Kid

9 Kecerdasan Majemuk pada Anak yang Harus Diketahui Orang Tua

Kembangkan potensi anak dengan mengetahui jenis kecerdasannya!

Kecerdasan majemuk adalah kemampuan lebih manusia yang dikategorikan pada bidang tertentu. Seorang anak sangat mungkin untuk memiliki banyak kecerdasan sekaligus dan bahkan bisa diasah dari awal mereka tumbuh. Pertama kali teori kecerdasan ini dilontarkan oleh seorang psikolog sekaligus profesor Universitas Harvard bernama Howard Gardner. Bahkan Gardner juga merilis buku dengan judul Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences.

Dalam buku tersebut terdapat 9 kecerdasan majemuk yang bisa dimiliki oleh anak. Nah tak perlu susah-susah mencarinya, Jitaksara sudah menyiapkan berbagai informasi tentang kecerdasan majemuk tersebut. Simak baik-baik, ya!

1. Kecerdasan eksistensial

kecerdasan majemuk

mooseinthemoon.com

Kecerdasan yang memungkinkan anak untuk mengetahui berbagai pertanyaan tentang eksistensi manusia. Contohnya seperti “arti hidup”, “apa peran manusia di dunia” atau “mengapa seseorang mati”. Kecerdasan yang termasuk bidang filsafat ini memang sedikit yang memilikinya sejak dini.

2. Kecerdasan naturalis

2. Kecerdasan naturalis

childrenandnature.com

Kemampuan seorang anak dalam mengenali tanaman, hewan, dan benda di alam merupakan jenis dari kecerdasan naturalis. Anak dengan kecerdasan ini lebih suka dan tertarik mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan alam. Sahabat bisa mengajarkannya sejak dini dengan mengajaknya berkemah, berinteraksi dengan hewan atau tanaman, dan mengamati hewan-hewan.

3. Kecerdasan interpersonal

3. Kecerdasan interpersonal

readingeggs.com

Kecerdasan ini memungkinkan anak untuk lebih terampil serta cakap dalam bersosial. Kemampuannya dalam bermasyarakat akan lebih menonjol sehingga mudah memahami dan berinteraksi dengan orang lain. Anak yang memiliki kecerdasan ini lebih suka bekerja dalam tim dan memiliki teman yang lebih banyak. Kecerdasan interpersonal ini bisa diasah dengan mengajaknya bertemu dengan orang lain, mengajak bermain banyak temannya atau mengunjungi komunitas tertentu.

4. Kecerdasan intrapersonal

4. Kecerdasan intrapersonal

todaysparent.com

Kecerdasan majemuk yang memungkinkan pemiliknya untuk memahami diri sendiri, mengetahui keterbatasan, kemampuan dan dapat memotivasi diri sendiri. Jika seorang anak memiliki kecerdasan ini maka akan lebih bijaksana dan bisa mengendalikan perilakunya. Anak dengan kecerdasan ini juga dapat membuat rencana dan keputusan secara tepat.

5. Kecerdasan musikal

5. Kecerdasan musikal

japangadgetshop.com

Tidak hanya sebatas memainkan atau mendengarkan lagu saja. Mereka yang memiliki kecerdasan musikal ini memiliki kemampuan dalam merangkai melodi, nada, vibrasi dan suara. Kecerdasan musikal bisa diasah sejak dini dengan memberikan berbagai jenis musik atau menganalisis perbedaan suara seseorang.

6. Kecerdasan kinestetik-jasmani

6. Kecerdasan kinestetik-jasmani

redbookmag.com

Kemampuan dalam mengolah dan menyeimbangkan tubuh ini dimiliki oleh mereka yang menonjol pada kecerdasan kinestetik-jasmani. Seseorang yang memiliki kecerdasan ini lebih cenderung tidak suka diam dalam waktu yang lama. Kecerdasan kinestetik-jasmani memungkinkan seseorang melakukan berbagai aktivitas fisik tanpa hambatan. Sahabat bisa mengajari kecerdasan ini dengan melatih fisik pada anak, bermain lempar tangkap bola dan menjaga keseimbangan melalui halang rintang.

7. Kecerdasan spasial-visual

7. Kecerdasan spasial-visual

whatmomslove.com

Kecerdasan majemuk satu ini lebih mengandalkan imajinasi dalam bentuk gambar, desain, pola dan tekstur. Kemampuan visual pada anak dapat diasah dengan mengajarinya untuk menggambar, membangun sesuatu, bermain dengan warna atau bermain puzzle. Biasanya mereka yang memiliki kecerdasan spasial-visual ini lebih dimiliki oleh arsitek, seniman dan desainer.

8. Kecerdasan logis-matematis

8. Kecerdasan logis-matematis

lovetoknow.com

Kecerdasan yang menonjol dalam mengolah angka, logika dan matematika. Dari sekian banyak kecerdasan majemuk pada anak, kecerdasan logis-visualis ini banyak yang memilikinya. Untuk dapat merangsang kecerdasan ini Sahabat bisa mengajarkan permainan analisis, mengunjungi museum, mengajarkan berhitung dan mengajarkan ilmu sains sederhana.

9. Kecerdasan verbal-linguistik

kecerdasan majemuk

lovetoknow.com

Kecerdasan majemuk yang terakhir melibatkan kemampuan berbahasa melalui bicara, menulis dan membaca. Anak yang memiliki kecerdasan ini lebih memahami urutan dari makna kata-kata dan bisa menggunakannya dengan benar. Maka dari itu anak yang memiliki kecerdasan verbal-linguistik lebih jago dalam berdebat, pidato atau melontarkan humor. Sahabat bisa merangsang kecerdasan ini pada anak dengan membacakan dongeng dan lebih banyak mengenalkan kata-kata baru.

Itulah kecerdasan majemuk yang bisa dimiliki oleh seorang anak. Tentunya sejak masa pertumbuhannya, Sahabat bisa lebih banyak mengajarkan hal yang baru untuk mengasah pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya, ya!

2 Comments

Most Popular

To Top