Career and Education

7 Fungsi LinkedIn untuk Kemajuan Karier Kamu di Dunia Profesional

Yuk, optimalkan penggunaan LinkedIn kamu!

Setelah lulus dari pendidikan, tahap selanjutnya adalah tahap mencari pekerjaan. Pada tahap ini biasa disebut sebagai dunia nyata.

Sahabat akan dihadapkan dengan kenyataan sulitnya mencari pekerjaan, karena banyaknya pesaing dalam mencari kerja.

Namun tidak perlu khawatir, jaman sekarang ini hidup dengan teknologi akan membuat Sahabat lebih mudah dalam mencari pekerjaan.

Contohnya adalah adanya aplikasi LinkedIn yang didirikan oleh Reid Hoffman tahun 2002.

LinkedIn adalah sebuah media sosial yang ditujukan untuk profesional sebagai media untuk menghubungkan seseorang dengan perusahaan atau para profesional lainnya.

Banyak manfaat dari LinkedIn untuk membangun profesional Sahabat, berikut uraian lengkapnya!

1. Menciptakan Profil yang Profesional

fungsi linkedin

topcv.com

Salah satu media sosial yang memberikan layanan untuk menciptakan profil yang profesional adalah LinkedIn.

Dengan aplikasi LinkedIn, Sahabat dapat mengunggah seluruh data diri yang berkaitan dengan profesionalitas kerja, seperti Curriculum Vitae, resume, foto, pengalaman kerja, dan lain sebagainya

Dengan mengunggah data diri dengan lengkap tersebut, memiliki tujuan agar Sahabat memiliki kesan awal yang baik dari pengguna LinkedIn lainnya. Dengan kesan pertama yang baik, dapat menentukan akhir yang baik dalam karir.

2. Memperluas Koneksi

2. Memperluas Koneksi

trish120.wordpress.com

Selain membangun kesan awal yang baik, koneksi yang luas juga dibutuhkan dalam berkarir. Semakin banyak koneksi yang dimiliki, maka akan semakin besar pula kemungkinan untuk sukses dalam berkarir.

Dengan bergabung LinkedIn, Sahabat dapat berinteraksi dengan banyak orang di seluruh dunia. Berinteraksi dengan banyak orang yang memiliki ketertarikan yang atau bekerja di bidang yang sama dapat menambah informasi dan wawasan lho.

3. Menjaga Hubungan dengan Teman

3. Menjaga Hubungan dengan Teman

theconversation.com

Menjaga hubungan dengan teman adalah hal yang baik. Semakin dewasa terkadang lingkup pertemanan pun mulai menyempit.

Nah, Jika Sahabat ingin membuka sebuah usaha, dan membutuhkan partner kerja yang terpercaya, LinkedIn dapat membantu mempertemukan Sahabat dengan kenalan atau teman lama lho.

Dengan bekerja sama bersama orang yang dikenal tentunya peluang untuk membuahkan hasil yang baik akan lebih besar, karena bisnis yang dijalankan dari awal didasarkan dengan rasa saling percaya.

Baca juga: 7 Tempat Belajar TOEFL Online Gratis dan Mudah Dipahami

4. Memudahkan dalam Mendaftar Pekerjaan

4. Memudahkan dalam Mendaftar Pekerjaan

viralmundo.nl

LinkedIn memiliki fitur yang dapat digunakan untuk mencari pekerjaan dari perusahaan-perusahaan ternama.

Dengan menggunakan fitur ini, Sahabat dapat melihat berbagai macam jenis lowongan pekerjaan baik dari perusahaan kecil maupun besar.

Sahabat hanya perlu satu kali klik untuk melamar perusahaan yang diinginkan, karena akun LinkedIn sudah memiliki data diri Sahabat secara lengkap.

Hal ini sangat sangat efektif dan efisien, Sahabat tidak perlu buang waktu, tenaga, biaya print, dan transport untuk datang dan melamar secara langsung ke perusahaan yang diinginkan.

5. Membuka Kesempatan Direkrut oleh Perusahaan

5. Membuka Kesempatan Direkrut oleh Perusahaan

verywellhealth.com

Dengan menggunakan LinkedIn, Sahabat tidak hanya bisa melamar kerja di perusahaan saja, tetapi tidak menutup kemungkinan perusahaan yang akan melamar Sahabat.

Dari LinkedIn, akses untuk mengetahui data profesional sesorang sangatlah mudah.

Para eksekutif perusahaan pun banyak yang memiliki akun LinkedIn untuk mencari dan merekrut seseorang yang profesional untuk bekerja di perusahaan mereka.

Oleh karena itu, perbaharuilah portofolio Sahabat dengan sebaik mungkin agar dapat dikenal dan menarik para eksekutif perusahaan.

Baca juga: 10 Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes 2018

6. Menunjukan Keahlian

6. Menunjukan Keahlian

shakers.ch

Pada LinkedIn terdapat fitur yang bisa membuat kita berkomunikasi dengan orang lain. Dengan fitur ini banyak orang yang saling melempar pertanyaan terkait pekerjaan ataupun masalah lainnya.

Dari sinilah, Sahabat dapat menunjukan keahlian menjawab ketika mendapat pertanyaan terbuka dari orang lain. Cara menjawab dan jawaban yang diberikan bisa membangun citra dan kesan yang baik bagi Sahabat.

7. Memperoleh Informasi Terbaru Tentang Pekerjaan

fungsi linkedin

techrepublic.com

LinkedIn menyediakan informasi dan inspirasi terbaru yang pastinya akan berguna untuk diketahui oleh pengguna LinkedIn terkait dengan pekerjaan para pengguna.

Dengan adanya informasi ini, Sahabat dapat belajar dan mengembangkan diri menjadi orang yang lebih baik dalam bekerja.

Saat ini dunia online sangat membantu untuk hal-hal yang berguna, contohnya seperti LinkedIn ini yang mempermudah seseorang dalam mencari pekerjaan.

Memiliki akun LinkedIn sangat bermanfaat bagi karir Sahabat lho, yuk buat akun LinkedIn!

1 Comment

Most Popular

To Top