil seperti pergi ke kantor atau bersih-bersih rumah. Nah dalam kesibukan tersebut sebaiknya untuk mengurangi tugas yang terlalu berat selama menjalankan ibadah puasa. Sebisa mungkin juga menghindari teriknya panas matahari karena bisa membuat tubuh menjadi kekurangan cairan.

Persiapan dalam berpuasa pun juga sangat penting lho Sahabat, apalagi masih menyusui si kecil. Sebisa mungkin buatlah daftar makanan apa saja yang perlu disiapkan setiap harinya agar pemenuhan gizi tersebut dapat terpenuhi. Sahabat juga bisa berkonsultasi dahulu kepada dokter untuk melihat kondisi tubuh apakah layak untuk berpuasa atau tidak.

Nah itulah beberapa informasi yang bisa Sahabat dapatkan dari hukum berpuasa ketika menyusui dan berbagai tipsnya. Selama menjalani ibadah puasa, Sahabat perlu memperhatikan kesehatan dan kesanggupan pada diri sendiri, tidak perlu memaksakan karena jika sampai terlambat malah yang terjadi akan lebih berbahaya. Selamat berpuasa!

1 Comment

Most Popular

To Top