Fashion and Beauty

5 Cara Merawat Kulit Berjerawat yang Mudah dan Bisa Kamu Coba

Rawat kulit berjerawat dengan cara ini!

Perawatan pada kulit wajah sangat diperlukan karena wajah adalah aset yang penting bagi tubuh. Memiliki kulit wajah yang berjerawat dan tidak terawat tentu akan minder jika bertemu dengan banyak orang. Pemicu masalah kulit wajah tersebut memang ada banyak sekali, dari makanan, pola hidup, pola perawatan sampai kosmetik yang digunakan. Semakin terawat kulit wajah tersebut tentu Sahabat semakin lebih percaya diri.

Jitaksara sudah merangkumnya di bawah ini tentang beberapa cara yang mudah untuk merawat kulit wajah berjerawat secara menyeluruh. Jadi simak, ya Sahabat!

1. Selalu gunakan cleanser dan sabun yang lembut

1. Selalu gunakan cleanser dan sabun yang lembut

verywellhealth.com

Kulit wajah yang berjerawat menandakan bahwa kulit tersebut lebih sensitif. Itulah mengapa penting sekali untuk memilih produk perawatan wajah yang tepat. Jika tidak yang terjadi malah sebaliknya. Sahabat bisa memilih jenis sabun dan cleanser yang cocok sesuai tipe kulit yang Sahabat miliki. Sabun yang direkomendasikan adalah sabun yang lembut tanpa mengandung scrub karena butiran tersebut dapat memicu pertumbuhan jerawat. Untuk cleanser, Sahabat bisa memilih cleansing milk atau oil dan setelah pemakaian cleanser tersebut bisa membersihkannya dengan sabun agar lebih bersih.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Aman

2. Gunakan toner berbahan alami

2. Gunakan toner berbahan alami

manaberita.com

Kulit yang berjerawat juga perlu dirawat dari luar. Dalam hal ini, toner yang biasa Sahabat gunakan juga termasuk di dalamnya. Toner ini berfungsi untuk membuat kulit wajah menjadi lebih segar dan menghilangkan minyak berlebih di wajah. Sahabat bisa memilih toner berbahan dasar alami seperti salicylic acid dan tea tree oil karena bagus untuk merawat kulit berjerawat. Konsultasikan pada dokter kulit masing-masing untuk penggunaan dan jenis toner yang tepat sesuai kulit wajah Sahabat.

3. Gunakan pelembab wajah yang berbahan dasar air

3. Gunakan pelembab wajah yang berbahan dasar air

shutterstock.com

Pelembab digunakan untuk kulit wajah agar tetap terjaga dan tidak kering. Ada banyak jenis pelembab yang bisa Sahabat gunakan namun sebagai rekomendasinya, Sahabat bisa menggunakan pelembab yang berbahan dasar air. Bahan dasar air lebih cocok dipakai oleh segala jenis kulit dan tekstur penggunaannya lebih ringan. Oleh karena itu pelembab ini sangat cocok digunakan untuk kulit berjerawat.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Ampuh

4. Gunakan obat jerawat yang cocok

cara merawat kulit berjerawat

theindependent.co.uk

Tidak sembarangan obat jerawat karena masing-masing orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Hal inilah yang perlu Sahabat sesuaikan dengan kebutuhan dan kecocokannya. Jika memilih produk yang tepat akan membuat kulit Sahabat terhindar dari jerawat yang mengganggu. Beberapa kandungan dalam obat jerawat tersebut ada banyak yaitu salicylic acid, sulfur, tea tree sampai benzoil peroksida. Sahabat juga bisa memilih obat jerawat dengan bahan alami sebagai kandungan utamanya.

5. Perbanyak nutrisi dari sayur dan buah

cara merawat kulit berjerawat

producebusinessuk.com

Tidak hanya dirawat dari luar saja namun juga dari dalam. Sahabat perlu memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Nutrisi ini banyak terkandung dalam sayur dan buah yang dapat membantu melancarkan pembuangan racun lewat pori-pori. Jika Sahabat mengonsumsi sayur dan buah ini secara rutin maka akan memiliki kulit yang tampak lebih sehat. Konsumsi makanan ini bisa dilakukan secara rutin untuk dapat merawat kulit wajah setiap hari. Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi sayur dan buah lebih memiliki fisik yang sehat dibandingkan yang tidak.

Nah itulah beberapa cara merawat kulit wajah yang bisa Sahabat lakukan sendiri di rumah. Hasil akhir yang diinginkan tergantung dari perawatan yang Sahabat lakukan. Untuk itu tetap penuhi nutrisi dari dalam dan lakukan yang terbaik untuk perawatan kulit luar. Selamat mencoba! 

Click to comment

Most Popular

To Top