Career and Education

7 Cara Menjadi Penyiar Radio. Ada Saran dari Penyiar Profesional, lho!

Yuk, jadi penyiar~

Tak sedikit orang-orang di luar sana yang ingin menjadi seorang penyiar radio. Menjadi seorang penyiar radio bukanlah hal yang mudah. Ada banyak aspek yang harus Sahabat pelajari sebelum menjadi seoragn penyiar radio.

Jadi tak hanya tentang pandai berbicara saja, namun dari segi mental dan wawasan juga dibutuhkan dalam profesi ini.

Seorang penyiar radio yang terkenal pasti bisa membawakan sebuah program atau acara dengan baik. Dari nada dan pilihan katanya mudah dicerna oleh para pendengarnya.

Kata-kata yang mengalir dan pemilihan lagu yang tepat pun juga bisa menyihir siapapun yang mendengarnya.

Dari beberapa pertemuan antara Jitaksara dengan penyiar profesional tersebut, ada beberapa poin yang menjadi rahasia sukses mereka.

Sahabat hanya perlu menguasainya dengan baik dan bersiap menjadi salah satunya. Simak di bawah ini, ya Sahabat!

1. Belajar berbicara

cara menjadi penyiar radio

inc.com

Menjadi seorang penyiar radio memang harus pandai berbicara. Sahabat harus benar-benar memahami tempo, nada dan artikulasi kata yang tepat ketika berbicara.

Jadi orang yang mendengarkan lebih nyaman walau Sahabat banyak bicara. Kemampuan ini dapat dilatih setiap harinya, tak ada penyiar radio yang langsung lancar ketika mulai bekerja. Jadi selalu tekun berlatih, ya Sahabat!

2. Belajar mendengar

2. Belajar mendengar

kcl.ac.uk

Kemampuan ini juga perlu dipelajari jika Sahabat ingin menjadi seorang penyiar radio. Pasalnya, seorang yang dapat mendengar dengan baik apa yang disampaikan orang lain sangatlah luar biasa.

Sahabat harus paham betul apa yang disampaikan oleh penelpon ketika request atau menyampaikan sesuatu. Ketika seseorang dapat mendengarkan dengan baik maka bisa membuat orang lain menjadi nyaman.

Dalam hal ini Sahabat akan lebih dekat dan dikenal oleh para pendengar.

3. Selalu tambah wawasan

3. Selalu tambah wawasan

forbes.com

Wawasan yang luas juga perlu dikuasai agar tidak monoton saat berbicara di radio. Sahabat bisa lebih update tentang situasi terkini, berita terkini atau pengetahuan sosial lain.

Selain itu tambah juga wawasan dalam bidang musik yang sedang dibawakan. Jadi tidak melulu itu-itu saja, ya Sahabat!

Baca juga: 7 Universitas dengan Jurusan Perfilman Terbaik di Indonesia

4. Tentukan gaya

4. Tentukan gaya

heart.co.uk

Beda penyiar radio tentu beda juga gaya berbicaranya. Hal ini bisa Sahabat lakukan agar pendengar bisa tahu dan mengingat gaya yang Sahabat bawakan.

Gaya ini juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pendengar radio. Misalkan gaya yang ingin Sahabat bawakan adalah humoris tapi cerdik atau bisa juga gaya berwibawa.

5. Menerima kritik dan saran

5. Menerima kritik dan saran

lifehacker.com

Jangan marah ketika Sahabat mendapatkan kritikan. Bisa jadi kritikan ini sebagai bumbu untuk menjadi seorang penyiar radio terkenal. Kritik ini bisa datang dari mana saja, dari atasan, rekan atau bahkan dari pendengar.

Semua penyiar radio pasti pernah mendapatkan kritikan, maka dari itu Sahabat jangan sampai minder. Hal ini berguna untuk membangun dan mengembangkan diri sendiri menjadi lebih baik.

Baca juga: 7 Pekerjaan Tanpa Ijazah yang Memiliki Bayaran Tinggi

6. Lamar ke stasiun radio

6. Lamar ke stasiun radio

workopolis.com

Jika semuanya sudah siap, langsung kirimkan lamaran ke stasiun radio favorit Sahabat. tunjukkan bahwa Sahabat adalah orang yang kompeten dan layak untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Butuh persiapan yang lebih serius untuk dapat diterima dan bergabung dalam tim mereka.

7. Pantang menyerah

cara menjadi penyiar radio

entitymag.com

Selalu tanamkan dalam diri sendiri untuk pantang menyerah. Apapun kendala dan masalah yang terjadi di masa depan ketika meniti pekerjaan sebagai penyiar radio, Sahabat harus terus berusaha.

Jangan pernah patah semangat apalagi keluar dari pekerjaan penyiar radio. Ada banyak potensi masa depan yang bisa Sahabat lakukan sebagai penyiar radio.

Nah itulah beberapa hal yang bisa Sahabat lakukan untuk menjadi seorang penyiar radio. Tentunya masa depan yang cerah bisa Sahabat gapai pada profesi ini. Tak semua orang bisa menjadi penyiar radio, namun Sahabat bisa menjadi salah satunya!

1 Comment

Most Popular

To Top