Career and Education

10 Jurusan yang Jarang Diminati Tapi Dibutuhkan di Dunia Kerja

jurusan yang jarang diminati tapi dibutuhkan

Coba pertimbangkan jurusan-jurusan ini, Sahabat

Berbagai universitas kini membuka banyak jurusan baru sebagai tuntutan dunia kerja. Dari jurusan-jurusan tersebut ada banyak jurusan yang jarang diminati bahkan mahasiswa baru pun bingung nantinya kerja pada perusahaan apa. Namun kenyataannya, jurusan yang jarang diminati tersebut justru sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Maka dari itu tak heran banyak lulusannya yang baru sadar ketika sudah mendapatkan pekerjaan.

Nah Sahabat bisa melihat informasinya dari beberapa jurusan yang jarang diminati namun prospeknya tinggi untuk dunia kerja. Simak informasi dari Jitaksara di bawah ini, Sahabat!

1. Ilmu perpustakaan

Ilmu perpustakaan

Bagi siswa baru yang melihat jurusan ini pasti banyak yang menganggapnya sebagai jurusan yang tidak penting. Namun kenyataannya tidak dan bahkan anak-anak lulusan jurusan ini paling dicari dalam dunia kerja. Dalam ilmu perpustakaan diajarkan tentang bagaimana mengumpulkan, mengorganisasi dan menyebarluaskan sumber informasi lewat koleksi di perpustakaan. Ilmu ini dapat diaplikasikan pada perusahaan untuk mengorganisasi dan mengarsip dokumen dengan lebih tertata.

2. Ilmu astronomi

Ilmu astronomi

Mungkin bagi sebagian orang yang mencari jurusan kuliah untuk tuntutan dunia kerja pasti banyak yang tidak memilih jurusan astronomi. Padahal ada banyak sekali hal yang sangat mengesankan dari jurusan ini seperti mengamati peristiwa astronomi, mengamati fenomena luar angkasa dan masih banyak lagi. Di Indonesia sangat sedikit sekali lulusan dari jurusan ini namun dunia kerja banyak yang membutuhkannya. Sahabat bisa berpeluang kerja di NASA, lho!

3. Ilmu obat tradisional

Ilmu obat tradisional

Bayangkan saja ada jurusan dimana mahasiswanya belajar tentang mengolah berbagai tanaman menjadi obat herbal. Nah memang ada jurusan tentang obat-obatan tradisional ini dan sekarang ini banyak dibutuhkan oleh dunia kerja. Tuntutan banyak orang yang kini lebih memilih obat tradisional dibandingkan dengan obat kimia karena manfaat dan dinilai lebih aman. Maka dari itulah Sahabat bisa masuk ke jurusan ini dan mempelajari banyak tanaman obat!

Baca juga: 10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi Kemenristekdikti

4. Ilmu hama dan penyakit tanaman

Ilmu hama dan penyakit tanaman

Dengan banyaknya perkebunan dan persawahan yang ada di Indonesia, tentu jurusan ini cukup legit untuk dipilih. Jurusan hama dan penyakit tanaman ini banyak dibutuhkan oleh perusahan perkebunan dan pembuat obat-obat pembasmi penyakit tumbuhan. Jadi kualitas buah dan sayuran yang dihasilkan akan lebih baik.

5. Oseanografi

Oseanografi

Indonesia juga dikenal sebagai negara maritim dimana banyak area perairan yang ada di negara ini. Untuk itulah kini banyak universitas yang membuka jurusan oseanografi ini. Oseanografi atau ilmu tentang kelautan ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan industri perikanan dan kelautan. Banyak fenomena laut yang menjadi misteri akan dipelajari pada jurusan ini. Tentu akan membuat masa depan Sahabat lebih baik, bukan?

6. Aktuaris

Aktuaris

Jarang didengar oleh mahasiswa bahkan oleh dunia luar tentang jurusan aktuaris ini. Dalam industri asuransi di Indonesia, anak-anak lulusan jurusan ini memang yang paling dibutuhkan. Aktuaris merupakan seseorang yang bisa menerapkan ilmu statistik dan keuangan. Jurusan ini juga akan ada banyak materi tentang bagaimana menghitung risiko dan biaya pada sebuah perusahaan. Bisa menjadi pilihan untuk kuliah nanti, kan Sahabat?

Baca juga: 7 Sekolah Tinggi Ikatan Dinas yang Ada di Indonesia

7. Teknik nuklir

jurusan yang jarang diminati tapi dibutuhkan

Memang kedengarannya sangat mengerikan bahkan sangat keren jika Sahabat bisa lulus dari jurusan ini. Ilmu nuklir atau teknik nuklir ini akan mempelajari berbagai hal tentang reaktor nuklir dan bagaimana mengelolanya dengan baik. Tak heran jika lulusan dari jurusan ini memiliki gaji yang tinggi karena belum banyak lulusannya.

8. Agroteknologi

Agroteknologi

Ada juga jurusan yang jarang diminati namun sangat dibutuhkan oleh dunia kerja yaitu agroteknologi. Mungkin terdengar dekat dengan petani namun dalam jurusan ini lebih mempelajari tentang bagaimana menjadi seorang wirausaha dalam dunia agrobisnis. Mulai belajar dari pertamanan sampai arsitektur lanskap.

9. Desain produk

Desain produk

Tak hanya sekedar mendesain kemasan produk saja, namun desain produk ini juga mempelajari tentang banyak hal terutama dalam dunia promosi dan bisnis. Jadi desainnya tak hanya menarik namun bisa memikat konsumen untuk membelinya. Banyak lulusan dari jurusan ini yang mudah dalam mencari kerja terutama pada perusahaan percetakan dan produk konsumtif lainnya.

10. Logistik

jurusan yang jarang diminati tapi dibutuhkan

Setiap tahunnya pertumbuhan bisnis logistik bertumbuh sekitar 15-20%. Inilah yang menyebabkan pemerintah juga semakin memperkuat sektor bisnis ini agar lebih efisien. Nah, Sahabat bisa memilih jurusan logistik ini karena dunia kerja banyak membutuhkan sumber daya yang kompeten. Walau tidak terlalu dianggap oleh mahasiswa lain, namun kenyataannya di dunia kerja akan lebih hijau daripada jurusan lainnya.

Itulah berbagai jurusan yang jarang diminati namun sangat dibutuhkan pada dunia kerja. Sahabat kini bisa lebih percaya diri untuk masuk ke jurusan tersebut demi mendapatkan masa depan yang lebih cemerlang.

Click to comment

Most Popular

To Top