Health

2 Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Harus Kamu Tahu

cara menghitung berat badan ideal

Yuk, ukur dengan cara ini, Sahabat~

Menghitung berat badan ideal memang perlu dilakukan untuk mengetahui target yang perlu dicapai ketika Sahabat melakukan diet sehat. Setiap orang memiliki berat badan yang berbeda-beda, ini bisa dipengaruhi dengan pola makan yang sedang dijalani atau aktivitas setiap harinya. Orang yang suka tidur setelah makan pasti sering memiliki masalah dengan berat badan ini.

Nah sebelum menjalani diet yang lebih serius alangkah baiknya jika Sahabat tahu cara menghitung berat ideal terlebih dahulu. Sebetulnya ada banyak cara sih untuk mendapatkan angka tersebut, namun yang akan dibahas di bawah ini akan ada 2 perhitungan yaitu dengan Body Mass Index (BMI) dan Brocha. Yuk langsung simak informasi dari Jitaksara.com di bawah ini!

1. Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan BMI

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Body Mass Index atau yang lebih dikenal dengan nama BMI ini memang paling mudah untuk menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat. Jadi masing-masing orang akan tahu dari tinggi dan berat badan mereka akan didapatkan berat badan yang ideal. Untuk menghitungnya perlu menggunakan satuan kilogram untuk berat badan dan meter untuk tinggi, ya Sahabat.

Misalnya Sahabat memiliki berat 70 kilogram dan tinggi 1,6 meter. Maka yang pertama harus dilakukan adalah kalikan tinggi badan dalam kuadrat, 1,6 x 1,6 = 2,56. Selanjutnya bagi berat badan dengan hasil kuadrat yang didapatkan tadi dari tinggi badan yaitu 70/2,56 = 23,4. Angka tersebut menunjukkan BMI yang dapat dilihat dari tabel BMI yang tertera di bawah ini. Menurut WHO jika Sahabat memiliki berat dan tinggi tersebut termasuk masih normal.

Sebagai inti dari perhitungan tersebut adalah jika semakin tinggi angkanya maka Sahabat memiliki masalah dengan berat badan alias obesitas. Jadi perlu segera menurunkan berat badan tersebut karena obesitas merupakan sumber banyak penyakit yang mengerikan.

2. Cara Menghitung Dengan Rumus Broca

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Broca

Pertama kali cara menghitung ini ditemukan oleh Pierre Paul Broca. Dikutip juga dalam The Independent, rumus menghitung berat badan ini sudah ada sejak 1871 oleh dokter Broca dan kembali dipopulerkan oleh Dr. BJ Devine pada tahun 1970. Cara menghitung berat badan ideal tersebut hingga kini masih banyak yang menggunakannya karena lebih mudah dalam mendapatkan hasilnya.

Cara menghitung berat badan ideal berdasarkan rumus tersebut untuk perempuan (tinggi badan – 100) – (15% x (tinggi badan – 100)) dan untuk laki-laki (berat badan – 100) – (10% x (tinggi badan – 100)). Misalkan Sahabat adalah seorang perempuan yang memiliki tinggi 155 cm, maka berat idealnya adalah (155 – 100) – (15% x (155 – 100)) = 55 – 15 = 40. Maka berat badan ideal Sahabat dengan tinggi tersebut adalah 40 kg.

Itulah beberapa cara menghitung berat badan ideal yang bisa Sahabat ketahui. Berat badan ideal bisa didapatkan dari rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan secara tepat. Sahabat bisa menentukan sendiri jenis diet apa untuk mencapai target yang diinginkan.

Namun perlu diingat bahwa berat badan ideal melalui kedua cara tersebut tidak selalu akurat karena masing-masing orang memiliki faktor usia dan berat tulang yang berbeda-beda. Tapi bisa menjadi acuan target jika Sahabat ingin melakukan diet sehat kedepannya. Selamat mencoba!

3 Comments

Most Popular

To Top