Fashion and Beauty

7 Cara Memutihkan Baju Putih yang Menguning Paling Efektif

Buat baju putihmu kembali seperti baru!

Baju putih biasanya lebih lama disimpan dalam lemari untuk dipakai di hari tertentu. Terkadang ketika ingin menggunakan baju putih tersebut, ada saja masalah yang bisa terjadi seperti baju menguning.

Masalah ini bisa datang karena beberapa penyebab seperti penyimpanan yang tidak sesuai, tercampur dengan bahan yang mudah menguap, dan proses mencuci yang tidak benar.

Untuk itulah Sahabat perlu tahu bagaimana cara merawat dan menyimpan baju putih dengan tepat. Jika baju terlanjur menguning maka Sahabat bisa melakukan beberapa instruksi dari Jitaksara di bawah ini.

1. Jus lemon

cara memutihkan baju putih

dekoruma.com

Ambil buah lemon secukupnya kemudian ambil air perasannya sekitar ¼ cangkir. Ambil 1 ember air panas dan campurkan dengan jus lemon sebelumnya.

Masukkan baju yang menguning dan rendam selama 1-2 jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah selesai, peras dan cuci lagi baju tersebut hingga benar-benar bersih.

Kandungan dalam jus yang dicampur dengan air panas bisa melarutkan zat kuning yang ada di baju putih. Jadi lebih cepat untuk menghilangkan dan membersihkan kotoran kuning tersebut.

2. Cuka putih

beritagar.id

Sahabat perlu menyediakan 1 cangkir cuka putih dan 1 baskom berisi air dingin. Campurkan semua bahan dan rendam pakaian yang menguning selama 3-5 menit.

Angkat, bilas dan cuci hingga bersih untuk membersihkannya secara menyeluruh. Kandungan asam di dalam cuka juga dapat melarutkan noda kuning yang ada di baju putih.

Jangan lupa untuk menambahkan deterjen lagi saat mencucinya agar tetap wangi dan bersih.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Terbukti Ampuh

3. Pemutih pakaian dan deterjen

cara memutihkan baju putih

pewangilaundry.co.id

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk memutihkan baju yang kekuningan dengan pemutih dan deterjen.

Ambil sekitar 5 gayung air panas, masukkan ke dalam ember yang berisi pakaian putih tersebut. Tambahkan sedikit deterjen dan 100 ml pemutih pakaian, aduk dengan alat bantu agar merata.

Biarkan selama 30 menit dan cuci sampai bersih. Jika air masih panas, Sahabat bisa menggunakan alat bantu untuk mengambilnya. Bisa juga dengan menambahkan air dingin ke dalam ember secukupnya.

4. Sabun cuci piring dan cuka putih

freepik.com

Baju putih biasanya terbuat dari bahan sintetis atau semi-sintetis yang bisa diputihkan dengan menggunakan bahan tertentu.

Salah satu bahan tersebut adalah sabun pencuci piring dan cuka yang bisa mengangkat noda kuning pada baju putih.

Ambil 5 gayung air panas ke dalam ember dan tambahkan 2 sendok sabun cuci piring cair. Aduk rata dan rendam baju putih selama kurang lebih 15 menit.

Ganti air menggunakan air biasa, masukkan cuka sendok makan cuka putih dan rendam selama 15 menit. Setelah semuanya selesai bisa membilasnya dan mencucinya kembali dengan deterjen hingga bersih.

5. Jangan menggunakan deterjen terlalu banyak

amazine.co

Sebagai langkah pencegahan agar baju putih tidak menguning adalah dengan tidak menggunakan deterjen terlalu banyak.

Hal ini justri dapat membuat deterjen masih mengikat kandungan dari deterjen sehingga ketika disimpan dalam waktu yang lama akan membuat warnanya menadi kekuningan.

Selalu gunakan deterjen dengan takaran yang sesuai agar tetap bisa menjaga warnanya.

Baca juga: 6 Langkah Cuci Tangan Menurut WHO yang Benar

6. Jangan menggunakan pemutih terlalu banyak

cara memutihkan baju putih

tokopedia.com

Saat mencuci baju putih, usahakan untuk memisahkannya dengan baju biasa. Selain itu juga perlu menggunakan pemutih secukupnya.

Biasanya ketika baju putih terkena noda akan langsung dicuci dengan takaran pemutih yang kebanyakan.

Hal ini memang bisa membersihkannya namun bisa membuat baju putih menjadi kekuningan jika dibiarkan dalam waktu yang lama di lemari.

Tetap gunakan pemutih secukupnya pada bagian yang terkena noda saja, ya Sahabat.

7. Menyimpan pakaian dengan benar

cara memutihkan baju putih

dekoruma.com

Menyimpan pakaian di dalam kotak plastik, wadah kayu, kardus atau kantung plastik dapat membuat pakaian putih menjadi menguning.

Kandungan asam dari tempat penyimpanan tersebut dapat meresap ke pakaian putih dan berubah menjadi kuning.

Itulah mengapa perlu menyimpannya pada media yang tepat agar dapat menjaga warnanya.

Penting sekali untuk menjaga baju putih tetap pada warna cemerlangnya.

Sahabat bisa mengikuti saran-saran di atas untuk mendapatkan baju putih yang sebelumnya menguning. Selalu gunakan cara yang tepat untuk mencuci baju tersebut, ya Sahabat!

Click to comment

Most Popular

To Top