Parenting

Larangan Potong Rambut Saat Hamil. Mitos atau Fakta, ya?

Cari tahu penjelasannya di sini!

Berbagai mitos pasti sering Sahabat dengar saat masuk masa kehamilan. Entah tidak boleh ini itu atau tidak boleh makan ini itu.

Sebaiknya Sahabat lihat lagi dan cari tahu lebih banyak tentang mitos tersebut. Larangan potong rambut saat hamil memang banyak didengar juga terutama bagi masyarakat suku Jawa.

Wanita yang sedang hamil dilarang untuk potong rambut karena bisa menyebabkan bayi lahir cacat atau tidak normal.

Lalu bagaimana pendapat medis tentang mitos ini? Adakah hubungan antara potong rambut dan bayi yang dilahirkan cacat?

Bagi Sahabat yang sedang mencari tahu mitos ini bisa melihat penjelasan yang sudah Jitaksara siapkan di bawah ini. Simak dan catat, ya!

potong rambut saat hamil

hairfinder.com

Mitos tentang potong rambut bisa menyebabkan bayi cacat

Bagi masyarakat Indonesia pasti sudah wajar mendengar berbagai mitos atau pantangan ketika sedang hamil.

Salah satunya adalah mitos tentang potong rambut yang mengaitkan dengan kelahiran bayi yang cacat. Padahal ketika hamil, rambut akan memanjang dan otomatis tubuh mudah gerah.

Tentu Sahabat ingin potong rambut, bukan? Nah sebetulnya hal tersebut adalah mitos belaka karena secara medis tidak ada bahayanya jika Sahabat ingin memotong rambut.

Baca juga: Cabut Gigi Saat Hamil, Adakah Risikonya bagi Ibu dan Janin?

Namun yang harus Sahabat perhatikan adalah pemakaian vitamin atau bahan kimia saat pemotongan rambut tersebut.

Sebaiknya hindari penggunaan bahan kimia atau vitamin yang bisa berpengaruh pada kehamilan. Jika sampai masuk ke pori-pori kulit kepala kemudian masuk dan terserap pada janin akan berbahaya.

liveabout.com

Fakta kesehatan tentang potong rambut

Ketika hamil, ada beberapa faktor hormon yang dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut. Misalnya rambut menjadi lebih tebal atau tipis, lebih cepat memanjang atau teksturnya yang berbeda.

Memotong rambut yang mengaitkan dengan bayi yang cacat memang tidak ada hubungannya sama sekali. Beberapa faktor yang membuat bayi cacat adalah:

  • Riwayat genetik
  • Usia ibu hamil lebih dari 35 tahun
  • Gaya hidup yang tidak sehat
  • Infeksi penyakit
  • Atau obat-obatan yang mempengaruhi perkebangan janin

Saat ibu hamil melakukan perawatan di salon biasanya menggunakan bahan kimia. Biasanya untuk pewarnaan rambut, smoothing, rebonding dan masih banyak lagi.

Baca juga: Waspada! 10 Makanan Penyebab Keguguran Saat Hamil Muda

Perlu diperhatikan agar tidak menggunakan bahan kimia berbahaya atau kalau bisa tunda dahulu perawatan rambut berbahan kimia.

Selain itu, hindari juga salon yang terlalu ramai karena bisa meningkatkan risiko penularan penyakit dari orang lain ke ibu hamil.

Hindari juga salon yang terlalu panas atau mengeluarkan uap dari bahan kimia juga.

potong rambut saat hamil

tokopedia.com

Hukum Islam tentang potong rambut

Dalam hukum Islam memang tidak ada hukumnya untuk memotong rambut saat hamil. Keutamaan seorang ibu hamil adalah mensyukuri apa yang sudah dianugerahkan oleh Allah SWT.

Saat kehamilan memang membutuhkan kenyamanan. Jika memang membutuhkan potong rambut, Sahabat bisa langsung memotong rambut saja.

Jadi kini sudah jelas mana yang menjadi mitos dan mana yang menjadi faktanya.

Sahabat perlu menyikapinya dengan lebih baik lagi karena jika sampai termakan mitos-mitos tersebut malah akan rugi sendiri.

Karunia yang sangat besar jika Sahabat bisa mendapatkan kehamilan. Itulah mengapa Sahabat perlu menjaganya dengan baik dan lebih berhati-hati.

Demikian beberapa informasi yang bisa Sahabat dapatkan dari mitos potong rambut saat hamil. Tentunya perlu sikap yang tepat jika mendengar tentang mitos-mitos yang beredar.

Sebaiknya tetap konsultasikan sesuatu hal jika Sahabat tidak yakin akan hal tersebut dengan dokter masing-masing.

Click to comment

Most Popular

To Top