Health

Waspada Cacar Monyet: Fakta-Fakta yang Harus Diketahui!

cacar monyet

Tetap waspada, ya!

Jakarta – Cacar monyet atau yang dikenal dengan nama monkeypox ini masih sering terdengar di berbagai media di seluruh dunia. Cacar monyet ini pertama kali kasusnya diangkat di Singapura dengan seorang kewarganegaraan Nigeria yang positif mengidap penyakit ini. Hal ini menjadi temuan baru sekaligus menggemparkan masyarakat dunia tentang penyakit ini. Cacar monyet merupakan penyakit yang disebabkan virus yang ditularkan dari hewan yang terinfeksi. Penularannya bisa terjadi ketika berdekatan dengan objek yang terinfeksi atau mengonsumsi daging yang terinfeksi tersebut.

Sebagian kasus mengabarkan bahwa penularan sering terjadi dari binatang ke manusia, namun dari manusia ke manusia masih jarang terjadi. Nah, berikut ini ada beberapa fakta-fakta yang bisa Sahabat ketahui tentang penyakit cacar monyet ini. Simak rangkuman dari Jitaksara di bawah ini, ya Sahabat!

1. Daya tahan tubuh rendah mudah tertular

1. Daya tahan tubuh rendah mudah tertular

Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah akan mudah terjangkit virus cacar monyet ini. Seperti halnya virus lain yang menyerang ketika daya imun manusia sangat rendah. Mau penularannya secara berdekatan dengan objek yang terinfeksi pun lebih mudah. Virus ini tidak langsung menyerang tubuh, namun memiliki periode 14-21 hari setelah terkena virus.

Gejalanya mirip seperti vitiligo, kudis, cacar, bisa juga mirip campak dengan pembesaran kelenjar getah bening, otot sakit, dan timbulnya ruam di kulit.

Baca juga: 5 Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi Alami dan Aman

2. Menular dari binatang ke manusia

cacar monyet

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa virus ini dapat menular hanya dengan berdekatan saja dengan objek yang terinfeksi. Dari binatang ke manusia lebih sering ditemukan kasusnya, namun belum ada kepastian hewan apa saja yang dapat terinfeksi virus cacar monyet ini. Selain itu kasus penularan cacar monyet tersebut juga bisa karena mengonsumsi daging yang tidak dimasak dengan matang. Jadi Sahabat perlu waspada dan lebih ekstra hati-hati dalam memasak daging, ya!

3. Gejalanya lebih ringan dari cacar air

3. Gejalanya lebih ringan dari cacar air

Sejak pertama kali kasus cacar air di Singapura muncul, masyarakat Indonesia menjadi gempar dan panik. Sebaiknya Sahabat tidak perlu panik karena dengan laporan khusus dari Singapura tersebut cacar monyet memiliki gejala yang lebih ringan dari cacar air. Walau lebih ringan gejalanya tidak menutup kemungkinan bagi Sahabat untuk tetap berhati-hati terlebih bagi yang ingin berkunjung ke luar negeri.

Baca juga: 7 Rekomendasi Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak Terbaik

4. Tetap waspada dan jaga kesehatan

4. Tetap waspada dan jaga kesehatan

Pencegahan adalah hal terbaik yang bisa Sahabat lakukan yaitu dengan mengonsumsi makan makanan yang bergizi, olahraga rutin dan menerapkan gaya hidup sehat lainnya. Sahabat harus tetap waspada walau belum ada kasus yang ditemukan di Indonesia.

5. Belum ada kasus di Indonesia

cacar monyet

Sampai sekarang ini belum ditemukan kasus cacar monyet atau monkeypox ini di Indonesia. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia meminta masyarakat Indonesia untuk tetap waspada tapi jangan sampai panik berlebihan. Segala upaya pencegahan untuk virus ini masuk ke Indonesia sudah diupayakan dengan pengecekan kesehatan pendatang dari jalur internasional (bandara dan pelabuhan).

Nah itu dia beberapa fakta-fakta tentang cacar monyet atau monkeypox yang bisa Sahabat ketahui. Kini Sahabat tak perlu panik dalam menyikapi setiap berita yang heboh. Sahabat hanya perlu menerapkan berbagai pola yang sehat agar tidak mudah terserang penyakit. Jika Sahabat memiliki tubuh yang sehat tentu setiap penyakit yang mencoba masuk ke dalam tubuh akan terhambat.

Click to comment

Most Popular

To Top