Parenting

11 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil yang Ampuh

cara mengatasi kaki bengkak saat hamil

Atasi kaki bengkak saat hamil dengan cara ini~

Saat menginjak trimester ketiga, hal yang lumrah terjadi selanjutnya pada ibu hamil adalah terjadinya pembengkakan. Perubahan fisik tersebut disebabkan oleh bertambahnya cairan dan darah dalam tubuh ibu hamil tersebut. Tak hanya pada bagian kaki, namun pembengkakan tersebut bisa juga terjadi pada bagian tangan, wajah dan pergelangan lain. Tentu saja bagian yang umum terjadi pada area kaki.

Nah pembengkakan tersebut bisa terjadi pada ibu hamil dikarenakan beberapa faktor, nih Sahabat. Simak beberapa faktor tersebut di bawah ini, ya!

1. Faktor-faktor penyebab kaki bengkak saat hamil

1. Faktor-faktor penyebab kaki bengkak saat hamil
  1. Cuaca panas
  2. Sering berdiri dalam waktu yang lama
  3. Aktivitas pekerjaan yang terlalu melelahkan dan panjang
  4. Diet yang rendah potasium
  5. Terlalu tinggi mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi kafein.
  6. Tingkat asupan garam yang terlalu banyak

Pembengkakan memang umum terjadi namun jika kondisinya datang secara mendadak pada tangan dan wajah perlu diwaspadai. Hal ini berkaitan dengan tanda pre-eklampsia, jika sudah mengalami tanda tersebut sebaiknya Sahabat segera menghubungi dokter kandungan masing-masing.

Pada bagian kaki yang terjadi pembengkakan memang wajar karena selama masa kehamilan, berat badan ibu hamil tersebut akan terus bertambah sehingga kaki akan lebih berat untuk menopang tubuh ketika berjalan. Biasanya hal tersebut masih ditambah dengan rasa nyeri dan pegal-pegal pada area yang bengkak.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

2. Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil

cara mengatasi kaki bengkak saat hamil
  1. Sebisa mungkin Sahabat menghindari berdiri dalam waktu yang lama
  2. Sahabat bisa meminimalisir terpapar panas secara langsung dalam waktu yang lama
  3. Lebih banyak beristirahat agar kaki yang bengkak cepat mengempes, berbaring dengan posisi meninggikan kaki. Sahabat bisa mengambil bantal untuk dijadikan sebagai sandarannya.
  4. Hindari menggunakan sepatu yang terlalu ketat terutama pada sepatu hak tinggi. Sebaiknya Sahabat menggunakan sepatu yang lebih nyaman di kaki.
  5. Sahabat bisa memakai celana yang sesuai untuk ibu hamil karena celana yang terlalu ketat dan sesak akan membuat bengkak kaki semakin lebih lama.
  6. Hindari pakaian yang ketat terutama pada bagian pergelangan kaki dan pergelangan tangan. Hal ini bisa menyebabkan darah menjadi terhambat dan akan menimbulkan pembengkakan pada kaki semakin lebih parah. Sahabat bisa memilih pakaian yang lebih longgar dan nyaman dipakai.
  7. Sesekali selama masa kehamilan, Sahabat bisa melakukan aktivitas berenang setidaknya 30 menit agar tubuh dapat bergerak dengan bebas tanpa menekan bagian perut. Aktivitas ini memang cocok bagi ibu hamil.
  8. Lakukan relaksasi dan pijat perlahan pada bagian kaki yang bengkak. Ini bisa membuat aliran darah pada area tersebut menjadi lancar.
  9. Sahabat bisa mengompres bagian kaki yang bengkak dengan air hangat. Sahabat juga bisa merendam kaki langsung dengan air hangat.
  10. Minum air putih yang banyak, hal ini bisa mengurangi retensi air dan menyegarkan tubuh
  11. Kurangi konsumsi garam dan batasi secara bijak penggunaan garam pada masakan. Jadi berangsur-angsur kaki yang bengkak bisa normal kembali.

Baca juga: 7 Obat Maag untuk Ibu Hamil yang Ampuh dan Aman

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi kaki yang bengkak saat hamil. Pastikan juga asupan yang diterima oleh ibu hamil tetap terjaga dan hindari bahan-bahan makanan yang dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan kaki tersebut, ya Sahabat!

1 Comment

Most Popular

To Top