Gadget

Cara Mengembalikan File yang Hilang di Flashdisk Karena Virus

cara mengembalikan data yang hilang di flashdisk

Jangan panik! Kembalikan file yang hilang dengan cara ini!

Pernahkah Sahabat panik saat flashdisk terkena virus padahal ada banyak file penting di dalamnya? Pasti pernah, bukan? Virus pada komputer dibuat dari serangkaian script yang memiliki tujuan tertentu, salah satunya menghapus file atau menghilangkan file yang ada di lokasi penyimpanan virus tersebut.

Virus ini juga mampu membuat perangkat lain seperti flashdisk atau penyimpanan lain juga ikut terjangkit. Inilah yang menjadikan banyak orang menjadi jengkel. Sebetulnya cara sederhana untuk menghindari virus ini dengan menginstal software antivirus agar tidak menyebar ke tempat yang lainnya.

Jika flashdisk Sahabat sudah terlanjur terkena virus dan ternyata file di dalamnya hilang maka bisa melihat instruksi mudah dari Jitaksara.com di bawah ini untuk mengembalikannya!

1. Jangan panik dulu

1. Jangan panik dulu

Pastikan Sahabat tidak panik karena hal tersebut sebetulnya sangat mudah untuk diperbaiki. Ada dua cara virus ini menghilangkan file yang ada di flashdisk yaitu dengan membuatnya hidden atau memindahkan ke folder tertentu yang Sahabat tidak mengira.

2. Hubungkan dengan laptop atau komputer

2. Hubungkan dengan laptop atau komputer

Sebaiknya periksa dahulu apakah komputer atau laptop tujuan sudah terinstal software antivirus yang update atau belum. Jika belum, sebaiknya ganti komputer atau laptop tadi dengan perangkat lain. Atau bisa juga dengan menginstal antivirus terlebih dahulu.

Baca juga: 5 Antivirus Terbaik untuk Windows 10 yang Harus Ada di Laptopmu

3. Periksa ukuran flashdisk dan periksa file apa saja yang terlihat di flashdisk

Cara Mengembalikan File yang Hilang di Flashdisk

Setelah flashdisk dicolok ke komputer atau laptop, segera periksa ukuran free space di dalam flashdisk, jika tampak normal dan seperti sebelumnya maka file penting Sahabat masih ada di dalamnya. Jika hanya beberapa kilobyte saja maka file Sahabat terindikasi sudah hilang dari flashdisk. Periksa juga file apa saja yang ada di dalam flashdisk, jika ada banyak file shortcut bisa dihapus terlebih dahulu. Biasanya ketika sudah dihubungkan dengan komputer akan terdeteksi virus dan otomatis flashdisk akan dibersihkan oleh antivirus.

4. Buka Command Prompt atau CMD di komputer atau laptop

Amati flashdisk Sahabat terdeteksi pada drive mana, misalkan pada drive f:/ atau g:/. Lalu bisa membuka CMD dengan menekan tombol windows + huruf R secara bersamaan, lalu ketik cmd dan klik enter. Setelah CMD terbuka bisa langsung memasukkan perintah “f:” tanpa tanda petik. Sesuaikan dengan drive flashdisk yang terdeteksi di komputer. Setelah tampilan CMD berubah menjadi “f:\>” maka bisa langsung memberikan perintah selanjutnya.

Ketik attrib –s –h *.* /s /d lalu tekan enter, nah setelah sukses bisa langsung cek folder yang ada di flashdisk. Seharusnya sampai di sini file Sahabat sudah bisa kembali semua dan terlihat seperti sebelum terkena virus. Jika belum, bisa scan flashdisk tersebut dengan antivirus sampai virus benar-benar hilang dari flashdisk.

Baca juga: Cara Download YouTube Tanpa Aplikasi Mudah dan Cepat

5. Selalu buat backup file data penting

Cara Mengembalikan File yang Hilang di Flashdisk

Ini yang menjadi hal penting yang perlu Sahabat pahami. Virus dikenal dapat berpindah-pindah dari komputer yang tidak terjaga oleh antivirus. Bahkan walau sudah diinstal antivirus pun tetap saja bisa terkena. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan seperti file hilang atau terhapus bisa dengan membuat backup filenya terlebih dahulu di perangkat lain. Bisa juga menyimpannya pada folder online yang lebih terbebas dari virus. Sebisa mungkin untuk memeriksa komputer atau laptop tujuan sebelum menghubungkan flashdisk agar virus tidak menyebar ke dalamnya.

Itulah sedikit informasi tentang cara mengembalikan file yang hilang di dalam flashdisk. Semoga bisa membantu, ya Sahabat!

Click to comment

Most Popular

To Top