Kid

Cara Membuat Slime dengan Lem Fox. Mudah, lho!

Ini dia cara membuat slime dengan lem fox

Apa itu slime? slime merupakan sebuah mainan yang sekilas berbentuk seperti lendir, teksturnya kenyal dan lengket.

Meskipun begitu, saat ini slime masih digandrungi dan disukai oleh anak-anak karena teksturnya yang kenyal dan memiliki banyak warna.

Fungsi sesungguhnya dari slime ini pada awalnya adalah untuk membersihkan debu pada sela-sela keyboard atau kaca.

Tetapi karena teksturnya yang unik, kenyal, dan berwarna-warni maka banyak anak-anak yang tertarik untuk memegang dan meremas-remasnya sebagai mainan.

Slime ini juga dijadikan sebagai mainan edukasi anak untuk dieksplorasi sesuai imajinasi anak dengan cara mengubah-ubah bentuk slime.

cara membuat slime dengan lem fox

elmaelma.com

Sama-sama disukai dan biasa dimainkan oleh anak-anak kecil di Taman Kanak-kanak (TK), namun slime ini berbeda dengan plastisin atau playdough.

Mainan Edukasi Bagi Anak

Perbedaanya adalah tekstur dari slime yang lebih  kenyal, lengket, dan sulit dibentuk, sedangkan tekstur plastisin atau playdough lebih keras dan dapat dibentuk berbagai macam bentuk seperti tanah liat.

Slime ini merupakan mainan yang dapat melatih indera peraba.

Teksturnya yang kenyal dapat merangsang indera peraba anak-anak dalam mengenali benda di sekitarnya. Banyaknya warna-warna pada slime bisa digunakan oleh anak-anak dalam belajar warna.

Slime memang menjadi mainan yang mengasyikkan bagi anak-anak, namun saat bermain slime ini memerlukan pengawasan orang tua agar slime ini tidak dimakan oleh anak.

cara membuat slime dengan lem fox

coracaoevida.com.br

Slime banyak dijual di toko-toko mainan, supermarket, ataupun mall. Slime dijual dengan harga yang beragam, harganya tergantung ukuran, bentuk, warna, dan keunikan slime itu sendiri.

Meskipun banyak yang menjual slime, akan jauh lebih mengasyikkan jika anak-anak diajak untuk membuat slime sendiri  dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di rumah.

Baca juga: Cara Membuat Slime dengan Shampo dan Sabun. Murah dan Mudah, lho!

Selain lebih murah daripada membeli di toko, membuat slime sendiri dapat meningkatkan kreativitas anak.

Anak dapat mengkreasikan ide dan imajinasinya sendiri dari berbagai macam bahan dan warna slime.

Sebenarnya banyak cara membuat slime dengan mudah, namun disini Jitaksara akan menguraikan cara membuat slime dengan bahan-bahan yang ada di sekitar, yaitu dengan bahan dasar Lem Fox.

Cara Membuat Slime Dengan Lem Fox

Berikut bahan yang diperlukan dan cara membuatnya. Sahabat bisa menyimak sambil mempraktikkannya di rumah. Yuk siapkan alat dan bahan-bahan dibawah ini terlebih dulu!

Bahan:

  • Lem Fox
  • Activator Slime
  • Air bersih 100 ml
  • Sabun mandi cair secukupnya
  • Pewarna makanan 2 sdt
  • Baby oil (agar slime tidak lengket di tangan)

Alat:

  • Wadah atau Baskom
  • Alat pengaduk
  • Kain lap

Cara Membuat:

  1. Masukkan lem fox ke dalam wadah atau baskom, kurang lebih setengah gelas. Tambahkan air secukupnya, lalu aduk sampai merata.
  2. Masukkan slime activator ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan-lahan hingga lem fox agak sedikit encer.
  3. Tambahkan sabun cair secukupnya ke dalam adonan, jangan berlebihan, agar tekstur slime tidak mudah putus. Tambahkan sedikit demi sedikit sambil aduk merata.
  4. Aduk lagi hingga mengental, jika kurang kental, bisa ditambahkan slime activator dan sabun cair sedikit demi sedikit.
  5. Tambahkan pewarna makanan secukupnya sesuai dengan warna yang diinginkan dan aduk hingga rata.
  6. Jika dirasa kekenyalan slime sudah pas, tambahkan baby oil secukupnya ke dalam slime, agar slime tidak lengket ditangan.
  7. Slime siap dimainkan

Baca juga: Cara Membuat Slime Tanpa Lem. Dijamin Aman untuk Anak!

Bagaimana, mudah kan membuat slime dari lem fox? Selain bahan yang digunakan mudah didapatkan, bahan-bahan diatas sangatlah aman karena tidak mengandung borax.

Silahkan berkreasi dengan mempraktikkannya di rumah. Semoga uraian diatas bermanfaat dan  selamat mencoba

Click to comment

Most Popular

To Top