Kid

7 Game Edukasi Anak Usia 1-4 Tahun untuk Bantu Kembangkan Kemampuan Anak

Game enggak melulu bawa dampak buruk, lho!

Game edukasi yang tersedia di App Store atau Play Store memiliki tujuan tersendiri disamping keseruan dalam memainkannya. Game-game edukasi tersebut dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi anak khususnya yang berusia 1-4 tahun. Dalam usia tersebut, anak bisa dikenalkan dengan banyak warna, musik dan bentuk agar perkembangan otaknya semakin brilian. Namun perlu diatur juga dalam waktu belajarnya menggunakan smartphone. Hal tersebut untuk menghindari anak ketergantungan menggunakan smartphone secara berlebihan.

Nah, di bawah ini sudah ada daftar yang Jitaksara siapkan untuk game edukasi tersebut. Simak langsung di bawah ini, ya Sahabat!

1. Musik

game edukasi anak

apps.apple.com

Game edukasi untuk anak usia 1-4 tahun yang rekomendasi selanjutnya adalah Music Sparkle untuk IOS dan Music Instrument untuk Android. Aplikasi ini membantu merangsang perkembangan otak anak dengan berbagai fitur menariknya. Anak akan belajar mengenal suara dari alat musik dan bisa memilih sendiri instrumen yang ingin dimainkannya. Sahabat bisa mendownloadnya secara gratis pada masing-masing sistem operasi yang digunakan, ya!

2. Menari

Menari

appannie.com

Ada juga game edukasi yang mengasah kecerdasan kinestetik pada anak sejak dini. Anak akan lebih aktif menari dengan irama lagu yang dimainkan pada aplikasi ini. Sahabat bisa mendownload Dancing Animal untuk IOS atau Animal Dance untuk Android. Masing-masing aplikasi tersebut bebas untuk didownload, jadi lebih bisa dimaksimalkan untuk mendukung tumbuh dan kembang anak.

3. Dongeng

Dongeng

apps.apple.com

Game edukasi selanjutnya dari kategori dongeng yang juga penting untuk tumbuh kembang anak. Aplikasi ini dapat memperkaya kosa kata dan imajinasi dari anak. Dibuat dalam bahasa Indonesia sehingga lebih mudah dimengerti dan diajarkan pada anak. Jika Sahabat menggunakan IOS bisa langsung mendownload Cerita Rakyat Nusantara atau 330 Dongeng Nusantara untuk Android.

Baca juga: 9 Kecerdasan Majemuk pada Anak yang Harus Diketahui Orang Tua

4. Mengaji

4. Mengaji

apps.apple.com

Mengajari dan memperkenalkan huruf-huruf Hijaiyah bisa diajarkan sejak dini. Sahabat bisa mengajarkannya hanya dengan melalui game edukasi Abata Hijaiyah untuk IOS dan Marbel Belajar Hijriyah untuk Android. Kemudahan dalam belajar dengan menggunakan tampilan yang disukai anak pasti akan lebih efektif. Selagi waktu senggangnya, Sahabat bisa mengajarkan berbagai huruf Hijaiyah dengan aplikasi tersebut.

5. Mewarnai

5. Mewarnai

lifewire.com

Jika Sahabat ingin mengajarinya untuk lebih mengenal warna dan seni, maka jawabannya adalah Best Coloring Book for Kids di IOS dan Toddler Coloring Book di Android. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mengenalkan warna dan mewarna obyek yang tersedia di aplikasi tersebut. Jadi Sahabat hanya perlu memandunya sebentar dan biarkan anak berekspresi dengan berbagai warna.

6. Memecahkan balon

6. Memecahkan balon

youtube.com

Ada juga game edukasi yang sederhana yaitu Balloon Pops di IOS dan Balloon Pops Kids Learning Games di Android. Game edukasi tersebut memiliki tujuan untuk memecahkan balon yang memiliki berbagai warna. Berbeda dengan aplikasi yang ada di IOS, aplikasi yang ada di Android bisa sekalian mengenalkan huruf alfabet pada anak. Jadi lebih memudahkan dalam mengajarinya, ya Sahabat!

7. Belajar bentuk

game edukasi anak

youtube.com

Game edukasi yang terakhir lebih mengajarkan anak dalam mengidentifikasi bentuk secara visual dan lisan. Anak bisa diminta untuk menyebutkan warna dan bentuk pada obyek yang bergerak. Sahabat bisa langsung mendownload Laugh & Learn Shapes & Colors Music Show for Baby di IOS dan Learn Shape and Colour di Android.

Dari berbagai aplikasi tersebut memang sangat membantu dalam masa tumbuh dan kembangnya. Perlu pendampingan secara terus menerus agar anak tidak ketergantungan dengan smartphone. Sahabat juga bisa menyela dengan memainkan permainan fisik lain disamping game edukasi di atas.

Click to comment

Most Popular

To Top