Health

7 Cara Mengatasi Insomnia yang Bisa Kamu Coba Mulai Hari Ini

Say no to begadang!

Insomnia merupakan gangguan tidur yang bisa terjadi pada siapa saja. Bagi seseorang yang mengidap insomnia ini lebih terlihat lesu karena waktu tidurnya yang hanya sedikit. Untuk mengatasi masalah ini biasanya menggunakan obat-obatan khusus agar cepat tertidur.

Namun masalahnya jika dikonsumsi dalam jangka panjang tentu akan menimbulkan dampak yang membahayakan. Nah, Sahabat kini tak perlu khawatir lagi karena Jitaksara sudah menyiapkan strategi untuk mendapatkan kualitas tidur yang diinginkan. Simak informasinya di bawah ini, ya!

1. Buat suasana hati terasa nyaman

cara mengatasi insomnia

modernasian.com.au

Langkah pertama yang perlu Sahabat lakukan adalah membuat suasana hati terasa nyaman. Artinya tidak ada tekanan apapun, tidak ada kekhawatiran, tidak ada ketakutan dan lainnya.

Dengan begitu tubuh akan terbebas dari insomnia dan lebih cepat tertidur pulas. Coba tidur di lingkungan yang sepi dan tidak berisik, pastikan kondisi kamar yang ditiduri juga nyaman dan bersih, ya Sahabat!

2. Tenangkan diri sendiri

2. Tenangkan diri sendiri

shutterstock.com

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih lingkungan yang tenang dan damai. Jika Sahabat bertempat tinggal di kost atau kontrakan yang ramai dan berisik, bisa jadi penyebabnya adalah lingkungan tersebut.

Usahakan tidak ada beban pekerjaan yang masih terpikirkan atau kekacauan situasi yang sedang terjadi. Untuk mempercepat tidur ini Sahabat bisa mendengarkan alunan musik yang lambat. Matikan alat elektronik di sekitar kamar dan pastikan telepon disenyapkan.

3. Atur tempat tidur

3. Atur tempat tidur

notjustbed.com

Kondisi tempat tidur juga mempengaruhi seseorang bermasalah dengan tidurnya. Walau terdengar sepele, namun banyak yang melakukan saran ini dan berhasil memperbaiki kualitas tidurnya. Usahakan menggunakan kasur dan bantal yang tepat, setidaknya bisa membuat nyaman saat tidur.

Pastikan kasur yang digunakan empuk dan lembut serta ukuran bantal yang pas menopang leher. Pilih juga posisi tidur yang sehat agar setelah bangun keesokan harinya bisa lebih segar.

Baca juga: Ini Dia Jam Tidur yang Baik dan Harus Kamu Terapkan Sekarang Juga

4. Usahakan kamar gelap

4. Usahakan kamar gelap

oshonews.com

Tidur dalam kondisi ruangan yang gelap juga mempercepat untuk tidur dan terlelap. Solusi ini bisa Sahabat gunakan jika bermasalah dengan insomnia. Matikan lampu kamar dan perangkat yang memiliki cahaya di sekitar tempat tidur.

Jika Sahabat takut dengan kegelapan bisa menghidupkan lampu tidur dengan cahaya yang redup. Pilihlah cahaya dengan warna kekuningan karena lebih membuat mata menjadi cepat menutup.

5. Buat aturan di kamar

5. Buat aturan di kamar

cdc.gov

Buat dan patuhi aturan sebelum tidur, misalnya tidak boleh mengobrol atau menyalakan televisi. Rata-rata orang sekarang pasti memegang Hpnya ketika hendak tidur. Tak hanya membuat mata menjadi sakit, hal ini juga memperlama seseorang untuk merasakan kantuk.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Vertigo yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

6. Kurangi kafein

6. Kurangi kafein

unitedtalent.com

Sebaiknya sekitar 3 atau 4 jam sebelum tidur wajib menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein. Kafein dapat menyebabkan kecemasan dan mempengaruhi tidur karena sifatnya yang membuat tubuh menjadi aktif. Bagi yang suka ngopi bisa membatasi konsumsi kopi sekitar 2 atau 3 cangkir per hari.

7. Hindari alkohol

cara mengatasi insomnia

hk.thenewslens.com

Bagi yang sering mengonsumsi alkohol dan mengidap insomnia ini wajib untuk membatasi diri dari alkohol lagi. Alkohol dikenal memiliki efek sedatif yang membuat Sahabat susah tidur.

Alkohol ini juga dapat merusak pola tidur dan membuat orang yang mengonsumsinya timbul rasa khawatir. Hindari konsumsi alkohol saat malam hari secara berlebihan dan usahakan makan makanan yang bergizi.

Nah itulah beberapa cara untuk mengatasi insomnia yang bisa Sahabat lakukan. Selain cara di atas ada satu cara lagi yang bisa membantu yaitu dengan olahraga. Ketika berolahraga, tubuh bisa bergerak dan metabolisme akan meningkat. Pada malam harinya tubuh akan lebih ringan dan lebih cepat untuk tertidur. Selamat mencoba!

Click to comment

Most Popular

To Top