Travel

10 Gunung Tertinggi di Indonesia. Pendaki Wajib Masuk!

Mana saja yang sudah kamu taklukkan?

Disamping pemandangan yang indah, para pendaki juga banyak yang mengincar gunung yang tinggi. Jadi tak heran banyak pendaki yang berlomba-lomba ingin menaklukkan berbagai puncak yang ada di Indonesia. Selain karena tantangannya yang menarik, gunung tersebut rela didaki karena tidak semua orang bisa menaklukkan puncaknya. Bisa dibilang menjadi kebanggaan diri sendiri jika sudah pernah sampai ke puncaknya.

Nah, di bawah ini sudah Jitaksara siapkan daftar gunung tertinggi yang ada di Indonesia sebagai tambahan referensi. Simak yuk Sahabat!

1. Puncak Jaya

gunung tertinggi di indonesia

ksmtour.com

Gunung tertinggi yang ada di Indonesia adalah Puncak Jaya dengan ketinggian 4.884 mdpl. Puncak tertinggi ini juga masuk ke dalam Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO. Untuk mencapai puncak ini membutuhkan usaha yang sangat keras karena penuh dengan tantangan maut. Dari hujan es, salju, medan yang terjal sampai suhu yang dingin bisa Sahabat hadapi di sini.

2. Puncak Soekarno

2. Puncak Soekarno

radiodms.com

Puncak Soekarno termasuk salah satu puncak tertinggi yang berada di Taman Nasional Lorentz selain Puncak Cartenzs Timur (4.840 mdpl) dan Puncak Soemantri (4808 mdpl). Ketinggian Puncak Soekarno ini mencapai 4.862 mdpl yang termasuk gunung mahal untuk didaki. Setidaknya per orang bisa mengeluarkan uang mencapai Rp25 juta untuk akomodasi serta persiapan lainnya.

3. Puncak Mandala

3. Puncak Mandala

travelingyuk.com

Urutan ketiga ditempati oleh Puncak Mandala dengan ketinggian 4.760 mdpl. Puncak Mandala membentang dan membentuk pegunungan hingga sampai perbatasan Papua Nugini. Suhu di puncak gunung ini sangat rendah, jadi tak heran jika diselimuti oleh salju.

4. Puncak Trikora

4. Puncak Trikora

en.wikipedia.org

Puncak Trikora atau yang dikenal dengan nama Ettiakup ini berada di Papua Barat. Ketinggiannya mencapai 4.751 mdpl yang membuatnya menempati urutan keempat gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Banyak pendaki yang sudah mencapai puncaknya, namun juga ada banyak pendaki yang hanya tinggal nama di gunung ini.

5. Puncak Idenberg

5. Puncak Idenberg

www.diatasawan.com

Puncak selanjutnya yang tergabung dalam Pegunungan Jayawijaya adalah Puncak Idenberg dengan ketinggian 4.673 mdpl. Hampir sama dengan pegunungan lain yang ada di Papua karena medannya didominasi bebatuan gamping, karang glaciated dan klastik.

6. Gunung Yamin

6. Gunung Yamin

thegorbalsla.com

Sebagai gugusan puncak gunung tertinggi yang ada di Papua, Gunung Yamin juga masuk ke dalamnya. Ketinggiannya mencapai 4.595 mdpl yang didominasi dengan medan yang sangat terjal. Jadi nggak sembarangan pendaki bisa sampai ke puncaknya karena butuh peralatan yang memadai.

7. Gunung Kerinci

7. Gunung Kerinci

swiss-belhotel.com

Masuk ke dalam daftar ketujuh ada Gunung Kerinci yang kokoh berdiri di Provinsi Jambi, Sumatera Barat. Dengan ketinggian 3.805 mdpl ini membuatnya jadi incaran khususnya bagi para pendaki. Gunung Kerinci memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan masih asri. Cocok dijadikan target muncak tahun ini, ya Sahabat!

8. Gunung Rinjani

8. Gunung Rinjani

pontas.id

Gunung ini bisa dibilang gunung tercantik yang ada di Indonesia karena selain pemandangan puncaknya yang menawan juga masih ada danau di atas awannya. Namanya adalah Danau Segara Anak yang memiliki warna berubah-ubah dalam bulan tertentu. Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl yang bisa memakan waktu pendakian sekitar 3 hari untuk sampai puncaknya. Jadi butuh persiapan yang lebih serius untuk bisa sukses sampai puncaknya, ya Sahabat!

9. Gunung Semeru

9. Gunung Semeru

nyero.id

Jika Sahabat pernah nonton film 5 CM pasti akrab dengan gunung satu ini. Gunung yang berada di kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) ini juga sering mengundang banyak pendaki setiap harinya. Gunung Semeru termasuk gunung tertinggi yang ada di Indonesia karena memiliki ketinggian sekitar 3.676 mdpl. Gunung ini masih tergolong sebagai gunung aktif, jadi ketika Sahabat mendaki sampai puncaknya akan melihat kaldera yang masih aktif mengeluarkan asap.

10. Gunung Sanggar

gunung tertinggi di indonesia

masterplesir.blogspot.com

Gunung tertinggi di Indonesia yang terakhir adalah Gunung Sanggar yang berada di Nusa Tenggara Barat. Ketinggiannya mencapai 3.492 mdpl yang termasuk gunung rekomendasi untuk didaki. Berbagai pengalaman seru akan Sahabat dapatkan jika menapaki setiap medan yang ada di sana. Banyak pendaki yang bilang jika pemandangan dari gunung ini lebih menawan dari gunung di sekitarnya. Wah layak dicoba, ya Sahabat!

Demikian beberapa daftar gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Dari sekian banyaknya puncak gunung tersebut, mana yang pernah Sahabat taklukkan?

Click to comment

Most Popular

To Top