Parenting

7 Fakta Tentang Bekas Luka Operasi Caesar yang Wajib Kamu Ketahui

luka operasi caesar

Rawat dengan baik agar tehindar dari infeksi, ya~

Ada dua pilihan jalan persalinan yaitu persalinan normal dan persalinan caesar. Sebetulnya persalinan normal merupakan jalan terbaik karena efek sampingnya pada kesehatan ibu lebih kecil dibandingkan dengan persalinan caesar. Namun karena kondisi tertentu, persalinan caesar ini harus dijalani oleh sebagian ibu hamil agar dapat melahirkan bayinya dengan sehat.

Jika bekas luka pada operasi caesar tersebut tidak dirawat dengan baik maka bisa menimbulkan infeksi dan memicu masalah kesehatan lainnya. Itulah mengapa bagi Sahabat yang menempuh persalinan menggunakan caesar ini perlu memperhatikan dengan baik-baik. Sebetulnya persalinan ini tidaklah buruk seperti kedengarannya, sebagian besar informasi yang diterima oleh masyarakat banyak yang tidak benar. Lalu apa saja fakta-fakta tentang operasi caesar tersebut? Jitaksara sudah merangkumnya di bawah ini. Simak, ya Sahabat!

1. Berapa lama rasa nyeri akan terasa?

1. Berapa lama rasa nyeri akan terasa?

Luka yang ditimbulkan oleh operasi caesar tersebut umumnya berlangsung selama 6 bulan dan akan hilang rasa nyeri tersebut secara berangsur-angsur. Namun dalam kondisi tertentu seperti terjadinya masalah kesehatan atau gangguan sistem saraf maka rasa nyeri tersebut bisa dirasakan lebih lama lagi.

Sahabat perlu memperhatikan bekas luka tersebut secara seksama, apakah terjadi pembengkakan atau timbul gejala kemerahan. Jika terdapat tanda tersebut maka besar kemungkinan terjadi infeksi. Sahabat bisa memeriksanya kembali bersama dengan dokter masing-masing. Jangan lupa untuk terus menjaga bekas luka tersebut bersih dan steril agar proses penyembuhannya lebih cepat.

2. Sering terjadi mati rasa

2. Sering terjadi mati rasa

Bagi sebagian ibu yang sudah pernah menjalani operasi caesar ini mengaku bahwa bekas luka bisa menjadi mati rasa. Biasanya sensasi ini akan berlangsung pada tahun pertama setelah operasi dan proses penyembuhannya semakin meningkat pada tahun berikutnya. Namun sebagian ibu juga mengatakan bahwa mati rasa tersebut tidak sepenuhnya hilang. Jika sudah begitu, Sahabat bisa rutin memijat area bekas luka tersebut agar aliran darahnya menjadi lancar.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

3. Cara menyembuhkan bekas luka

3. Cara menyembuhkan bekas luka

Perawatan yang efektif dan tepat harus dilakukan dengan baik agar rasa sakit dan bekas luka tersebut bisa hilang secara berangsur-angsur. Ketika luka tersebut sudah tertutup dan jahitannya sudah dilepas, Sahabat bisa langsung memijat lembut area sekitar luka tersebut. Beberapa alternatif yang bisa digunakan adalah mengoles krim penghilang bekas luka. Krim tersebut dibuat dengan kandungan bahan tertentu yang dapat memudarkan bekas luka caesar tanpa membuat efek samping. Biasanya bekas luka tersebut terasa sangat gatal, sebaiknya Sahabat tidak menggaruknya dengan tangan yang kotor karena bisa menimbulkan iritasi dan luka baru.

4. Apakah bekas luka tersebut bisa hilang?

luka operasi caesar

Walau ada banyak produk krim untuk menghilangkan bekas luka operasi caesar namun kenyataannya tidak bisa menghilangkan bekas tersebut sepenuhnya. Hasil yang paling sempurna yang bisa Sahabat dapatkan adalah garis putih yang memanjang yang bisa tidak terlihat oleh sebagian orang. Tidak menjadi masalah apabila bekas luka tersebut hilang sepenuhnya karena bisa menjadi bukti perjuangan Sahabat untuk melahirkan si buah hati.

5. Pakaian yang cocok

5. Pakaian yang cocok

Sahabat perlu memilih ukuran pakaian yang cocok agar bekas luka operasi caesar tersebut tidak terlalu tertekan. Pilihlah pakaian yang nyaman dan longgar serta dapat menyerap keringat dengan baik. Apabila menggunakan pakaian yang ketat dapat membuat iritasi pada bekas luka caesar tersebut. Untuk desainnya sendiri tidak terlalu dipermasalahkan karena bisa menyesuaikan seleras Sahabat. Namun yang perlu digaris bawahi hanya memilih pakaian yang nyaman dan longgar saja.

Baca juga: 7 Obat Maag untuk Ibu Hamil yang Ampuh dan Aman

6. Bagaimana jika bekas luka berdarah?

luka operasi caesar

Pendarahan yang terjadi di vagina pasca operasi caesar ini merupakan kondisi yang normal. Pendarahan tersebut merupakan tanda bahwa rahim masih dalam proses penyembuhan. Ketika plasenta terpisah dari rahim maka akan meninggalkan pembuluh darah yang terbuka sehingga terjadi pengeluaran darah di rahim.

Nantinya, rahim akan menyusut kembali ke ukuran sebelum hamil dan menutup pembuluh darah tersebut dengan sendirinya. Namun yang menjadi perhatian khusus adalah darah yang keluar dari bekas luka operasi caesar. Biasanya butuh sekitar 4-6 minggu sampai luka benar-benar sembuh. Bagian luka tersebut akan melunak dan lebih rawan untuk terbuka kembali. Itulah mengapa Sahabat perlu menjaga dan memperhatikannya dengan baik agar tidak terjadi hal yang diinginkan.

Apabila terjadi tanda kemerahan dan muncul darah pada area tersebut, Sahabat bisa langsung ke dokter untuk mendapatkan penanganan khusus. Hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa bekas luka mengalami infeksi.

7. Pola hidup setelah operasi caesar

7. Pola hidup setelah operasi caesar

Untuk mendukung penyembuhan terhadap bekas luka operasi caesar tersebut, Sahabat perlu memenuhi berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu bisa juga dengan memperbanyak konsumsi air putih agar tubuh dapat asupan cairan yang terjaga. Makan makanan yang memiliki serat tinggi juga diperlukan agar Sahabat terhindar dari masalah sembelit.

Jaga juga kesehatan selama masa penyembuhan, perbanyak istirahat dan kurangi melakukan aktivitas yang terlalu melelahkan. Hal ini perlu dilakukan agar proses penyembuhan menjadi lebih cepat dan menghindari dampak lanjutan yang tidak diinginkan.

Nah itulah beberapa fakta-fakta yang bisa Sahabat ketahui dari operasi caesar. Terlepas dari dampak dan efeknya setelah operasi, Sahabat perlu menjaga bekas luka tersebut dengan baik agar tidak terjadi masalah yang lebih serius.

Click to comment

Most Popular

To Top