Fashion and Beauty

10 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Secara Alami

Dapatkan rambut panjang dan sehat dengan cara ini!

Memiliki rambut yang panjang secara alami memang sebuah pencapaian yang sangat memuaskan. Itulah mengapa banyak kaum hawa yang ingin memiliki rambut seperti ini. Terkadang ada saja masalah yang sering dihadapi untuk mencapainya, seperti malas merawat, salah produk perawatan rambut atau bahkan tidak tahu cara merawat dengan benar.

Bagi Sahabat yang tidak tahu cara untuk memanjangkan rambut secara alami, Jitaksara sudah menyiapkan daftar apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan rambut panjang dan sehat yang Sahabat inginkan. Simak di bawah ini, ya!

1. Hindari keramas tiap hari

cara cepat memanjangkan rambut

flickr.com

Keramas setiap hari justru membuat minyak yang dihasilkan oleh rambut menjadi hilang. Hasilnya, rambut jadi mudah kering dan pertumbuhannya tidak maksimal. Umumnya, keramas yang dianjurkan untuk mendapatkan rambut yang panjang hanya sekitar 2-3 kali dalam seminggu. Ditambah lagi, jangan menggunakan sampo terlalu banyak karena dapat merusak rambut.

2. Sedikit pijakan pada kulit kepala

thebeautyacademy.org

Lakukan stimulasi pada kulit kepala dengan pijatan lembut dan menyeluruh pada setiap bagiannya. Hal ini bertujuan untuk melancarkan aliran darah di kulit kepala dan membuatnya menjadi lebih rileks. Pertumbuhan rambut akan menjadi maksimal dan hasilnya pun sangat memuaskan.

3. Gunakan conditioner

adorebeauty.com

Conditioner dapat menghindari rambut menjadi bercabang serta memperkuat rambut terutama bagian ujungnya. Sahabat hanya perlu mengaplikasikannya pada bagian ujung rambut dan jangan sampai terkena kulit kepala. Jika sampai terkena kulit kepala maka akan menyebabkan rambut cepat rontok.

Baca juga: 9 Warna Rambut untuk Kulit Sawo Matang Kamu agar Tampil Memesona

4. Mengeringkan rambut secara alami

bustle.com

Cara selanjutnya adalah dengan mengeringkan rambut secara alami tanpa hairdryer. Selain itu, Sahabat perlu menghindari rambut dibungkus dengan handuk karena akan membuat batang rambut menjadi rapuh. Cara terbaiknya hanya dengan mengangin-anginkan dengan kipas angin atau membiarkannya kering dengan sendirinya.

5. Gunakan masker rambut

herstyler.com

Seperti bagian tubuh lain, rambut juga membutuhkan nutrisi agar pertumbuhannya menjadi lebih maksimal. Nutrisi ini bisa didapatkan dari masker rambut khusus yang mengandung banyak zat yang dibutuhkan oleh rambut. Masker ini dapat memberikan hasil rambut yang lebih halus, bersinar dan lebih sehat. Ada banyak produk masker rambut yang dijual di toko atau bahkan Sahabat bisa membuatnya sendiri dari bahan alami.

6. Atur pola makan yang sehat

medicalnewstoday.com

Tak hanya nutrisi dari luar saja, rambut juga perlu ternutrisi dari dalam tubuh. Caranya dengan mengonsumsi berbagai makanan yang sehat. Beberapa makanan yang mengandung vitamin A dan B sangat baik untuk mendukung pertumbuhan rambut tersebut.

Baca juga: 7 Primer untuk Kulit Berminyak yang Bisa Kamu Pilih

7. Sisir selama 1-2 menit

cara cepat memanjangkan rambut

healthmania.org

Menyisir rambut tidak hanya membuat rambut menjadi lurus dan mengembang, namun juga bisa membuat peredaran kulit kepala menjadi lancar. Penelitian mengungkapkan bahwa menyisir rambut selama 1-2 menit setiap hari dapat membuat rambut menjadi cepat tumbuh dan hasilnya sangat sehat. Satu hal yang perlu Sahabat perhatikan, jangan menyisir rambut saat basah karena pada kondisi ini rambut lebih rapuh.

8. Hindari penggunaan bahan kimia berlebih pada rambut

wikihow.com

Merawat rambut dan menyesuaikannya sesuai yang Sahabat inginkan memang penting. Namun dalam kondisi tertentu, rambut tidak boleh terkena bahan kimia secara berlebihan. Hal ini bisa terjadi ketika Sahabat ingin melakukan pewarnaan rambut. Penggunaan bleaching yang berlebihan dapat merusak rambut dan membuatnya cepat rontok. Hindari juga pencatokan rambut secara berlebih walau sudah menggunakan vitamin rambut.

9. Perencanaan untuk menggunting rambut

cara cepat memanjangkan rambut

youtube.com

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, Sahabat perlu mengatur dan merencanakan pemotongan rambut secara berkala. Tujuannya bukan untuk mengurangi panjang rambut, namun untuk mendapatkan hasil rambut yang lebih rapi. Pemotongan ini juga perlu dilakukan untuk menghilangkan rambut yang sudah terlanjur bercabang.

10. Hindari paparan panas matahari

treehugger.com

Jika Sahabat sering terpapar panas matahari, sebaiknya segera melakukan penanganan lebih dini. Jika tidak maka rambut akan kering dan rusak akibat paparan sinar matahari tersebut. Selain melakukan perawatan, Sahabat juga perlu melindungi paparan tersebut dengan menggunakan topi atau pelindung kepala lain saat berada di luar ruangan.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa Sahabat lakukan untuk mendapatkan rambut panjang yang sempurna. Jadi tak perlu bermimpi lagi untuk mendapatkan hasil rambut yang sempurna, ya Sahabat!

 

 

Click to comment

Most Popular

To Top