Parenting

7 Penyebab Kelainan Jantung pada Bayi yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

kelainan jantung pada bayi

Ketahui apa saja penyebabnya, ya~

Semua ibu tentu ingin bayinya lahir dengan kondisi yang sehat dan sempurna. Namun hal ini tidak terjadi pada semua ibu, beberapa harus terlahir dengan kecacatan seperti contohnya kelainan jantung. Penyakit kelainan jantung ini disebabkan oleh berbagai macam hal yang tidak dikira selama masa kehamilan.

Nah bagi Sahabat yang ingin merencanakan kehamilan, sebaiknya lihat daftar yang sudah Jitaksara rangkum di bawah ini. Daftar tentang penyebab kelainan jantung tersebut yang bisa diminimalisir saat mulai merencanakan masa kehamilan. Simak ya!

1. Faktor genetik

kelainan jantung pada bayi

Jika dalam keluarga besar Sahabat atau pasangan ada yang memiliki riwayat kelainan jantung, maka risiko kelainan ini juga mungkin terjadi pada bayi Sahabat. Namun tidak ada yang tahu pasti faktor genetik ini akan menurun kepada siapa. Sahabat bisa melihat dan menanyakan kembali apakah ada riwayat tersebut dalam keluarga Sahabat atau tidak.

2. Penyakit diabetes

2. Penyakit diabetes

Ketika ibu hamil menderita diabetes tipe 1 dan 2 maka risiko untuk melahirkan bayi yang kelainan jantung akan ada. Menurut penelitian, setidaknya ada 36% perempuan yang mengidap penyakit ini berisiko lebih melahirkan bayi tersebut terutama bagian arteri. Sebaiknya segera kontrol dan obati diabetes tersebut agar cepat sembuh dan tidak mengganggu kehamilan. Sahabat juga bisa memulai pola hidup sehat yang disarankan agar terhindar dari penyakit tersebut.

3. Ada hubungan darah antara ibu dan ayahnya

3. Ada hubungan darah antara ibu dan ayahnya

Perkawinan sedarah ini juga dapat meningkatkan risiko kelainan bawaan tak hanya kelainan jantung saja. Menurut penelitian di Pakistan menyebutkan bahwa bayi yang dilahirkan dari perkawinan sedarah ini memiliki risiko sekitar 2,59 kali dibandingkan yang tidak.

Baca juga: 3 Pantangan Buah Ibu Hamil yang Harus Ditaati Demi Kesehatan Ibu dan Janin

4. Efek obat tertentu

kelainan jantung pada bayi

Selama masa kehamilan tentu ibu hamil perlu lebih waspada terutama saat mengonsumsi obat dan makanan. Hal ini akan berpengaruh pada janin yang dikandung terutama saat menginjak trimester pertama. Berbagai kosmetik dan obat-obatan juga perlu diwaspadai, Sahabat perlu berkonsultasi tentang apa saja yang diperbolehkan dan apa saja yang dilarang. Sahabat bisa browsing dahulu kandungan dari obat yang ingin dikonsumsi apakah aman atau tidak.

5. Infeksi rubella

5. Infeksi rubella

Terjadinya infeksi rubella saat kehamilan bisa berdampak buruk bagi janin yang dikandungnya. Infeksi rubella ini dapat menghambat perkembangan jantung sehingga mengalami risiko cacat bawaan yang semakin lebih besar. Sahabat perlu meminimalisir terkena infeksi rubella ini dan sebelum hamil wajib untuk melakukan vaksinasi terlebih dahulu. Dengan persiapan kehamilan yang tepat tentu akan melahirkan bayi yang sehat dan sempurna.

Baca juga: 6 Cara Agar Plasenta Naik ke Atas untuk Cegah Pendarahan

6. Merokok saat hamil

6. Merokok saat hamil

Kebiasaan merokok memang tidak baik untuk kesehatan terutama untuk ibu hamil. Kandungan dalam rokok ini sangat berbahaya dan dapat meningkatkan risiko bayi lahir cacat termasuk kelainan jantung. Maka dari itu perlu menghentikan kebiasaan ini untuk kesehatan ibu dan bayinya.

7. Pengguna obat-obatan terlarang

7. Pengguna obat-obatan terlarang

Tak hanya rokok saja yang berbahaya namun juga obat-obatan terlarang. Seperti yang dilansir oleh American Heart Association mengungkapkan bahwa perempuan hamil yang menggunakan obat-obatan terlarang ini dapat meningkatkan risiko bayi lahir cacat dan kelainan jantung.

Nah itulah beberapa penyebab kelainan jantung pada bayi yang bisa Sahabat ketahui. Sebisa mungkin persiapkan masa kehamilan dengan baik agar bayi yang dilahirkan nanti juga sempurna. Sahabat juga perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan setidaknya sebulan sekali agar jika terdapat hal yang tidak diinginkan dapat terdeteksi dari awal.

Click to comment

Most Popular

To Top