Health

Ini Dia Jam Tidur yang Baik dan Harus Kamu Terapkan Sekarang Juga

Jaga pola tidur demi kesehatanmu, ya!

Sering begadang memang memiliki efek yang tidak baik bagi tubuh. Terlebih lagi dengan menambah asupan peningkat stamina lain seperti kopi atau minuman stamina, tentu akan lebih berbahaya lagi jika sering melakukannya. Sewajarnya tubuh manusia pasti membutuhkan waktu istirahat. Hal ini dibutuhkan karena pada level tertentu tubuh akan merasa kelelahan, jika dibiarkan berkelanjutan akan memberikan efek depresi atau stress berkepanjangan.

Bagi Sahabat yang belum tahu jam tidur normal tersebut bisa melihat daftar yang sudah Jitaksara siapkan di bawah ini. Sahabat bisa lebih memahami dan melakukan tata cara yang benar agar lebih optimal dalam bekerja atau beraktivitas.

1. Tubuh membutuhkan istirahat sesuai aktivitas

jam tidur yang baik

ahbeard.com

Beda aktivitas maka beda juga dalam beristirahat. Bagi seseorang yang memiliki aktivitas saat siang hari maka biasanya tubuh orang tersebut akan meminta istirahat saat malam hari, begitu juga sebaliknya. Saat dirasa cukup beristirahat maka tubuh juga akan bangun dengan sendirinya menyesuaikan kondisi tubuh.

2. Jam tidur ideal adalah 10 malam hingga 6 pagi

2. Jam tidur ideal adalah 10 malam hingga 6 pagi

familytimescny.com

Waktu tidur yang ideal adalah jam 10 malam hingga jam 6 pagi. Namun ada beberapa ahli yang menyarankan untuk memulai tidur pada jam 8 malam sampai jam 12 malam. Dari jam tidur inilah yang bisa membuat bunga tidur akan muncul saat beristirahat. Jika saat tidur malam sudah cukup maka tubuh biasanya tidak membutuhkan tidur siang lagi.

Baca juga: Penyebab Haid Tidak Teratur dan Dampaknya untuk Masa Subur

3. Buat dan jalankan jadwal tidur sendiri

3. Buat dan jalankan jadwal tidur sendiri

bustle.com

Masing-masing orang tentu butuh waktu tidurnya sendiri. Hal ini memungkinkan Sahabat membuat jam dan aturan tidur sendiri. Setidaknya bagi orang dewasa, 7 sampai 9 jam waktu tidur sudah cukup. Jadi bisa lebih disesuaikan dengan aktivitas pekerjaan, ya!

4. Jangan tidur lebih dari jam 12

4. Jangan tidur lebih dari jam 12

facetofeet.com

Jika Sahabat tipe orang yang begadang biasanya akan tidur lewat dari jam 12 malam. Hal ini dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Hal ini juga berlaku bagi Sahabat yang kerja shift malam, tentu butuh istirahat lebih saat pulang dari kerja. Jika waktu istirahat tidak tercukupi maka beberapa efek lanjutan seperti depresi, seasonal affective disorder dan bulimia akan terjadi.

5. Bangun lebih pagi bermanfaat bagi kesehatan

5. Bangun lebih pagi bermanfaat bagi kesehatan

cheatsheet.com

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa bangun pagi dapat memberikan efek yang positif bagi tubuh. Sahabat akan lebih semangat dan proaktif dalam menjalankan aktivitas selama seharian. Boleh dicoba sendiri, ya!

Baca juga: 2 Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Harus Kamu Tahu

6. Menjaga waktu tidur selalu konsisten

6. Menjaga waktu tidur selalu konsisten

cheatsheet.com

Pola tidur yang konsisten dapat mempengaruhi kesehatan psikis dan mental. Biasanya seseorang yang tidur rutin pada jam 10 malam dan bangun jam 5 dini hari memiliki prestasi akademik yang lebih baik dibandingkan dengan seseorang yang memiliki pola tidur tidak teratur.

7. Perbaiki waktu tidur yang berantakan

7. Perbaiki waktu tidur yang berantakan

washingtonpost.com

Pola tidur pada hari-hari tertentu biasanya bisa terganggu dengan aktivitas khusus. Aktivitas tersebut dapat mengurangi waktu tidur pada jam normal sehingga Sahabat perlu menyiasatinya. Luangkan waktu untuk menambah waktu tidur saat jam istirahat atau bisa juga dengan pulang lebih awal untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup.

8. Tubuh butuh tidur setidaknya 7-8 jam

jam tidur yang baik

sanignatiouniversity.edu

Orang dewasa memiliki jam tidur setidaknya 8 jam sehari sedangkan pada anak-anak sekitar 9-10 jam sehari. Namun tak memungkiri jika seseorang membutuhkan waktu tidur hanya 6-7 jam saja. Kenali kebutuhan tidur masing-masing agar dapat mencukupi waktu istirahat panjangnya.

Demikian beberapa tips jam tidur yang perlu Sahabat terapkan. Untuk menjaga kesehatan dan aktivitas seharian memang butuh waktu tidur yang ideal. Jika dirasa tidak memungkinkan untuk melanjutkan aktivitas maka Sahabat bisa meminta izin atasan untuk diberikan waktu istirahat, ya!

 

2 Comments

Most Popular

To Top