Health

8 Penyebab dan Arti Kedutan Mata Kiri Atas yang Harus Kamu Tahu

Ini dia penyebab dan arti dari kedutan di mata kiri atas kamu

Pernahkan mendengar bahwa jika mata kiri sedang kedutan bisa menjadi pertanda bahwa Sahabat akan mendapat rezeki? Hal ini hanya anggapan saja, mungkin bisa benar namun bisa juga salah. Namun dari segi ilmiah, kedutan ini bisa terjadi karena pengaruh beberapa hal yang tak boleh disepelekan, lho Sahabat.

Walaupun tidak menimbulkan rasa sakit namun butuh sedikit pengetahuan tentang pertanda apa di balik kedutan mata kiri atas tersebut. Jitaksara sudah mengumpulkan beberapa informasi yang bisa Sahabat simak di bawah ini!

1. Pengaruh rokok dan alkohol

kedutan mata kiri atas

npr.org

Rokok dan alkohol memang tak bisa lepas dari kebiasaan seseorang. Di sisi lain, kedua produk ini memang membahayakan tubuh karena mengandung banyak racun di dalamnya. Namun bagi beberapa orang membutuhkan asupan tersebut untuk ketenangan dan kenyamanan diri sendiri. Jika Sahabat memiliki kebiasaan mengonsumsi produk ini maka tak heran lebih sering terjadi kedutan pada mata.

2. Pengaruh obat-obatan

2. Pengaruh obat-obatan

healthline.com

Salah satu penyebab kedutan selanjutnya adalah pengaruh dari obat-obatan. Obat ini biasanya berasal dari golongan obat diuretik yang jika dikonsumsi berlebih bisa membahayakan tubuh. Obat diuretik ini dapat mencegah penumpukan cairan dalam tubuh sehingga mengurangi kadar magnesium yang dibutuhkan otot dan syaraf untuk bekerja. Jika tubuh kekurangan magnesium tersebut dapat membuat tubuh menjadi tremor atau getaran pada kelopak mata.

3. Terpapar cahaya yang terang

3. Terpapar cahaya yang terang

wistia.com

Saat berada di ruangan yang memiliki cahaya terlalu terang bisa membuat mata menjadi kedutan. Hal ini bisa terjadi karena mata dan syaraf mengalami ketegangan sehingga menimbulkan kedutan tersebut. Hindari penggunaan cahaya yang berlebih atau cahaya yang kurang, ya Sahabat!

4. Gejala ALS

4. Gejala ALS

rd.com

ALS atau yang dikenal dengan Amiotrophic Lateral Sclerosis merupakan kelainan yang disebabkan oleh sel neuron ada otak dan sumsum mengalami disfungsi. Efeknya bisa melemahkan otot pada tubuh penderitanya. Nah, efek kedutan pada wilayah mata ini bisa menjadi pertanda awalnya.

5. Terlalu sering bermain gadget

5. Terlalu sering bermain gadget

ayobandung.com

Faktor kelelahan bukan hanya dari kurangnya waktu tidur. Salah satu penyebabnya adalah menatap layar komputer atau gadget dalam waktu yang lama. Hal ini bisa memberikan kontraksi pada kelopak mata sehingga terjadi kedutan.

6. Alergi

6. Alergi

medicalnewstoday.com

Jika mata tiba-tiba terjadi pembengkakan, berair dan terasa gatal maka bisa jadi Sahabat terkena alergi. Ketika gatal tersebut sedang menyerang maka tubuh akan meresponnya dengan melakukan gosokan pada area mata tersebut. Hal ini yang akan menyebabkan zat histamin yang ada di mata terlepaskan sehingga kedutan bisa terjadi.

7. Efek kafein yang berlebihan

kedutan mata kiri atas

medicalnewstoday.com

Banyak orang menganggap bahwa kafein berasal dari kopi. Namun ternyata ada banyak produk lain yang mengandung kafein juga seperti teh, coklat, soda dan minuman energi. Kafein inilah yang akan membuat tubuh merasa lebih bertenaga dan mengurangi rasa kantuk. Jika tubuh mendapatkan jumlah kafein yang terlalu banyak maka akan berisiko menimbulkan kedutan tersebut.

Nah itulah beberapa penyebab mata kiri atas mengalami kedutan. Terlepas dari mitosnya yang mendapatkan rezeki, Sahabat juga perlu waspada karena bisa menjadi pertanda buruk bagi kesehatan.

 

1 Comment

Most Popular

To Top