Parenting

Cara Membaca Hasil USG yang Benar. Jangan Bingung, ya!

Cari tahu cara membaca USG yang benar di sini, ya!

USG atau yang dikenal dengan ultrasonografi ini merupakan metode pencitraan yang dilakukan menggunakan suara ultra.

Ketika suara ultra tersebut ditembakkan, maka akan ada feedback (pantulan) yang membedakan mana organ yang keras, lunak atau berbentuk cair.

Bagi Sahabat yang pertama kali hamil pasti kebingungan saat dilakukannya USG.

Memang wajar karena saat USG tersebut banyak dilakukan pemeriksaan untuk memastikan dan melihat perkembangan janin yang sedang dikandung.

Biasanya hasil USG terdapat banyak angka dan istilah yang ada di dalamnya. Susunan ini sebetulnya bisa Sahabat baca sendiri karena termasuk istilah umum yang ada di dunia kehamilan.

cara membaca hasil usg

parents.com

Jitaksara sudah merangkum apa saja data yang bisa Sahabat baca pada hasil USG tersebut di bawah ini:

Berbagai istilah dalam USG

Saat melihat hasil USG pasti Sahabat juga akan melihat berbagai singkatan-singkatan dan angka. Singkatan ini memiliki artinya sendiri dan menjadi perhitungan dokter untuk memperkirakan umur, ukuran serta berat janin.

  • GA (Gestational Age), istilah yang menunjukkan perkiraan umur kehamilan Sahabat yang sudah diukur berdasarkan panjang dari ujung kaki, tungkai lengan, diameter kepala bayi dan perkembangan organ dalamnya.
  • CRL (Crown Rump Lenght), keterangan ukuran jarak dari kepala hingga ujung kaki. Biasanya digunakan untuk mengukur janin pada trimester awal.
  • GS (Gestational Sac), ukuran kantung hamil yang ditandai dengan bulatan hitam MA. Biasanya GS ini muncul saat foto USG trimester pertama.
  • BPD (Abdominal Circumferencial), ukuran tulang pelipis kiri dan bagian pelipis kanan. BPD biasanya digunakan untuk mengukur janin pada usia trimester kedua dan ketiga.
  • AC (Abdominal Circumferencial), perkiraan lingkar perut janin. Nantinya BPD dan AC akan menjadi perhitungan berat janin yang sedang dikandung.
  • HC (Head Circumferencial), ukuran lingkar kepala janin
  • FL (Femur Length), keterangan ukuran panjang paha janin
  • FW (Fetal Weight), keterangan berat janin dalam kandungan
  • FHR (Fetal Heart Rate), keterangan frekuensi detak jantung janin
  • LMP (Last Menstrual Period), keterangan menstruasi terakhir yang biasanya jadi acuan umur kandungan.
  • EDD (Estimated Delivery Date), perkiraan persalinan berdasarkan tanggal menstruasi sebelumnya. Biasanya dikenal dengan istilah HPL atau Hari Perkiraan Lahir.

Baca juga: 6 Cara Agar Plasenta Naik ke Atas untuk Cegah Pendarahan

cara membaca hasil usg

spineuniverse.com

Gradasi warna

Biasanya, USG berwarna hitam putih yang memungkinkan ibu hamil dan dokter mengetahui gambarannya. Terdapat gradasi warna yang bisa menunjukkan bahwa:

  • Jaringan yang padat (terlihat berwarna putih) adalah bagian tulangnya karena memantulkan lebih banyak suara.
  • Jaringan yang berwarna gelap berisi cairan seperti rahim.
  • Bagian organ yang berisi gas tidak bisa terdeteksi karena alat ultrasonogafi tidak bisa berfungsi baik terhadap gas.

Lebih baik USG 2D, 3D atau 4D?

Sahabat bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Teknologi ultrasonografi sekarang ini mampu menghasilkan gambar 4D dengan warna janin yang ada di dalamnya.

Urutan ini memang berdasarkan dari tingkat kejelasan dari gambar yang dihasilkan. Misalnya untuk USG 3D dapat digunakan untuk melihat adanya bibir sumbing atau yang lainnya.

Baca juga: 7 Penyebab Kelainan Jantung pada Bayi yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

Sementara 4D bisa digunakan untuk melihat gerakan janin termasuk denyut jantungnya.

Jika memang tidak tahu saat pemeriksaan USG tersebut, Sahabat bisa langsung bertanya pada dokter yang berkaitan agar lebih dijelaskan.

Itulah beberapa informasi cara membaca hasil USG dengan tepat. Dari waktu ke waktu kehamilan memang perlu dilihat secara berkala agar perkembangan dan pertumbuhan janin sesuai yang diharapkan.

Dukung terus perkembangannya dengan nutrisi penuh dari sayur, buah dan susu, ya Sahabat!

Click to comment

Most Popular

To Top