Travel

7 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Tanpa Promo yang Bisa Dicoba

Bisa traveling on budget, nih!

Biasanya, seseorang yang ingin mendapatkan tiket pesawat lebih murah akan mencari promo-promo tertentu.

Promo ini bisa dari maskapainya sendiri atau bisa juga dari OTA (Online Travel Agent). Sebetulnya untuk mendapatkan tiket pesawat yang murah ada banyak triknya, lho Sahabat.

Mulai dari mencari tanggal yang terendah (harganya) sampai periode tertentu dengan harga yang lebih murah.

Untuk lebih jelasnya, Jitaksara sudah menyiapkan informasi bagaimana cara mendapatkan tiket pesawat murah tanpa promo. Simak di bawah ini, ya!

1. Periode perjalanan

cara mendapatkan tiket pesawat murah

upgradedpoints.com

Kebanyakan orang sudah tahu jika pada periode high-season pasti harga untuk transportasi juga terhitung mahal dibandingkan bulan September-November atau Februari-April.

Selain itu untuk tanggal dan hari juga berpengaruh pada harga tiket pesawat, lho Sahabat. Misalnya pada tanggal 20-an pasti lebih murah dibandingkan dengan harga diawal bulan.

Pada hari weekday juga lebih murah dibandingkan dengan harga saat weekend. Jika memang tidak mendadak, Sahabat bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari dan mencari tanggal yang tepat.

2. Amati harga terendah tiap maskapai

cara mendapatkan tiket pesawat murah

thejakartapost.com

Pada periode tertentu, tiap maskapai memberikan harga yang lebih miring walaupun saat tidak promo.

Sahabat memang perlu riset terlebih dahulu untuk bisa tahu kapan harga miring dan kapan sering diadakannya promo-promo dari maskapai tersebut.

Selain website dari maskapai, kunjungi juga website OTA (Online Travel Agent) untuk melihat harga dan perubahannya setiap waktu.

Baca juga: Panduan Lengkap Pembatalan Tiket Kereta Secara Online (Update)

3. Jadilah member atau ikuti newsletternya

cara mendapatkan tiket pesawat murah

vitalchek.com

Media sosial dan email juga bisa menjadi jurus mencari tiket pesawat murah. Media sosial menjadi sarana yang paling cepat berkomunikasi dengan pelanggan.

Itulah mengapa agen dan maskapai sering update promo dan diskon lewat media sosial.

Selain itu Sahabat juga bisa berlangganan newsletter untuk mendapatkan update terbaru dari maskapai terkait termasuk promo harga.

4. Cari promo di OTA

everydayonsales.com

Banyak OTA saat ini yang berlomba-lomba untuk menjual tiket kepada pelanggannya. Alhasil dari pelangganlah yang diuntungkan dengan adanya promo dan diskon yang diadakan.

Sering cek di website OTA juga menjadi cara mudah untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Sahabat bisa mengunjungi website OTA seperti Traveloka, Tiket.com, Sky Scanner dan masih banyak lagi.

5. Perhatikan tujuan wisata

goodmorningamerca.com

Beberapa tujuan atau destinasi favorit seperti Yogyakarta, Bali, Bangkok, Kuala Lumpur memiliki harga yang lebih fluktuatif.

Dalam hitungan menit saja, harga tiket pesawat bisa naik turun secara drastis. Hanya perlu menggunakan jari-jari cepat untuk bisa mendapatkan harga terbaik saat itu.

Jika sebelumnya sudah memiliki riset tentang tanggal-tanggal harga murah dari maskapai bisa dikombinasikan dengan cara ini.

Untuk destinasi yang tidak memiliki jadwal penerbangan yang tinggi memiliki harga yang lebih stabil.

Baca juga: Paspor Hilang di Luar Negeri, Ini yang Harus Kamu Lakukan

6. Pilih maskapai yang sesuai

businessinsider.com

Maskapai LCC atau Low Cost Carrier memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan maskapai penerbangan biasa.

Hal ini juga membuat harga tiket pesawat semakin lebih murah jika Sahabat memesannya jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Maskapai LCC dengan pergantian harga yang cepat adalah Lion Air, bisa berganti setiap 2-3 jam sekali.

7. Pilih tempat duduk yang tepat

cara mendapatkan tiket pesawat murah

ochristine.com

Pemilihan tempat duduk juga bisa membuat harga tiketnya lebih murah. Tempat duduk ini biasanya berada di dekat mesin dengan suasana yang lebih bising dibandingkan dengan tempat lain.

Selain itu ketika memesan tiket lebih dari satu orang, biasanya Sahabat akan diarahkan ke kursi kosong dengan harga yang lebih tinggi.

Misalkan dalam satu pesawat terdapat kursi dengan harga Rp 700 ribu dan Rp 500 ribu. Jika memesan 5 tiket dan OTA mengarahkan ke kursi seharga Rp 700 ribu dengan jumlah seat avaible sesuai pesanan.

Harusnya Sahabat bisa menghemat Rp 200 ribu per seat. Total menghematnya bisa 5 x Rp 200 ribu yaitu Rp 1 juta dalam sekali keberangkatan.

Nah dengan begini Sahabat tak perlu takut kehabisan promo tiket lagi karena sudah tahu trik-trik mencari tiket pesawat yang murah. Selamat mencoba!

 

Click to comment

Most Popular

To Top