Career and Education

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube. Enggak Cuma dari AdSense, lho!

Ada banyak jalan untuk dapat uang dari YouTube, lho

Banyak pelaku di Youtube yang hanya mengandalkan income mereka dari Adsense. Hal ini memang wajar karena Youtube memang bekerja sama dengan Adsense sebagai jalur monetasinya. Namun tahukah Sahabat jika di luar sana banyak cara untuk mendapatkan uang selain dari Adsense tersebut? Tentu banyak!

Mulai dari sponsorship, review produk, penjualan produk dan masih banyak lagi. Berbagai cara tersebut bisa mendukung income yang Sahabat dapatkan semakin lebih banyak. Jadi tak melulu mengandalkan hanya dari Adsense saja, ya Sahabat. Nah, berbagai cara tersebut sudah Jitaksara rangkum di bawah ini. Simak baik-baik, ya!

1. Soft selling di Youtube

cara mendapatkan uang dari youtube

thinkwithgoogle.com

Selain dari Adsense ternyata Sahabat bisa mendapatkan uang dari soft selling beberapa produk yang bisa dijual. Entah itu dari produk sendiri atau bisa endorse dari produk orang lain. Hasil dari penjualan ini juga lumayan jika subsriber dan penonton di channel Sahabat terhitung banyak. Tak heran dari sekian banyak Youtuber memiliki penghasilan sampingan dari penjualan ini. Soft selling ini juga bisa diselipkan ke dalam tayangan video milik Sahabat, bahkan pengguna sampai tidak sadar jika Sahabat menyisipkan secara halus produk tersebut.

Baca juga: Cara Download YouTube Tanpa Aplikasi Mudah dan Cepat

2. Review produk

2. Review produk

youtube.com

Nah cara mendapatkan uang selanjutnya dari Adsense yaitu me-review produk khusus. Hal ini membutuhkan kerjasama dengan partner produk tertentu. Pola kerjasama ini membutuhkan Mou dimana Sahabat bisa mendapatkan uang dari tayangan atau dari penjualan produknya. Tentunya review produk ini perlu disesuaikan dengan tema channel Sahabat, ya! Misalnya Sahabat memiliki channel tentang kuliner maka bisa me-review berbagai produk UMKM atau produk sambal. Bisa juga me-review paket traveling jika channel Sahabat bertema liburan.

3. Mengarahkan ke link affiliasi

3. Mengarahkan ke link affiliasi

largedollar.com

Beberapa link affiliasi bisa digunakan untuk mendapatkan semburan dana dari Youtube. Hal ini sudah banyak yang membuktikannya, lho Sahabat. Link affiliasi ini bekerja dengan hitungan klik atau konversi yang akan digunakan dalam hitungan bayaran nanti. Semakin banyak konversi atau klik yang dihasilkan maka semakin banyak pula uang yang bisa Sahabat hasilkan. Link affiliasi ini bisa berupa link game, produk, marketplace dan masih banyak lagi.

Baca juga: 6 Aplikasi Edit Video Android yang Bakal Bikin Videomu Sekece Vlogger

4. Sponsorship

Sponsorship

inc.com

Selanjutnya, sumber uang dari Youtube yang lain adalah sponsorship dari perusahaan tertentu. Hal ini berlaku jika channel Sahabat sudah dikenal banyak orang sehingga menarik perusahaan untuk memberikan dukungan terhadap dana juga. Namun tidak memungkiri jika Sahabat menawarkan diri jika memang pantas untuk dilakukan sponsorship pada perusahaan tertentu. Hasil yang didapatkan pun juga sangat banyak, lho Sahabat. Contohnya dari Youtuber Gaming yang disponsori oleh perusahaan game atau produk tertentu. Nilai kontraknya sendiri bervariasi antara belasan juta sampai ratusan juta!

5. Monetasi pihak ketiga

cara mendapatkan uang dari youtube

gulfnews.com

Selain Adsense, ada banyak pihak monetasi yang juga bisa digunakan. Monetasi ini hampir sama dengan Adsense namun ratenya berbeda-beda. Misalnya saja per 1.000 tayangan Sahabat akan dibayar $1 USD atau bisa juga 3.000 tayangan akan dibayar $1 USD. Langkah ini bisa Sahabat tempuh jika Adsense tidak memungkinkan untuk digunakan. Beberapa monetasi pihak ketiga ini seperti VidGenX, AdRev, dan masih banyak lagi. Setiap monetasi tentu memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing ya Sahabat, jadi perlu dipahami lebih dahulu sebelum menggunakannya.

Nah itulah berbagai informasi tentang cara mendapatkan uang dari Youtube selain dari Adsense. Sebelum melakukan hal tersebut jangan lupa untuk terus mengembangkan channel Youtube Sahabat agar semakin menarik, ya!

 

Click to comment

Most Popular

To Top