Career and Education

7 Cara Menjadi Penulis yang Harus Segera Kamu Terapkan

Baca ini jika kamu ingin jadi penulis~

Ingin menjadi seorang penulis terkenal? Tentu tidak semudah kedengarannya, lho Sahabat! Ada banyak langkah-langkah yang harus Sahabat tempuh untuk bisa menjadi seorang penulis terkenal.

Sebut saja J.K. Rowling, seorang penulis profesional yang menciptakan serial Harry Potter atau Tere Liye dengan berbagai karyanya.

Tentu tak mudah untuk menjadi seorang penulis seperti mereka, maka dari itu ada jalan panjang yang harus Sahabat tempuh.

Nah sebelum melangkah lebih jauh lagi, Jitaksara sudah menyiapkan berbagai cara mudah untuk melalui jalan tersebut. Simak di bawah ini, ya!

1. Sering baca karya penulis ternama

cara menjadi penulis

businessinsider.com

Hal yang pertama kali harus dikuasai sebelum menjadi seorang penulis adalah membaca dan mendengarkan.

Dengan memahami kedua aspek ini, Sahabat bisa mengetahui bagaimana cara menulis yang baik agar bisa sampai kepada pembaca.

Sering-sering juga membaca karya dari penulis ternama, mereka yang sudah menguasai bagaimana bisa mengungkapkan apa yang ada di pikiran kepada pembacanya.

2. Banyak berlatih

cara menjadi penulis

theladders.com

Semakin banyak menulis bisa membuat Sahabat makin lihai dalam menghasilkan sebuah karya. Tak hanya satu atau dua kali, namun bisa membutuhkan hingga ratusan kali sampai Sahabat benar-benar menguasai skill menulis ini. Jangan heran jika seorang penulis terkenal pasti memiliki banyak tulisan, entah itu yang dipandang biasa atau yang sudah menjadi sebuah karya.

Baca juga: 7 Prospek Kerja Sastra Indonesia. Ternyata Luas, lho!

3. Catat ide yang ada dipikiran

trainingzone.co.uk

Daripada bengong dan berpikir ide untuk menulis sesuatu, Sahabat bisa menulis ide apapun yang terbersit ketika beraktivitas.

Ide tersebut dapat Sahabat kembangkan ketika sudah waktunya untuk menulis, jadi sudah ada bahan sebelumnya.

Kebanyakan penulis pasti berpikir dahulu ide apa yang ingin mereka tulis, alhasil justru ide yang tidak keluar tapi kebingungan itu sendiri.

Catat semua ide yang keluar dan pilih beberapa ide saja yang ingin Sahabat tuangkan dalam tulisan.

4. Rutin menulis

thestar.com

Rutin menulis memiliki banyak kelebihan seperti melemaskan jari-jari dan dapat digukanan sebagai ajang latihan.

Tulisan demi tulisan akan membangun skill Sahabat dalam menulis. Jadi mulai dari sekarang bisa ciptakan rutinitas untuk menulis, ya Sahabat!

Entah itu tulisan sederhana atau sekedar curhat pun boleh. Lama-lama rutinitas tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan yang lebih menguntungkan ke depannya.

5. Apapun itu, tulis!

medium.com

Jika Sahabat benar-benar serius ingin menjadi seorang penulis maka harus sering-sering menulis. Entah apa itu yang ada dipikiran bisa dituangkan dalam sebuah tulisan.

Nantinya, Sahabat pelan-pelan belajar bagaimana menulis dengan baik serta melihat perkembangan dari awal menulis sampai ketika sudah mahir menghasilkan sebuah karya.

Baca juga: 10 Prospek Kerja Sastra Inggris di Berbagai Sektor Industri

6. Minimalkan gangguan ketika menulis

shutterstock.com

Ketika menulis, alangkah baiknya Sahabat juga mempersiapkan situasi dan kondisi yang nyaman. Ketika tidak ada gangguan maka menulis pun juga akan lancar dan menyenangkan.

Tak hanya faktor dari luar saja namun juga faktor yang ada dalam diri sendiri. Hilangkan berbagai pikiran yang pelik dan stress sebelum memulai untuk menulis.

7. Rencanakan apa yang ingin ditulis kemudian kerjakan

cara menjadi penulis

forbes.com

Langkah terakhir adalah merencakan apa yang ingin Sahabat tulis. Rencanakan dengan rangkaian gagasan dari awal sampai akhir, jadi Sahabat tidak akan berhenti di tengah jalan.

Rencana ini juga sangat penting karena dapat membuat tulisan menjadi lebih beralur dan menyambung. Jangan sampai berhenti bahkan tidak melanjutkan ending dari karya tersebut, ya Sahabat.

Berbagai cara tersebut memang kelihatannya mudah untuk dilakukan. Namun sebetulnya sangat susah dijalankan karena butuh konsistensi dan pikiran yang benar-benar kreatif. Selamat mencoba!

 

Click to comment

Most Popular

To Top