Career and Education

7 Cara Kuliah di Luar Negeri. Dari Beasiswa Hingga Student Loan!

Kejar terus mimpimu untuk kuliah di luar negeri!

Kuliah di luar negeri memang menjadi dambaan bagi banyak orang. Namun untuk memenuhi mimpi tersebut butuh dana yang tidak sedikit. Sebetulnya ada banyak cara yang bisa Sahabat lakukan untuk bisa kuliah di luar negeri tersebut, salah satunya adalah beasiswa.

Ada banyak jenis beasiswa dan ada juga banyak pihak yang mampu menyediakan beasiswa tersebut. Jadi Sahabat perlu rajin-rajin cek informasi beasiswa terkait. Selain beasiswa ternyata masih ada jalan lain untuk bisa kuliah di luar negeri. Penasaran dengan jalan tersebut? Simak informasi Jitaksara di bawah ini, ya!

1. Beasiswa pemerintah

cara kuliah di luar negeri

schoters.com

Salah satu beasiswa yang sering dicari adalah beasiswa dari pemerintah. Di Indonesia terdapat beasiswa DIKTI yang mencakup tiket PP, biaya kuliah dan biaya hidup selama kuliah di negara tujuan. Namun di luar sana ada banyak peserta yang ingin mendaftarkan diri.

Jadi peluangnya sangat kecil untuk mendapatkan beasiswa ini. Jika memang berminat, Sahabat bisa mencari informasinya di website pemerintah terkait. Biasanya, hampir semua beasiswa mewajibkan membawa hasil tes TOEFL / IELTS. Jadi usahakan untuk mendapatkan syarat tersebut dahulu, ya Sahabat!

2. Beasiswa dari universitas

2. Beasiswa dari universitas

republika.co.id

Ada juga beasiswa dari universitas tempat Sahabat kuliah. Beasiswa ini juga termasuk unggulan di mana pesertanya juga tidak sembarangan. Sahabat harus memenuhi syarat tertentu untuk mendapatkan beasiswa ini. Beasiswa yang diberikan juga berbeda-beda dari setiap universitas, ada yang berbentuk full cover namun ada juga yang hanya untuk satu semester saja.

Baca juga: 10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi Kemenristekdikti

3. Beasiswa sponsor atau swasta

3. Beasiswa sponsor atau swasta

desainggris.com

Tak hanya dari pemerintah namun dari pihak swasta atau sponsor pun juga bisa membiayai kuliah di luar negeri. Seperti contohnya yaitu beasiswa Djarum yang sering membuka lowongan beasiswa ini. Mau kuliah di dalam negeri atau di luar negeri pun akan lebih mudah dengan bantuan beasiswa ini. Sahabat bisa mengajukan proposal pada pihak swasta terkait disertai dengan lapiran dokumen yang dibutuhkan

4. Event pertukaran pelajar

4. Event pertukaran pelajar

mainmain.id

Event ini memang yang paling sering dilakukan oleh banyak universitas. Event pertukaran pelajar memungkinkan pesertanya untuk belajar di universitas negera lain. Namun ada banyak syarat untuk menjadi pesertanya yaitu berprestasi atau berpengalaman dalam akademik tertentu. Tak heran jika pesertanya memiliki rata-rata IP sekitar 3.0 atau nilai rapornya di atas 75 persen.

5. Student loan

5. Student loan

sgu.ac.id

Beberapa universitas di luar negeri banyak yang menawarkan student load atau peminjaman uang kuliah. Student loan ini bisa dibayarkan jika Sahabat sudah lulus atau sudah diterima kerja.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan student loan ini, Sahabat perlu mengecek baik-baik kontrak yang ada di dalamnya. Mulai dari bunga, tempo pembayaran dan apa saja kebutuhan dari student loan tersebut. Jika memang sanggup maka Sahabat bisa menggunakannya.

Baca juga: 8 Universitas Terbaik di Indonesia 2018 Versi UniRank. Pilih yang Mana?

6. Summer course

6. Summer course

bucksmore.com

Ada juga program summer course atau summer class yang diselenggarakan oleh pihak tertentu untuk memberikan pengalaman belajar di luar negeri. Biasanya summer course ini berjalan dari 1 bulan hingga 6 bulan tergantung dari programnya.

Tidak hanya mata kuliah saja yang akan dipaparkan, namun juga dari sisi kebudayaan dan bahasa negara tujuan. Sahabat bisa menggunakan cara ini untuk mengambil kesempatan lebih besar ke depannya.

7. Volunteer program

cara kuliah di luar negeri

volunteersindia.org

Program volunteer atau sukarelawan juga bisa menjadi langkah pertama untuk bisa belajar ke luar negeri. Salah satu program yang paling terkenal dikalangan kampus adalah AIESEC di mana sukarelawan tersebut akan dikirimkan ke berbagai negara lain untuk kegiatan sosial.

Dalam program volunteer ini biasanya akan dibebankan biaya akomodasi dan biaya hidup sendiri. Namun ada juga tes-tes beasiswa dan lowongan kerja yang bisa Sahabat manfaatkan.

Nah itulah beberapa langkah mudah untuk bisa kuliah di luar negeri. Sahabat kini bisa mulai mencari informasi terkait dari cara tersebut jika serius ingin kuliah di luar negeri. Selamat mencoba, ya!

 

3 Comments

Most Popular

To Top