Fashion and Beauty

Cara Mencuci Celana Jeans Agar Awet dan Terawat

Ini cara mencuci jeans yang benar, Sahabat

Tampil dengan outfit jeans memang menarik apalagi dengan setelan yang pas akan membuat mata semua orang terpana.

Celana jeans memang kerap kali digunakan oleh banyak orang karena membantu tampilan seseorang menjadi terlihat sempurna.

Mau ke mall atau jalan-jalan menyusuri kota akan lebih nyaman juga menggunakan jeans ini.

Namun yang perlu Sahabat ketahui adalah bagaimana caranya agar membuat jeans tersebut awet digunakan dalam waktu yang lama.

Ada beberapa cara khusus untuk mencuci dan merawatnya yang berbeda dengan jenis pakaian lain. Apabila cara merawatnya tidak benar akan membuat jeans menjadi cepat rusak dan luntur.

Nggak lucu kan jika harus beli celana jeans tiap bulan? Nah untuk itu Sahabat perlu tahu bagaimana cara merawat dan mencuci celana jeans dengan benar.

cara mencuci celana jeans

abc.net.au

Tips dan cara tepat mencuci celana jeans agar awet

Cara ini terbukti ampuh untuk dapat menjaga warna dan bentuknya seperti saat membelinya. Jitaksara sudah mengumpulkan beberapa cara dan langkah mudahnya di bawah ini. Simak baik-baik, ya!

  • Sebelum mulai mencuci ada beberapa hal yang perlu Sahabat ketahui yaitu jangan terlalu sering mencuci celana jeans. Selain membuatnya mudah berubah bentuk juga dapat membuat warnanya menjadi pudar.
  • Jika memang ingin dicuci dengan mesin cuci, sebaiknya gunakan mode dellicate atau handwash untuk menjaga kualitasnya.
  • Jangan menggunakan pengering di mesin cuci karena bisa membuat bahan jeans menjadi cepat rapuh. Proses ini juga membuat jeans cepat kusut dan ukurannya lebih kecil biasanya.
  • Jeans tidak boleh disetrika dengan suhu yang panas karena bisa membuat serat denim di dalamnya menjadi menyusut.
  • Rendam dahulu celana jeans yang ingin dicuci ke dalam baskom atau ember. Gunakan sabun deterjen secukupnya saja agar tidak merusak bahannya.
  • Jika ingin mencuci jeans dengan warna yang berbeda, maka perlu dipisahkan antara jeans dengan warna yang terang dan warna yang gelap.
  • Cuci dengan tangan atau dengan mesin cuci menggunakan mode yang disarankan. Untuk pemerasan tidak perlu dilakukan karena pasti akan berat, cukup kibas-kibaskan saja celana jeans tersebut.
  • Saat menjemur, jangan gunakan jemuran yang bisa membuat jeans terlipat. Sebaiknya gunakan gantungan atau hanger agar tidak ada garis permanen saat menjemurnya.
  • Jean yang memiliki bahan tebal ternyata lebih sensitif terhadap panas sehingga dapat membuat bentuknya menyusut. Sebaiknya jemur pada daerah yang cukup cahaya saja agar tidak merusak bahannya.
  • Angkat jeans yang sudah benar-benar mengering karena jika masih terdapat bagian yang lembap akan mengundang jamur dan bau tak sedap.
cara mencuci celana jeans

elevenia.co.id

  • Jangan sekali pun menggunakan cairan pemutih pakaian jika tak ingin warnanya menjadi luntur. Gunakan jenis sabun yang soft dan lembut untuk media mencucinya.
  • Jika ingin mencucinya secara berulang, maka Sahabat bisa merendamnya dengan air dingin selama satu jam sebelum mencucinya.
  • Jika menggunakan mesin cuci sebaiknya balik jeans terlebih dahulu untuk melindungi warna dan membersihkan kotoran bagian dalamnya.
  • Jika ingin mempercepat pengeringannya bisa menggunakan mesin pengering namun dengan pengaturan suhu yang rendah.
  • Untuk memerasnya jangan diperas, ya Sahabat! Cukup gulung perlahan dengan sedikit ditekan saja agar tidak ada bekas lipatan atau perasan yang ada di jeans.

Baca juga: Tips dan Cara Mencuci Sepatu Putih Agar Terlihat Bersih dan Bagus

Demikian beberapa tips yang bisa diberikan oleh Jitaksara dalam mencuci celana jeans yang tepat. Selalu berhati-hati dan gunakan bahan-bahan yang sesuai untuk mencucinya, ya Sahabat!

Kini Sahabat bisa tampil kekinian selalu dengan celana jeans yang awet digunakan berkali-kali. Selamat mencoba!

Click to comment

Most Popular

To Top