Fashion and Beauty

7 Cara Mengecilkan Pori-Pori dengan Cepat dan Aman

cara mengecilkan pori pori

Ini dia kunci wajah tampak memesona!

Memiliki kulit wajah yang mulus memang menjadi dambaan setiap orang. Namun tidak semua orang terlahir dengan kulit wajah yang sama. Beberapa di antaranya memiliki masalah umum seperti pori-pori besar atau kulit wajah berjerawat.

Nah bagi yang memiliki masalah pori-pori yang besar tersebut tentu tidak percaya diri dengan tampilan wajahnya karena jika dilihat cukup mengganggu. Pori-pori yang besar ini dapat menjadi pemicu terjadinya jerawat berlebih pada wajah ditambah lagi ketika mengaplikasikan makeup akan terlihat kurang flawless.

Bagi Sahabat yang memiliki masalah tersebut jangan khawatir, Jitaksara sudah merangkum berbagai cara yang dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori tersebut. Simak di bawah ini ya!

1. Rutin membersihkan wajah

1. Rutin membersihkan wajah

Cara pertama yang bisa Sahabat tempuh adalah dengan membersihkan wajah secara rutin. Ketika wajah bersih maka kotoran dan sel kulit yang menumpuk juga akan hilang. Jika Sahabat tipe orang yang malas membersihkan wajah tentu bisa menjadi masalah karena akan timbul beberapa dampak yang tidak diinginkan. Sebaiknya Sahabat bisa membersihkan wajah secara rutin karena kotoran dan sel kulit mati tersebut bisa menjadi pemicu pori-pori bertambah besar.

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi

Proses eksfoliasi juga penting karena dapat menjaga kulit wajah secara menyeluruh. Dengan cara ini terbukti dapat mengecilkan pori-pori dengan cepat. Ada dua pilihan proses eksfoliasi yang bisa Sahabat gunakan yaitu eksfoliasi secara fisik atau secara chemical (bahan kimia). Pada proses eksfoliasi fisik menggunakan scrub yang dapat mengecilkan pori-pori tersebut sedangkan pada proses kimia menggunakan bahan aktif seperti AHA, salicylic acid dan BHA. Sahabat bisa menyesuaikan dengan jenis kulit masing-masing, ya!

Baca juga: 5 Cara Membuat Pipi Tirus yang Wajib Kamu Coba

3. Melembapkan wajah

cara mengecilkan pori pori

Setelah membersihkan wajah, jangan lupa untuk memberikan moisturizer yang dapat melembapkan sekaligus menghidrasi kulit wajah. Terkadang saat membersihkan wajah tersebut, Sahabat bisa saja tak sengaja mengangkat kelembapan pada kulit sehingga membuatnya tampak lebih kering. Ketika kulit kering, maka pori-pori akan lebih besar. Selalu gunakan moisturizer setelah mencuci wajah, ya Sahabat!

4. Selalu gunakan sunscreen saat beraktivitas

4. Selalu gunakan sunscreen saat beraktivitas

Jika Sahabat memiliki aktivitas yang mengharuskan untuk terpapar sinar matahari maka membutuhkan perlindungan ekstra dari sunscreen ini. Kandungan SPF di dalamnya dapat menghindarkan kulit wajah dari bahaya paparan sinar matahari dan radikal bebas. Perlindungan ini juga dapat membuat pori-pori mengecil, jadi sangat direkomendasikan untuk Sahabat gunakan saat di luar ruangan, ya!

5. Penuhi cairan tubuh

cara mengecilkan pori pori

Kunci dari mengecilkan pori-pori dengan cepat adalah dengan memenuhi cairan dalam tubuh. Ketika tubuh tercukupi cairan tersebut maka tekstur kulit akan lebih kenyal. Selain menggunakan banyak produk kosmetik seperti moisturizer dan serum, Sahabat juga perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh ini setiap harinya.

Baca juga: 6 Rekomendasi Hydrating Toner untuk Kulit Berminyak

6. Krim berbahan retinol

6. Krim berbahan retinol

Beberapa krim diformulasikan dengan bahan retinol yang dapat meningkatkan pergantian sel kulit pada wajah. Hal ini dapat membantu menciptakan pori-pori yang lebih sehat dan tampak lebih bersih. Ketika pori-pori lebih sehat dan bersih maka ukurannya akan lebih mengecil dari sebelumnya. Produk ini bisa menjadi alternatif bagi Sahabat yang ingin mengecilkan pori-pori di wajah.

7. Perawatan laser

cara mengecilkan pori pori

Banyak skin care saat ini yang menawarkan perawatan menyeluruh pada wajah terutama masalah pori-pori yang besar. Salah satu perawatan tersebut dengan metode tembakan blue light ke dalam pori-pori. Cara ini menggunakan laser IPL yang termasuk aman digunakan untuk kulit wajah. Setelah melakukan beberapa kali perawatan akan tampak kulit yang mulus dengan ukuran pori-pori yang kecil.

Nah itulah beberapa cara yang bisa Sahabat lakukan untuk mengecilkan pori-pori. Berbagai produk dan perawatan di atas bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah Sahabat karena masing-masing tentu berbeda. Konsultasikan dulu dengan ahlinya sebelum menentukan produk atau perawatan mana yang ingin digunakan. Selamat mencoba!

Click to comment

Most Popular

To Top