Health

4 Cara Mengatasi Vertigo yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Lakukan ini saat vertigo menyerang, ya

Ketika Sahabat merasakan pusing dan serasa berputar-putar kepalanya maka ada kemungkinan jika gejala tersebut adalah vertigo. Walau sering dianggap sepele, namun jika sedang kambuh akan benar-benar mengganggu aktivitas seharian.

Tak hanya merasakan pusing yang berlebihan tapi juga ada gejala lain yang mengganggu seperti tidak fokus, pandangan kabur, merasa tidak seimbang sampai merasa lelah.Beberapa penyebab vertigo ini adalah partikel kalsium kecil yang menggumpal pada kanal telinga, menumpuknya cairan dan perubahan tekanan di telinga, atau bisa juga karena virus.

cara mengatasi vertigo

hellosehat.com

Bagian telinga ini berhubungan dengan keseimbangan tubuh sehingga jika terganggu akan membuat tubuh menjadi terguncang dan tidak seimbang. Penyakit vertigo ini bisa dihilangkan dengan gerakan khusus yang dapat menstimulasi bagian tubuh tertentu sehingga dapat mengatasinya.

Gerakan ini biasa disebut dengan 4 jurus ampuh mengatasi vertigo. Yuk simak di bawah ini, Sahabat Jitaksara!

1. Manuver Epley

Pertama jika vetigo berasal dari bagian telinga sebelah kiri maka Sahabat bisa duduk di pinggir kasur dan memutar kepala 45 derajat ke kiri. Selanjutnya taruh bantal di bawah Sahabat, berbaring dengan bantal yang bertumbu di antara bahu dan bukan di kepala. Setelah berbaring segera menghadap kasur 45 derajat dan tunggu hingga 30 detik.

Selanjutnya, putar kepala 90 derajat dari kiri ke kanan tanpa harus mengangkat kepala. Lalu tunggu lagi selama 30 detik. Lalu perlahan duduk dan tetap di kasur selama beberapa menit sampai vertigo hilang. Begitu juga dengan vertigo yang timbul pada bagian kanan telinga. Sahabat bisa melakukannya tiga kali setiap malam sebelum tidur.

Baca juga: 8 Penyebab dan Arti Kedutan Mata Kiri Atas yang Harus Kamu Tahu

2. Manuver Semont

Jika vertigo datang dari telinga bagian kiri maka Sahabat bisa duduk di pinggir kasur kemudian putar kepala 45 derajat ke kanan dan segera berbaring di kasur selama 30 detik. Selanjutnya segera pindah ke arah beralawanan dengan sudut kepala tetap 45 derajat dengan waktu yang sama.

Selanjutnya melihat ke lantai dan dilanjutkan dengan duduk secara perlahan. Tunggu hingga beberapa menit hingga vertigo berangsur-angsur hilang. Jika vertigo datang dari arah yang satunya maka bisa menggunakan cara tersebut sebaliknya.

cara mengatasi vertigo

idnjurnal.com

3. Manuver Foster atau Half Somersault

Manuver ini lebih direkomendasikan karena mudah diikuti dan lebih terasa hasilnya. langkah pertama, berlutut dan menghadap ke atas dalam beberapa detik. Kemudian sentuh lantai dengan kepala dalam posisi sujud, dahi menempel pada lantai. Tunggu hingga 30 detik hingga vertigo berhenti.

Selanjutnya bisa memutar kepala ke arah telinga yang bermasalah dan tunggu hingga 30 detik lagi. Angkat kepala sedikit dengan posisi tetap lurus searah punggung Sahabat. lalu bisa mengangkat kepala ke posisi atas dan tetap menjaga kepala searah bahu dengan posisi yang sama selama 30 detik. Selanjutnya bangun secara perlahan.

Baca juga: 10 Obat Kolesterol Alami yang Ampuh dan Mudah Dibuat Sendiri

4. Follow Up

Gerakan yang terakhir adalah Follow Up yang bisa Sahabat lakukan dengan tidak menggerakkan kepala terlalu jauh ke atas atau ke bawah. Jika beberapa gerakan sebelumnya tidak memberikan hasil selama seminggu setelah melakukannya maka bisa langsung berkonsultasi pada dokter. Dikhawatirkan tidak hanya vertigo saja yang kambuh namun juga indikasi penyakit lain.

Jadi itulah beberapa gerakan yang bisa Sahabat lakukan untuk mengusir vertigo. Jika melakukannya secara rutin sebelum tidur akan memberikan hasil yang lebih cepat dan efektif. Tetap hidup sehat dan elamat mencoba, ya Sahabat!

 

Click to comment

Most Popular

To Top