Parenting

9 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Ibu Hamil Wajib Ketahui

ciri ciri hamil muda

Merasakan ciri-ciri ini, Sahabat? Bisa jadi kamu sedang hamil!

Kehamilan selalu dinantikan oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Berbagai macam program hamil akan dilakukan pasutri demi mewujudkan mimpi memiliki momongan sendiri. Jika sudah melakukan program hamil, kamu harus tahu apa saja sih ciri-ciri hamil muda yang lazim terjadi.

Nah, daripada penasaran, lebih baik langsung aja simak informasi lengkap yang sudah dirangkum Jitaksara.com di bawah ini, ya!

1. Terlambat Datang Bulan

Terlambat Datang Bulan

Ini adalah pertanda mutlak kalau kamu sukses melakukan program kehamilan, Sahabat! Namun, jangan sampai salah mengartikan, ya, karena terlambat datang bulan bisa juga disebabkan oleh faktor lain, seperti stres, asupan nutrisi yang kurang baik dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kamu perlu melihat ciri-ciri lainnya di bawah ini, Sahabat.

2. Mudah Lelah Padahal Tidak Beraktivitas Berat

Mudah Lelah Padahal Tidak Beraktivitas Berat

Pertanda kehamilan yang berikutnya adalah mudah lelah. Saat hamil muda, kadar hormon estrogen dan progesteron akan mengalami banyak perubahan. Hal inilah yang menyebabkan perubahan fisik pada perempuan sehingga lebih mudah merasa lelah. Akibatnya, pada saat hamil muda, melakukan pekerjaan ringan pun akan terasa sangat berat dan melelahkan, lho.

3. Payudara Jadi Lebih Besar dan Lembut

Payudara Jadi Lebih Besar dan Lembut

Ciri-ciri hamil muda yang berikutnya dapat kamu lihat secara kasat mata, yakni perubahan ukuran payudara yang jadi makin besar dan terasa lembut saat dipegang. Tak hanya itu, rasa nyeri atau ngilu pada payudara pun turut mengikuti gejala yang satu ini. Jadi, jika kamu sekarang merasakan hal ini semoga doa kamu untuk mendapatkan keturunan mendapat jawaban, ya!

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

4. Kram Perut Terjadi Lebih Sering

Kram Perut Terjadi Lebih Sering

Kram perut yang terjadi ini mirip dengan yang biasa kamu rasakan saat sedang datang bulan. Jika kram perut yang kamu rasakan terasa mengganggu, ada baiknya jika kamu kompres dengan kain hangat agar sakitnya sedikit berkurang. Jangan lupa untuk mendapatkan istirahat yang cukup juga, ya.

5. Morning Sickness Tak Tertahankan

ciri ciri hamil muda

Meski tidak semua calon ibu akan merasakan morning sickness, namun kebanyakan wanita akan merasakan hal ini. Morning sickness adalah kondisi di mana wanita yang tengah hamil muda akan merasakan mual dan muntah di pagi hari hingga menjelang siang hari. Ada banyak cara untuk mengatasi morning sickness ini, antara lain dengan mengonsumsi minuman herbal atau minuman hangat untuk meredakan mual.

6. Perubahan pada Bentuk Tubuh

Perubahan pada Bentuk Tubuh

Beberapa bagian tubuh yang harus kamu perhatikan adalah bokong, dada dan perut. Biasanya jika kamu positif hamil, maka bagian-bagian tersebut akan menjadi lebih besar. Tanda fisik ini akan terjadi pada semua wanita. Jadi, jika kamu menyadari terjadi perubahan bentuk tubuh ini, besar kemungkinan kamu tengah hamil, Sahabat.

Baca juga: 7 Obat Maag untuk Ibu Hamil yang Ampuh dan Aman

7. Lebih Sering Buang Air Kecil

Lebih Sering Buang Air Kecil

Hal ini terjadi sebagai akibat dari pertumbuhan janin di rahim yang akhirnya menekan bagian kandung kemih. Dengan kondisi seperti ini, kamu akan lebih sering buang air kecil, bahkan saat kamu sedang tak banyak minum air. Catatan penting, jangan menahan-nahan rasa ingin buang air kecil, ya. Hal ini dapat meracuni janin, lho. Bahaya banget, kan?

8. Mengeluarkan Flek Darah

Mengeluarkan Flek Darah

Berbeda dengan datang bulan, flek darah yang keluar hanya sedikit atau pendarahan kecil. Meski mirip, namun kedua hal ini berbeda, ya. Umumnya sih, flek darah tanda kehamilan itu berwarna lebih pucat jika dibandingkan dengan darah saat datang bulan. Warna pucat ini sebagai akibat dari implantasi embrio yang ada di dalam dinding rahim kamu, Sahabat.

9. Indra Penciuman Lebih Tajam dari Biasanya

tanda tanda hamil muda

Jika kamu merasa aroma yang biasanya tidak mengganggu kamu, tiba-tiba kamu merasa terganggu karenanya, bisa jadi itu adalah pertanda kehamilan. Memang, indra penciuman pada ibu hamil jauh lebih tajam dari sebelum hamil. Sehingga ibu hamil jadi lebih mudah terganggu dengan aroma-aroma yang menusuk hidung.

Nah, di atas adalah beberapa ciri-ciri hamil muda yang harus kamu ketahui. Untuk lebih meyakinkan, kamu bisa melakukan tes kehamilan dengan test pack. Jika kamu benar-benar positif hamil, kami ucapkan selamat, Sahabat!

3 Comments

Most Popular

To Top