Baby

Ini Dia Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan pada Bayi yang Aman Untuk Si Kecil

Ini dia cara ampuh dan alami untuk mengatasi sariawan pada bayi!

Tidak hanya orangtua saja yang bisa mengalami sariawan, namun bisa menjangkit pada si kecil lho. Umumnya, sariawan terjadi pada anak berusia 2 bulan keatas dan tidak menutup kemungkinan menyenang bayi yang usianya lebih besar. Tapi tenang, Jitaksara punya cara jitu agar sariawan pada bayi bisa hilang dengan mudah. Yuk simak ulasannya!

Penyebab Sariawan pada bayi

Apakah sahabat mempunyai bayi yang sering rewel, nafsu makan menurun, ataupun tidak ingin minum ASI? Itu bisa jadi tanda bahwa bayi terkena sariawan lho. Sebenarnya sariawan pada bayi disebabkan oleh beberapa pemicu, antara lain:

  • Adanya luka pada mulut, hal ini bisa terjadi bila si kecil tidak sengaja mengigit lidah atau bagian dalam bibirnya.
  • Alergi makanan.
  • Kekurangan vitamin atau mineral, seperti zat besi, zinc, asam folat, dan vitamin B12.
  • Virus, bakteri, atau jamur.
  • Kondisi medis seperti penyakit celiac maupun radang usus.

Baca juga: 5 Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi Alami dan Aman

Cara mengatasi sariawan pada bayi

Sebenarnya sariawan si kecil dapat hilang dengan sendirinya sekitar 7-10 hari, sedangkan rasa sakitnya bisa berlangsung selama 3-4 hari. Namun Sahabat pastinya inging menghilangkan sariawan pada bayi lebih awal kan? Adapun cara yang bisa Sahabat lakukan seperti di bawah ini.

1. Oleskan Minyak Kelapa

1. Oleskan Minyak Kelapa

filckr.com

Minyak kelapa memiliki kandungan asam kaplirat yang dapat memerangi pertumbuhan jamur dan bakteri pada mulut bayi lho, terlebih lagi jika itu minyak kelapa murni.

Caranya juga mudah, Sahabat tinggal mengoleskan minyak kelapa pada puting payudara jika si kecil masih menyusui. Sedangkan untuk bayi yang sudah menggunakan botol susu, bisa mengoleskannya pada dot botol susu. Ataupun bisa mengoleskan langsung minyak kelapa pada area mulut bayi yang terkena sariawan.

2. Kompres dengan es batu

2. Kompres dengan es batu

flickr.com

Es batu juga bisa menjadi pilihan yang tepat agar sariawan pada bayi bisa pulih dengan cepat. Sahabat cukup membungkus beberapa bongkah es batu dengan kain bersih dan lembut, lalu tempelkan pada sariawan di mulut bayi. Pastikan tidak menekan terlalu keras agar tidak menimbulkan luka baru ya!

Baca juga: 9 Cara Mencegah Bayi Tertular Pilek yang Harus Dipahami Orang Tua

3. Campurkan larutan air, garam dan baking soda

3. Campurkan larutan air, garam dan baking soda

flickr.com

Campuran antara baking soda, garam dan air dapat juga menjadi obat ampuh untuk mengatasi sariawan pada bayi lho. Sahabat cukup campurkan setengah sendok teh baking soda, setengah sendok teh garam, dengan segelas air putih. Kemudian aduk hingga rata dan oleskan pada bagian yang terkena sariawan menggunakan kapas.
Lakukan cara ini secara rutin maka sariawan pada si kecil akan pulih dengan cepat.

4. Cukupi kebutuhan cairannya

cara mengobati sariawan pada bayi

flickr.com

Meskipun terkena sariawan, kebutuhan akan mineral bayi tidak boleh sampai kurang lho!. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan menimbulkan masalah yang lebih parah dari sariawan.

Sahabat bisa mulai dengan memberikan ASI secara rutin dan telaten, ataupun memberikan si kecil jus asli dari buah segar agar nutrisi dan nafsu makanya juga meningkat.

Selain cara diatas, Sahabat juga bisa menjaga kebersihan mulut si kecil dengan memberihkan gigit dengan sikat gigi khusu bayi dua kali sehari. Ataupun memberikan asupan ASI dan nutrisi alami lainnya agar sariawan tidak terjadi lagi,

Meskipun mengatasi sariawan bisa dilakukan sendiri dirumah, tidak ada salahnya jika sahabat membawa si kecil ke dokter agar mendapatkan pengarahan dan obat yang tepat untuk mengatasi sariawan-nya. Semoga bermanfaat!

Click to comment

Most Popular

To Top