Health

7 Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Terbukti Ampuh

Jangan sampai bau kaki mengganggu aktivitasmu, ya!

Banyak orang yang memiliki tipe kulit yang mudah berkeringat terutama pada bagian kaki. Dari keringat inilah yang bisa menimbulkan bau tak sedap pada kaki. Selain keringat ini, pemicu lainnya adalah kuman bakteri. Bagi beberapa orang yang tak bisa menjaga kebersihan kakinya akan menimbulkan bau yang tak sedap. Tentu saat melepasnya bisa membuat orang di sekitar menjadi lari terbirit-birit, ya Sahabat?

Kini Sahabat tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa Sahabat lakukan agar terhindar dari bau tak sedap tersebut. Simak daftar yang sudah Jitaksara siapkan di bawah ini, ya!

1. Masker kopi

cara menghilangkan bau kaki

verywellhealth.com

Ternyata kandungan dalam kopi juga dapat menghilangkan bau yang tak sedap dari kaki, lho Sahabat. kandungan kafein inilah yang dapat menyerap senyawa sulfur penyebab aroma tak sedap tersebut. Cara membuat maskernya sangat mudah, bubuk kopi yang sudah dilarutkan dengan sedikit air panas hingga bentuknya menjadi pasta. Kemudian bisa mengoleskan secara merata pada kaki terutama bagian sela-sela jari kaki. Biarkan hingga mengering dan bisa membilasnya dengan air bersih. Perlu melakukannya secara rutin agar bau pada kaki benar-benar hilang, ya Sahabat!

2. Berendam air teh

2. Berendam air teh

medicalnewstoday.com

Selain mengandung kafein seperti kopi, teh juga mengandung tanin dan flavonoid yang bersifat anti bakteri. Bakteri inilah yang menyebabkan bau tak sedap ketika sepatu dibuka. Cara menggunakannya sangat mudah, hanya perlu menyeduh teh ke dalam wadah besar dengan air panas. Setelah mendapatkan larutan teh tersebut baru bisa ditambahkan air dingin secukupnya. Sahabat perlu melakukannya setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami yang Bisa Kamu Coba

3. Berendam air garam

3. Berendam air garam

goodfood.com

Garam memiliki senyawa mineral dengan daya serap tinggi untuk menurunkan kelembapan pada kaki. Kelembapan inilah yang membuat kaki menjadi lebih bau tak tertahankan. Caranya dengan merendam kaki pada larutan air garam setelah beraktivitas. Selain menghilangkan bau yang tak sedap ternyata merendam kaki tersebut juga bisa membuat otot kaki menjadi lebih relaksasi.

4. Jeruk nipis

4. Jeruk nipis

universityhealthnews.com

Dalam bahan ini mengandung banyak vitamin C yang juga bersifat anti bakteri. Perasan dari jeruk nipis inilah yang bisa Sahabat gunakan untuk menghilangkan bau berlebih yang ada di kaki. Caranya cukup dengan memeras jeruk nipis hingga mendapatkan air perasannya. Bisa juga dengan mengiris jeruk nipis tersebut kemudian langsung mengoleskannya pada kaki. Tunggu hingga kulit menjadi terasa agak kaku, baru bisa membilasnya dengna air bersih.

5. Cuka makan

5. Cuka makan

tokopedia.com

Cuka makan ini sering ditemui ketika sedang menikmati semangkok bakso yang enak. Nah, kandungan dalam cuka tersebut juga dapat menghilangkan bau tak sedap, lho Sahabat. Caranya hampir sama dengan jeruk nipis yaitu dengan mengoleskannya secara langsung pada kaki. Bisa juga dengan mencampurkan air hangat kemudian digunakan untuk merendam kaki. Walau baunya sedikit tak sedap, namun sangat ampuh untuk menghilangkan bau tak sedap yang ada di kaki.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kutil di Leher dengan 5 Bahan Alami Ini

6. Jemur sepatu

6. Jemur sepatu

shutterstock.com

Selain menjaga kebersihan dan kesehatan area kaki, Sahabat juga perlu menjaga kebersihan sepatu juga. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri yang ada di sepatu sehingga ketika dipakai tidak akan menghasilkan bau tak sedap. Jemur dan cuci sepatu tersebut secara berkala untuk tetap menjaga kebersihannya.

7. Rajin rawat kebersihan kaki terutama kuku

cara menghilangkan bau kaki

thehansindia.com

Kuku yang panjang biasanya menjadi sarang bakteri dan kuman. Inilah yang perlu Sahabat perhatikan untuk tetap menjaga kaki lebih terawat. Selain itu jika Sahabat merupakan tipe kulit yang mudah berkeringat maka perlu sesekali melepas sepatu dan kaos kaki agar kulit dapat kering kembali. Kebersihan yang terjaga akan mengurangi kaki dari potensi bau yang tak sedap.

Nah itulah beberapa cara yang bisa Sahabat lakukan agar terhindar dari bau tak sedap. Tentu kini semakin lebih percaya diri ketika sedang duduk atau melepas sepatu tersebut, ya Sahabat!

 

1 Comment

Most Popular

To Top