Travel

Festival Parade Pesona Kebangsaan 2019 Digelar. Siap Meramaikan?

festival parade pesona kebudayaan

Kemasi barangmu dan segera ke Ende!

Festival Parade Pesona Kebangsaan atau yang dikenal dengan nama FPPK akan siap digelar di Ende, Flores tahun 2019 ini. FPPK 2019 digelar untuk memperingati hari lahirnya Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni setiap tahunnya.

Festival ini akan diselenggarakan pada tanggal 29 Mei – 1 Juni 2019 yang akan diisi dengan berbagai kegiatan acara yang sangat menarik, lho Sahabat. Tujuan diadakannya FPPK 2019 ini untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan mempertahankan nilai-nilai kebangsaan. Selain itu dengan diadakannya festival tersebut juga diharapkan dapat mengangkat Kota Ende yang dikenal sebagai kota lahirnya nilai-nilai Pancasila.

Yuk, simak apa saja hal menarik yang ada di Festival Parade Pesona Kebudayaan 2019 yang sudah dirangkum Jitaksara di bawah ini!

1. Promosi Keanekaragaman Budaya Ende

festival tenun ikat

Berbagai promosi tempat wisata, seni, budaya dan keanekaragaman lain akan diperkenalkan melalui gelaran acara FPPK tersebut. Nantinya diharapkan ada banyak peningkatan kunjungan baik wisatawan lokal sampai luar negeri ke Kota Ende.

Salah satu kegiatan yang akan ditampilkan pada festival tersebut adalah Fashion Show Kain Tenun Ikat Ende yang akan digelar di sepanjang Jalan Soekarno. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2019 sekitar pukul 5 sore WITA dengan start Jalan Soekarno sampai ke Museum Tenun Ikat.

Tak berhenti di situ saja nih Sahabat, masih ada gelaran budaya yang akan dilaksanakan tanggal 30-31 Mei 2019 di Lapangan Pancasila Ende. Kegiatan dalam acara tersebut seperti tari tradisional, tari kreasi baru dan penampilan lagu daerah dengan iringan musik tradisional. Setidaknya ada sekitar 21 kecamatan se-Kabupaten Ende yang akan dilibatkan pada acara tersebut.

2. Kerajinan Khas di Ende Culture Expo

Ende Culture Expo

Ada satu kegiatan yang tak boleh dilewatkan pada gelaran Festival Parade Pesona Kebangsaan 2019 yaitu Ende Culture Expo. Disini terdapat berbagai kerajinan tangan berupa dompet, tas, kipas, topi dan busana khas Ende, lho Sahabat. Semuanya terbuat dari bahan lokal dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi bisa lebih menikmati keseruan yang ada di festival tersebut kemudian pulang masih bisa membawa buah tangan.

Nah bagi Sahabat yang doyan dengan kopi, pada gelaran tersebut diwaktu yang sama juga akan ada Festival Kopi yang diadakan di sana. Kegiatannya bertujuan untuk mengajak petani, peracik dan penikmat kopi untuk mengenalkan kopi lokal ke mancanegara. Ada juga berbagai kuliner khas Ende yang bisa Sahabat temukan di sana, jadi jangan sampai melewatkan satu gerai pun saat berkunjung ke festival tersebut, ya Sahabat!

Baca juga: Festival Budaya Isen Mulang 2019 Hadirkan Keunikan Budaya Dayak dan Keindahan Kalimantan

3. Parade Laut Sebagai Puncak Acara FPPK 2019

festival parade pesona kebangsaan

Pada puncak acara Festival Parade Pesona Kebangsaan 2019 ini akan ditutup dengan Parade Laut. Acara ini memang yang paling dinantikan oleh wisatawan yang berkunjung ke sana karena sangat meriah dan layak untuk diikuti. Parade Laut yang dimulai dengan upacara deba pada malam harinya oleh tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat Pulau Ende. Kemudian acara dimulai pada tanggal 31 Mei 2019 pada jam 9 pagi waktu setempat. Setidaknya ada 100 unit perahu yang dipimpin oleh kapal KRI Angkatan Laut.

Nah tentunya setiap keseruan dari gelaran Festival Parade Pesona Kebangsaan 2019 tersebut bisa menjadi agenda Sahabat selanjutnya. Gelaran festival ini ternyata juga sudah masuk ke dalam salah satu agenda dari Calendar of Event Kementerian Pariwisata Indonesia tahun 2019, lho Sahabat. Jadi memang harus datang ke gelaran acara tersebut. Pastikan untuk memesan tiket dan akomodasi lainnya selama berlibur di Ende nanti, ya Sahabat!

1 Comment

Most Popular

To Top