Baby

9 Cara Mencegah Bayi Tertular Pilek yang Harus Dipahami Orang Tua

cara mencegah bayi tertular pilek

Perhatikan hal ini ya agar si Kecil terhindar dari pilek!

Berbagai tindakan pencegahan bisa dilakukan agar bayi tidak tertular pilek. Bagi orang dewasa saja sudah susah ketika terserang penyakit ini apalagi pada bayi yang baru lahir. Efek pilek ini yang bisa terjadi pada bayi adalah batuk, bersin, tubuhnya panas dingin dan hidung tersumbat. Tentunya jika bayi sampai tertular penyakit ini bisa sangat merepotkan karena akan sering menangis dan terjaga.

Nah bagi Sahabat yang ingin tahu bagaimana cara mencegahnya, simak informasi yang Jitaksara siapkan di bawah ini, ya!

1. Meningkatkan kekebalan tubuh ibu

1. Meningkatkan kekebalan tubuh ibu

Cara pertama sebagai tindakan pencegahan bayi tertular pilek adalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh ibunya. Istirahat yang cukup, makan makanan bergizi dan tepat waktu akan menjaga kesehatan tubuh ibu. Ketika kesehatannya terjaga, maka ibu bisa lebih kuat dalam melawan setiap penyakit yang masuk ke dalam tubuhnya sehingga tidak ditularkan kepada bayinya.

2. Vaksin flu untuk ibu dan bayi

cara mencegah bayi tertular pilek

Vaksin flu dan pertusis (batuk rejan) perlu didapatkan bagi ibu yang sedang hamil. Antibodi yang tercipta pada tubuh ibunya akan disalurkan ke janin sehingga sistem imunnya juga lebih meningkat. Vaksin ini dapat bertahan sampai bayi menginjak usia 6 bulan.

3. Mengikuti jadwal vaksinasi

3. Mengikuti jadwal vaksinasi

Tak hanya untuk pilek saja, bayi juga harus divaksinasi secara terjadwal. Ada berbagai vaksin yang wajib diberikan untuk bayi seperti meningitis, cacar air, campak dan masih banyak lagi. Sahabat perlu melakukan tindakan pencegahan terhadap berbagai penyakit serius tersebut.

Baca juga: 5 Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi Alami dan Aman

4. Tindakan pencegahan di ruang tunggu saat periksa

4. Tindakan pencegahan di ruang tunggu saat periksa

Saat periksa di dokter dan menunggu antrian, Sahabat bisa mengajak bayi menunggu di luar jika banyak orang sakit yang ikut menunggu di ruang tersebut. Bayi lebih rentan terserang bakteri melalui udara, jadi Sahabat perlu berhati-hati dalam menjaganya.

5. Bersihkan barang-barang yang ingin dipakai di tempat umum

cara mencegah bayi tertular pilek

Kuman dan bakteri dapat hidup berjam-jam pada barang-barang yang dipakai bersama seperti pegangan pintu, pegangan eskalator dan masih banyak lagi. Sebaiknya selalu bawa antiseptik di tas atau pembersih tangan agar selalu steril dari kuman dan bakteri.

6. Tetap menyusui

cara mencegah bayi tertular pilek

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa bayi yang diberi ASI eksklusif selama 6 bulan lebih tahan terhadap infeksi telinga dan pilek daripada yang tidak. Itulah mengapa ASI memang perlu diberikan selama 6 bulan pertamanya. Perkembangan tubuh bayi dan sistem kekebalan tubuhnya akan meningkat jika diberikan ASI secara rutin.

Baca juga: 7 Obat Batuk Alami untuk Ibu Menyusui, Dijamin Ampuh!

7. Pastikan tangan selalu bersih

7. Pastikan tangan selalu bersih

Setelah beraktivitas atau bertemu dengan orang lain, Sahabat wajib untuk mencuci tangan agar tetap bersih dari bakteri dan virus. Cuci tangan dengan sabun selama kurang lebih 20 detik saat membersihkan popok, kembali dari tempat umum, setelah membersihkan kamar mandi atau menyentuh barang yang sering dipakai oleh banyak orang. Jika bakteri atau virus tersebut masuk ke dalam bayi malah semakin gawat.

8. Menunda kunjungan

Sebaiknya Sahabat bisa lebih mengatur waktu bertemu dengan orang lain dan menunda kunjungan jika seseorang tersebut sedang sakit. Bisa juga dengan melihatnya saja namun tidak menyentuhnya, dikhawatirkan bayi akan tertular pilek atau flu dari orang tersebut.

9. Gunakan stroller dengan penutupnya

cara mencegah bayi tertular pilek

Saat berada di luar ruangan sebaiknya meletakkan bayi ke dalam stroller yang ada pelindung atau penutupnya. Hal ini bertujuan untuk melindungi bayi dari orang yang berjalan di sekitarnya terlebih lagi yang sedang batuk atau bersin.

Itulah beberapa cara pencegahan yang bisa Sahabat lakukan agar bayi tidak tertular pilek. Jika sudah terlanjur tertular, Sahabat bisa berkonsultasi dahulu dengan dokter anak karena tidak sembarangan dalam penanganannya.

Click to comment

Most Popular

To Top