Apps and Games

7 Cara Cek KTP Online yang Mudah dan Cepat. Bisa Cek Sendiri, lho!

Ini dia cara cek e-KTP dengan mudah!

Electronic KTP atau yang dikenal dengan nama e-KTP ini merupakan tanda pengenal yang sah bagi warga Indonesia. KTP yang dikeluarkan dan dikelola langsung oleh pemerintah ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan versi KTP sebelumnya (kertas). Selain memuat data di dalamnya, e-KTP juga lebih memudahkan dalam pengecekan. Jadi warga tak harus datang dengan membawa data lain yang dibutuhkan, dari KTP tersebut sudah memuat semua data orang tersebut. Setiap warga negara Indonesia yang sudah berumur 17 tahun atau lebih harus segera mengurus e-KTP ini.

Integrasi data e-KTP pun juga sudah terkoneksi dengan database pemerintah pusat. Jadi Sahabat hanya perlu mengecek apakah data yang ada di e-KTP saat ini sudah tersimpan di database kependudukan atau belum. Berikut beberapa cara yang bisa Sahabat Jitaksara lakukan untuk mengecek KTP secara online dengan cepat!

1. Akses ke website pemerintah daerah atau dinas terkait

cara cek ktp online

blog.walls.io

Cara yang pertama adalah mengakses ke website pemerintah daerah dan dinas terkait. Jadi nomor KTP yang tertera di e-KTP Sahabat bisa digunakan untuk mengeceknya. Masukkan nomor KTP dan lihat apakah data sudah benar dan tersimpan pada database tersebut atau tidak. Jika masih ada kejanggalan bisa langsung menghubungi dinas terkait. Bisa ke website pemerintah kota atau kependudukan sipil di tempat Sahabat.

Baca juga: 5 Aplikasi Sadap WhatsApp yang Bisa Kamu Gunakan di 2019

2. Menggunakan card reader e-KTP

2. Menggunakan card reader e-KTP

http://dukcapil.padangpariamankab.go.id

Ada alat khusus yang bisa membaca e-KTP beserta data di dalamnya. Cukup dengan menempelkan pada alat tersebut akan bisa langsung terbaca datanya. Jadi pengecekan akan lebih cepat dan mudah menggunakan alat tersebut.

3. Menggunakan smartphone

3. Menggunakan smartphone

youtube.com

Jika Sahabat tidak memiliki alat tersebut, masih ada cara lain yang bisa tempuh yaitu menggunakan smartphone. Namun tidak sembarang smartphone bisa membaca, hanya beberapa smartphone yang memiliki fitur NFC. Tempelkan saja e-KTP maka akan langsung keluar data yang ada di dalamnya.

Baca juga: 5 Antivirus Terbaik untuk Windows 10 yang Harus Ada di Laptopmu

4. Menggunakan aplikasi cek KTP online

4. Menggunakan aplikasi cek KTP online

searchengineland.com

Langkah pertama, download aplikasi tersebut di Play Store jika Sahabat menggunakan android atau di Appstore jika menggunakan perangkat lain. Pengecekan bisa dilakukan hanya dengan memasukkan nomor e-KTP. Tunggu beberapa saat hingga semua data yang ada di nomor e-KTP tersebut keluar. Cara ini diwajibkan menggunakan koneksi data, ya Sahabat!

5. Melalui sosmed

5. Melalui sosmed

gnuworld.co.za

Media sosial kini juga menjadi wadah antara pemerintah dan pengguna media sosial. Jadi kini bisa lebih dekat dengan pemerintah melalui media sosial tersebut, bisa Facebook, Twitter atau Instagram. Cukup ikuti akun resmi dari pemerintah terkait kemudian tinggal chat atau tinggalkan balasan jika Sahabat ingin mengecek data terkait e-KTP. Biasanya akan lebih lama dalam memprosesnya karena harus menunggu balasan dari admin pemerintah tersebut. Namun data yang diberikan lebih akurat dan aktual.

6. SMS atau WhatsApp

6. SMS atau WhatsApp

comparitech.com

Biasanya di gedung pemerintahanan tertentu menyediakan layanan pelanggan. Nah, layanan pelanggan ini memuat nomor SMS atau WhatsApp yang bisa dihubungi. Sahabat hanya tinggal menginfokan kebutuhan untuk mengecek data dari e-KTP lewat nomornya. Nanti setelah mendapatkan balasan dari layanan pelanggan tersebut bisa tahu apakah data yang tercatat sudah benar atau butuh pembaharuan. Dengan cara ini lebih cepat karena biasanya ada petugas khusus untuk melayani kepentingan ini.

7. Menggunakan email

cara cek ktp online

projectmanager.com

Selain SMS atau WhatsApp, masih ada email yang bisa Sahabat gunakan untuk mengecek data dari nomor e-KTP. Biasanya hal ini dilakukan oleh sebuah kantor atau perusahaan karena membutuhkan banyak data dalam sekali permintaan. Sahabat akan diminta menunggu sampai semua data diambil dari database dan akan dikirimkan ke email Sahabat secepat mungkin. Untuk langkah ini, Sahabat perlu tahu alamat email dari dinas terkait karena jika sampai salah dinas akan lebih lama prosesnya.

Nah itulah beberapa cara yang bisa Sahabat lakukan untuk cek KTP secara online dan cepat. Lebih mudah mengeceknya karena sekarang ini didukung dengan tekonologi yang memadai!

 

Click to comment

Most Popular

To Top