Baby

5 Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi Alami dan Aman

cara mengeluarkan dahak pada bayi

Jangan memakai obat ya!

Berbagai cara aman dan alami bisa Sahabat lakukan untuk mengeluarkan dahak pada bayi. Biasanya pada bayi yang tertular pilek akan menjadi masalah yang merepotkan. Selain suhu badannya yang naik turun, pada saluran nafasnya pun akan ada banyak dahak yang mengganggu. Hal inilah yang akan membuat bayi tetap terjaga bahkan akan menangis terus. Untuk itu Sahabat perlu segera mengatasi dan mengeluarkan dahak ini agar tidak mengganggu pernapasannya.

Di bawah ini ada berbagai cara untuk mengeluarkan dahak pada bayi tersebut yang mudah untuk dilakukan. Simak informasi lengkap dari Jitaksara.com di bawah ini!

1. Menggunakan alat penyedot khusus

cara mengeluarkan dahak pada bayi

Alat penyedot khusus ini terbuat dari bahan karet yang memiliki tekstur lentur, biasanya dijual di apotik. Nah nantinya ketika Sahabat membeli alat ini akan ada berbagai ukuran dan fiturnya masing-masing. Sahabat bisa menanyakan alat yang mana untuk mengeluarkan dahak pada bayi.

Cara menggunakannya:

  1. Pertama buka mulut bayi terlebih dahulu
  2. Pegang alat penyedot dengan jari dan tekan untuk mengeluarkan udara di dalamnya
  3. Selanjutnya bisa memasukkan ujung penyedot tersebut dan mulai sedot dahaknya secara perlahan, bisa melalui hidung atau mulut bayi.
  4. Lakukan cara tersebut sampai dahak pada bayi bisa keluar semua, jika terlalu kental dahaknya bisa meneteskan 2-3 tetes larutan garam ke dalam hidung bayi sebelum memasukkan ujung alat penyedot tersebut.
  5. Buang dan cuci alat penyedot tersebut agar tetap bersih

Saat melakukan penyedotan tersebut sebaiknya memberi jeda agar bayi dapat beristirahat dan bernapas. Batasi penggunaan cara ini hanya 2-3 kali sehari agar hidung bayi tidak kering, ya Sahabat!

Baca juga: 7 Perkembangan Bayi 3 Bulan yang Harus Diperhatikan

2. Menggunakan uap air panas

Menggunakan uap air panas

Cara kedua bisa dengan menggunakan uap panas. Cara ini mirip dengan metode penguapan dengan nebulizer, namun lebih mudah dan murah tanpa menggunakan obat kimia.

Cara menggunakannya:

  1. Sahabat perlu mengambil air panas yang ditaruh pada baskom agak besar. Kemudian bisa meneteskan beberapa tetes minyak kayu putih.
  2. Selanjutnya letakkan baskom tersebut dekat bayi agar ia bisa menghirup uap yang dihasilkan oleh air panas tersebut.
  3. Sahabat juga bisa memposisikan bayi tengkurap dengan kepala lebih rendah dari tubuhnya.
  4. Setelah itu sembari ditepuk-tepuk pada bagian punggungnya untuk mendorong dahak keluar dari saluran pernapasannya.
  5. Nantinya dahak akan keluar dengan sendirinya dan Sahabat tinggal membersihkannya dengan menggunakan lap bersih.

3. Jemur di bawah matahari

Jemur di bawah matahari

Sinar matahari yang baik untuk menjemur bayi Sahabat adalah pada jam 8 sampai jam 9 pagi. Sinar matahari yang hangat tersebut dapat diserap oleh tubuh bayi sehingga dapat mengencerkan dahaknya. Caranya sebagai berikut:

  1. Jemur bayi pada jam tersebut selama 10 menit
  2. Oleskan minyak telon pada bagian dada dan punggungnya sambil ditengkurapkan pada pangkuan Sahabat.
  3. Posisikan kepalanya lebih rendah dari tubuhnya agar dahak yang sudah encer dapat keluar dengan sendirinya.
  4. Tepuk-tepuk pelan pada bagian punggung bayi, biasanya jika dahak tidak keluar maka akan tertelan dan nantinya akan dikeluarkan bersama kotorannya.

Baca juga: 7 Obat Batuk Alami untuk Ibu Menyusui, Dijamin Ampuh!

4. Posisi tidur bayi yang berbeda

Posisi tidur bayi yang berbeda

Cara selanjutnya untuk mengeluarkan dahak pada bayi adalah dengan menidurkannya pada posisi yang berbeda-beda. Sahabat bisa memberikan bantal pada kepalanya agar posisi kepala lebih tinggi. Cara ini mudah dilakukan untuk mengatasi hidung yang tersumbat. Selain itu Sahabat juga bisa memposisikannya pada posisi tengkurap saat tidur sehingga dahaknya lebih mudah untuk keluar. Berbagai posisi tersebut memang harus dilakukan agar tidak menghalangi saluran napasnya.

5. Menghangatkan bayi

cara mengeluarkan dahak pada bayi

Dahak yang sudah terlanjur mengental pada saluran pernapasannya biasanya membuat bayi terus menangis. Sahabat perlu memberikan baju hangat pada bayi dan mengoleskan minyak telon pada tubuhnya. Cara ini dapat menghangatkan bayi sehingga dahak yang ada di saluran pernapasannya bisa lebih encer. Hindarkan bayi dari berbagai benda yang banyak debunya karena bisa memperparah saluran napasnya.

Itulah berbagai cara yang bisa Sahabat lakukan untuk mengeluarkan dahak pada bayi secara alami dan aman. Sahabat bisa memberikan perhatian yang lebih jika terdapat banyak dahak pada bayi tersebut karena itu membuatnya tidak nyaman. Bayi akan terus menangis jika tidak segera ditangani. Selamat mencoba, Sahabat!

4 Comments

Most Popular

To Top