Entertainment

12 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata yang Harus Kamu Tonton

film horor berdasarkan kisah nyata

Berani nonton sendiri?

Biasanya film dibuat berdasarkan novel atau sebuah cerita yang diangkat karena memiliki cerita yang menarik. Tak jarang pula dari film-film tersebut dibuat berdasarkan kisah nyata yang pernah ada sebelumnya. Jadi dari sisi cerita dan suasananya benar-benar bisa membawa Sahabat untuk lebih masuk ke film tersebut.

Nah Sahabat bisa melihat daftar film-film horor tersebut dalam artikel Jitaksara di bawah ini. Jangan sampai nonton sendirian, ya!

1. Rumah Pondok Indah (2006)

Film horor dari kisah nyata yang pertama adalah Rumah Pondok Indah yang berada di Jalan Metro Pondok Indah, Jakarta. Film ini benar-benar seram karena banyak warga yang mengatakan tentang hilangnya penjual nasi goreng yang biasa berjualan di dekat rumah seram tersebut.

2. The Haunting in Connecticut (2009)

Berawal dari laporan yang diterima di wilayah Connecticut yang melaporkan kejanggalan di rumahnya. Adanya sosok hantu yang mengganggu keluarga tersebut sehingga sampai ditangani oleh paranormal Ed dan Lorraine. Paranormal ini juga ada di film The Conjuring, lho Sahabat. Kesaksian dari kedua paranormal tersebut yang menyebutkan memang kondisi rumah tersebut sangat mengerikan, bahkan tidak dapat dirangkum pada satu film.

3. Terowongan Casablanca (2007)

Meski plot ceritanya agak menyimpang dari kisah nyatanya, namun untuk sosok hantu dan kejadiannya pun masih sama. Banyak kesaksian warga yang melintas lokasi Terowongan Casablanca ini yang melihat hantu nenek-nenek tua yang menyeramkan.

4. The Conjuring (2013)

Film yang menuai banyak tepuk tangan dari penggemar film horor karena plot yang dibawanya pun juga mengesankan. Cerita nyata dari film ini tentang sepasang suami istri yang pekerjaannya adalah pengusir setan sekaligus paranormal. Hingga kini istrinya tersebut masih hidup sampai sekarang, lho Sahabat. Bahkan dia juga membantu kasus yang ada di rumah Amityville.

Baca juga: 25 Film Horor Terbaik Sepanjang Masa yang Harus Kamu Tonton

5. Hantu Jeruk Purut (2006)

Berlatar belakang dari kisah nyata, pemakaman Jeruk Purut di Jakarta ini memang menyimpan sejuta misteri di dalamnya. Salah satunya adalah hantu pastor tanpa kepala yang muncul pada film tersebut. Tak hanya di film saja karena sudah banyak saksi yang mengatakan pernah melihat sosok hantu tersebut, lho Sahabat. Tentu ngeri banget, ya!

6. The Exorcism of Emily Rose (2005)

Sosok asli Emily Rose bernama Anneliese Michel, seorang gadis yang menderita kejang parah. Semakin lama kelamaan, Michel sering bersikap aneh bahkan sering menyerang anggota keluarganya sendiri. Dia juga sering minum air kencingnya sendiri dan takut dengan berbagai benda keagamaan di sekitarnya. Setelah menjalani 40 kali exorcism baru bisa mengusir setan yang ada di dalam dirinya, namun pada tahun 1976 Michel akhirnya meninggal karena pneumonia.

7. Si Manis Jembatan Ancol (1973)

Bagi warga Jakarta dulunya sering merinding jika melewati Jembatan Ancol ini. Dulunya berawal dari kisah nyata, si hantu manis Jembatan Ancol yang sebelumnya diperkosa dan dibunuh kemudian mayatnya dibuang ke pinggir laut. Film lawas ini dijamin bisa membuat bulu kuduk Sahabat menjadi berdiri semua.

8. The Entity (1982)

Seorang wanita bernama Doris Blither pada tahun 1974 mengaku diperkosa dan disiksa oleh makhluk yang tidak kasat mata. Dua orang investigator dari kalangan paranormal mengadakan pengamatan dan menemukan kebenaran dari cerita wanita tersebut.

Baca juga: 7 Film Paling Romantis dan Sedih yang Akan Membuatmu Banjir Air Mata

9. Rumah Kentang (2012)

Berawal dari kisah nyata, film ini bercerita tentang kematian anak kecil yang terpeleset masuk ke dalam panci yang tengah digunakan untuk memasak kentang. Nah sejak itu, sering terdengar suara anak kecil menjelang malam dengan bau kentang yang tajam. Sahabat tentu tak ingin menontonnya sendirian, bukan?

10. Texas Chainsaw Massacre (1974)

Pasti Sahabat sudah pernah mendengar tentang film ini, bukan? Texas Chainsaw Massacre yang bercerita tentang sosok Leatherface dengan gergaji mesinnya. Sosok nyata ini merupakan seorang pembunuh yang memiliki nama Ed Gein. Setiap mendapatkan korban, dia memakai kulitnya sebagai topeng. Gigi dan tulangnya pun juga dijadikan sebagai peralatan rumah. Film ini dijamin akan membuat jantung Sahabat makin berdebar kencang!

11. Ratu Pantai Selatan (1980)

Tak heran jika sosok Ratu Pantai Selatan ini juga diangkat menjadi sebuah film yang mengerikan. Legendanya yang kental dengan bau mistis ini bisa Sahabat tonton karena berdasarkan dengan kisah nyata. Masyarakat Yogyakarta sangat segan pada Ratu tersebut dan melakukan banyak ritual sebagai bentuk penghormatannya.

12. The Amityville Horror (1979)

Film ini dari kisah nyata dan sampai sekarang ini masih menjadi perdebatan mengenai rumah Amityville yang berhubungan dengan kejadian horor. Namun keluarga Lutz yang pernah menghuni rumah tersebut tetap bersikukuh pada pendirian mereka yang sering diganggu oleh setan dan mayat berjalan. Serem juga, ya Sahabat!

Berbagai film horor tersebut memang memiliki kisah nyata dibaliknya, namun tetap saja dibumbui dengan berbagai unsur fiktifnya agar Sahabat bisa lebih merasakan kengeriannya. Jadi apakah tertarik untuk maraton nonton film-film tersebut, Sahabat?

1 Comment

Most Popular

To Top