Parenting

5 Kriteria Kosmetik yang Aman untuk Ibu Hamil dan Janin

Hati-hati dalam memilih kosmetik, ya!

Tak hanya makanan saja yang perlu hati-hati saat hamil namun ternyata penggunaan kosmetik pun juga. Kosmetik yang ada di pasaran dibuat dengan bermacam-macam bahan, ada yang organik tapi ada juga yang dari bahan kimia. Jika sampai salah dalam menggunakan kosmetik tersebut bisa membuat janin terpapar bahan kimia berbahaya. Hal ini tentu menjadi masalah yang serius ya Sahabat.

Lalu apa saja sih kriteria memilih kosmetik yang aman bagi ibu hamil tersebut dan apa saja bahan yang tidak diperbolehkan untuk ibu hamil? Yuk simak ulasan Jitaksara di bawah ini Sahabat!

kosmetik yang aman untuk ibu hamil

smier.org

Apa saja yang harus dihindari

Dalam masa kehamilan, paparan bahan kimia yang terdapat dalam kosmetik tersebut dapat membuat efek yang signifikan pada kesehatan reproduksi. Apa lagi dari bahan kimia yang juga dilarang penggunaannya pada kosmetik seperti merkuri atau paraben. Beberapa risiko kesehatan seperti bayi lahir prematur dan berat rendah menjadi ancaman selanjutnya. Jadi perlu ekstra hati-hati dalam memilihnya, ya Sahabat!

Baca juga: 5 Aktivitas Larangan Ibu Hamil, Bisa Membahayakan Bayi!

Berbagai bahan yang dianggap mengganggu endokrin harus mulai dihindari. Zat-zat ini dapat mengganggu fungsi hormon sehingga tidak dapat bekerja lebih optimal. Zat pengganggu ini yang perlu diwaspadai adalah phthalate yang sering ditemukan pada produk kosmetik yang memiliki aroma atau parfum. Selain itu ada juga produk antipenuaan dengan vitamin A juga perlu dihindari karena dapat menyebabkan bayi berpotensi cacat lahir.

15 Kandungan kosmetik yang tidak aman bagi janin

Beberapa kandungan bahan yang terdapat dalam kosmetik yang tidak disarankan adalah

  1. Retinyl palmitate dan Retinol (vitamin A)
  2. Phthalates
  3. Paraben
  4. Triclosan
  5. Dibutyl phthalate
  6. BP-3
  7. BHA dan BHT
  8. Bisphenol A
  9. Dioksin
  10. Etanolamina
  11. Oxybenzone
  12. Diazolidinyl urea
  13. Garam fenilmerkurat, nitrat, asetat
  14. Hydroquinone atau glutathione
  15. Aroma (parfum)

Berbagai bahan tersebut dapat membahayakan janin jika dipakai terus menerus. Sahabat juga perlu memperhatikan kosmetik yang dibuat dengan bahan alami karena jika mengandung salah satu bahan kimia di atas maka harus menghindarinya juga.

kosmetik yang aman untuk ibu hamil

vecteezy.com

5 Kriteria Kosmetik yang Aman untuk Ibu Hamil

Setelah melihat kandungan di atas tentu Sahabat akan lebih mudah dalam menyeleksi kosmetik yang ingin dipakai. Biasanya setiap kandungan dari bahan pembuatannya akan tersaji pada kemasan produk kosmetik tersebut. Sahabat bisa mencari produk kosmetik yang memiliki kriteria di bawah ini:

  1. Tanpa pengharum
  2. Bebas BPA
  3. Tidak mengandung paraben
  4. Tidak mengandung ftalat (Phthalates)
  5. Tidak ada DEA

Baca juga: Waspada! 10 Makanan Penyebab Keguguran Saat Hamil Muda

Dari kriteria tersebut tentunya Sahabat sudah bisa memilih mana yang sekiranya aman dipakai untuk ibu hamil dan yang tidak. Bisa juga dengan berkonsultasi dengan dokter skin care masing-masing untuk penggunaan kosmetik yang ramah dengan ibu hamil. Agar aman dalam menjaga janin selama masa mengandung tersebut memang perlu ekstra hati-hati. Tak hanya dalam mengonsumsi makanan dan beraktivitas namun juga dari kosmetik yang digunakan.

Jika memang kosmetik yang dipakai sekarang ini tidak masuk dalam kriteria yang aman untuk ibu hamil, sebaiknya tidak melanjutkan pemakaiannya. Dikhawatirkan dapat mengganggu proses perkembangan janin dan bisa membuatnya terancam bahaya. Jadi memang tidak sembarangan dalam memilih kosmetik tersebut saat hamil.

Nah itulah beberapa kriteria dari kosmetik yang aman digunakan bagi ibu hamil. Selain mendukungnya dengan nutrisi dari bahan makanan, Sahabat juga perlu menjaganya dari paparan bahan kimia pada kosmetik yang digunakan sebelumnya, ya!

 

 

Click to comment

Most Popular

To Top