Family and Relationship

5 Dampak Perceraian Bagi Anak yang Harus Disadari Pasangan Orang Tua

Perceraian memberi dampak yang sangat besar bagi si Kecil. Pertimbangkan lagi, ya!

Memiliki keluarga yang harmonis merupakan dambaan semua orang. Terutama bagi seorang anak, hadirnya orang tua dalam kehidupannya adalah momen yang sangat membahagiakan, apalagi jika hubungan keduanya sangat harmonis dan berjalan searah.

Akan tetapi Sahabat, tidak semua keluarga mengalami hal yang serupa. Adapun keluarga yang mengalami perceraian akibat tidak bisa menyelesaikan masalah yang sedang terjadi di dalamnya. Perceraian sendiri merupakan titik ujung dari hubungan yang sebelumnya memiliki ikatan pernikahan, dimana akhirnya hubungan orangtua terputus dan tidak lagi dianggap keluarga yang utuh.

Meski begitu, sebuah perceraian nyatanya membuat hal buruk terhadap anak lho. Apa saja itu? Yuk, simak penjelasan Jitaksara di bawah ini!

1. Mempunyai Pandangan Negatif Terhadap Orang Tua

dampak perceraian bagi anak

focusonthefamily.com

Saat orang tua bercerai, anak mulai berpikir tentang jeleknya sebuah orangtua. Mereka akan menganggap bahwa hadirnya orangtua hanya akan menganggu dan menambah buruk keadaanya. Jika hal ini dibiarkan lama-kelamaan pasti hubungan antara si anak dan orangtua akan longgar. Sehingga anak akan memandang negatif terhadap orang tua.

Baca juga: 5 Alasan Suami Selingkuh dari Istri yang Sempurna

2. Merasa Tidak Utuh

2. Merasa Tidak Utuh

flickr.com

Tidak hanya memandang negatif terhadap orangtua. Ketika orangtuanya bercerai, secara tidak langsung anak akan merasa keadaannya tidak lagi utuh. Mereka merasa kehilangan kasih sayang seperti yang didapat anak-anak yang lain. Terlebih lagi, saat teman sebayanya bisa merasakan bagaimana utuhnya kasih sayang dari orangtua yang harmonis. Lalu pada akhirnya menjadikan anak merasa terdeskriminasi dan terkucilkan oleh lingkungannya.

3. Menghambat perkembangan Mental

flickr.com

Disaat teman yang lain bisa tersenyum bersama orangtuanya, anak yang mengalami perceraian akan memiliki kepercayaan diri dan mental yang terganggu. Dengan begitu, anak cenderung memilih untuk mengurung diri dan memutuskan hubungan dengan lingkungan luarnya. Sehingga ia tidak dapat mengalami perkembangan mental yang bagus seperti anak seumurannya.

Baca juga: 6 Arti Mimpi Suami Menikah Lagi yang Menyesakkan Dada

4. Menimbulkan Trauma Di Kemudian Hari

dampak perceraian bagi anak

flickr.com

Tidak hanya mental saja yang terganggu, anak juga mengalami trauma yang berat akibat perceraian orangtuanya. Seiring tumbuh dan berjalannya waktu, anak akan terus mengingat bagaimana orangtuanya bisa bercerai. Ia akan menjadi penakut saat menjalin hubungan dengan orang lain. Terutama saat anak sudah mulai dewasa dan mencari pasangan hidup, kehidupan perceraian yang kelam membuatnya menjaga jarak orang lain pastinya.

5. Rumah Bukan Lagi Tempat Yang Dirindukan

dampak perceraian bagi anak

flickr.com

Jika anak yang sedang merantau jauh dari rumah, pasti merasa rindu dengan kehangatan keluarga di dalam rumah. Namun lain halnya dengan anak yang mengalami perceraian dalamn kehidupannya, mereka akan selalu mengingat hal buruk tentang perceraian orangtuanya di dalam rumah.

Hal inipun membuatnya tidak ada rasa rindu untuk kembali pulang ke rumah. Mereka akan mencari sendiri tempat lain untuk sebagai tempat tinggal daripada kembali ke rumah tersebut. Dampak buruk lainnya anak mungkin akan salah dalam memilih pergaulan dan terjerumus kedalam hal yang buruk kedepannya.

Wah, ternyata perceraian menimbulkan banyak hal yang tidak baik bagi anak ya. Hal ini dapat menjadi pelajaran bahwa keutuhan sebuah keluarga merupakan hal dan impian yang tidak ada gantinya. Meski begitu, pasti setiap keluarga memiliki masalahnya sendiri sehingga hal perceraian bisa terjadi kapan saja.

Untuk itulah peran kita sebagai orangtua, hendaknya bisa menjaga keharmonisan dalam rumah tangga dan menyelesaikan segala masalah yang ada dengan kekeluargaan. Sehingga perceraian orangtua tidak terjadi, dan anak bisa tumbuh secara dewasa dengan orangtuanya. Semoga bermanfaat!

1 Comment

Most Popular

To Top