Health

7 Cara Mengusir Tokek dari Rumah Paling Ampuh dan Mudah

Usir tokek dari rumah dengan cara ini!

Tokek merupakan jenis reptil yang memiliki ukuran yang cukup besar. Tokek ini biasa ditemukan di hutan, celah pohon atau bisa juga di rumah.

Bukan hanya ukurannya saja yang mengerikan, gigitannya pun juga perlu dihindari karena tokek memiliki tak akan melepaskan gigitannya dalam keadaan biasa.

Selain itu masih ada suaranya yang sangat nyaring sehingga bisa mengganggu penghuninya yang sedang beristirahat. Wajar saja jika banyak orang tak suka dengan kedatangan hewan satu ini.

Nah untuk mencegah dan mengusirnya, Sahabat bisa melihat instruksi yang Jitaksara berikan di bawah ini.

1. Suara bising

cara mengusir tokek dari rumah

kitchenneeds.wordpress.com

Suara bising yang dihasilkan dari ember, gesekan panci, lembaran seng atau batang kayu bisa digunakan untuk mengusir tokek juga.

Tokek adalah hewan yang tidak suka dengan suara bising apalagi yang dihasilkan dengan mendadak.

Jika Sahabat melihat tokek ini di kamar atau di toilet bisa langsung membuat bunyi-bunyian agar tokek pergi jauh dari rumah.

2. Pasang lampu terang

cara mengusir tokek dari rumah

himedik.com

Sama seperti jenis reptil lainnya, tokek tidak suka berada di tempat yang terang. Inilah yang menjadi alasan mengapa tokek sering ditemukan di hutan, celah pohon, atau tempat yang gelap di rumah.

Sahabat bisa mencegah atau mengusirnya dengan memasang lampu yang terang. Banyak orang yang sudah mencobanya mengaku bisa mengusirnya dengan mudah.

Jika punya senter terang bisa mengarahkannya langsung ke tokek sampai keluar dari persembunyiannya.

3. Semprotan pengusir nyamuk

cara mengusir tokek dari rumah

orami.co.id

Segala jenis wewangian sebetulnya bisa digunakan untuk mengusir tokek dari rumah. Salah satunya adalah semprotan pengusir nyamuk yang juga mengandung racun di dalamnya.

Ambil semprotan pengusir nyamuk kemudian semprotkan ke arah tempat persembunyian tokek.

Jika keberadaannya muncul, semprotkan langsung ke arah badan tokek hingga lari pergi dari tempat sebelumnya. Usahakan untuk membuka jalan agar tokek bisa keluar dari ruangan, ya Sahabat.

4. Air merica

femina.co.id

Air dari merica dapat membuat tokek merasa kepanasan. Tentunya dapat digunakan untuk mengusirnya dengan cepat.

Sahabat bisa menyiapkan alat semprotan, bubuk merica dan bubuk cabai jika diperlukan. Aduk rata dan jika perlu saring terlebih dahulu agar cairan bisa keluar saat disemprotkan.

Sahabat bisa mencari tempat persembunyian tokek atau bisa langsung menyemprotkannya ke tokek. Dijamin tokek akan langsung lari dari tempat persembunyian tersebut.

5. Gunakan tembakau

sinarharapan.net

Cara yang terakhir menggunakan tembakau untuk bisa mengusir tokek yang terlanjur masuk ke rumah. Sahabat perlu menyiapkan tembakau yang siap digunakan untuk merokok.

Ambil beberapa tembakau lalu letakkan ke jalan yang dilalui atau tempat persembunyian tokek tersebut.

Untuk meletakkannya di tembok, Sahabat perlu memasukkan tembakau ke dalam plastik dan melubanginya kecil-kecil.

Gantung dan biarkan aroma dari tembakau tersebut keluar. Tokek tidak akan nyaman dengan bau wewangian termasuk bau dari tembakau.

6. Bawang merah

regopantes.com

Sama seperti bubuk merica, bawang merah juga memiliki kandungan senyawa untuk membuat tokek menjadi kepanasan.

Kandungan dari bawang merah ini juga mengeluarkan aroma yang menyengat bagi tokek. Ambil beberapa siung bawang merah, iris tipis-tipis dan letakkan di wadah kecil.

Arahkan wadah dan tempatkan ke daerah di mana tokek bersembunyi.

Jangan lupa mengganti irisan bawang merah seminggu sekali agar aromanya tetap keluar dan menghindari tokek masuk ke dalam rumah.

7. Kapur barus

cara mengusir tokek dari rumah

productnation.co

Baik cicak atau tokek tidak akan suka dengan aroma dari kapur barus. Ambil beberapa kapur barus dan tempatkan pada celah persembunyiannya.

Sahabat bisa memilih kapur barus yang bisa digantung agar bisa ditempatkan dengan mudah di dinding.

Beberapa daerah tempat persembunyian tokek seperti belakang lemari, belakang peralatan dapur yang digantung, sudut dinding atau bawah ranjang.

Itulah beberapa cara yang bisa dipakai untuk mengusir tokek dari rumah. Tokek memang binatang yang mengganggu namun jika memungkinkan jangan sampai membunuhnya.

Usir atau tangkap kemudian buang jauh-jauh dari rumah. Selamat mencoba!

 

Click to comment

Most Popular

To Top