Apps and Games

Lupa Pola HP Android Kamu? Ini Dia Cara Mengatasinya!

Semoga berhasil, ya!

Berbagai cara bisa Sahabat lakukan ketika lupa pola HP Android. Sebetulnya ada cara yang paling mudah namun resikonya juga besar yaitu format pabrik. Jadi data akan dikembalikan pada pengaturan pabrik. Namun jika ada banyak file dan data penting dalam HP tersebut tentu hal tadi tidak bisa dilakukan.

Maka dari itu butuh beberapa cara yang aman dan lebih efektif. Jitaksara sudah merangkumnya dalam 5 cara di bawah ini. Sahabat bisa memilih salah satu dari cara di bawah ini untuk mengganti pola lama ke pola yang baru.

1. Fitur lupa pola

lupa pola hp

9to5google.com

Cara pertama adalah dengan menggunakan fitur lupa pola atau forgot pattern. Fitur ini memungkinkan Sahabat mengganti pola lama ke pola yang baru dengan bantuan akun Gmail yang ada di HP tersebut.

Sahabat bisa langsung klik pada forgot pattern / lupa pola tersebut kemudian diarahkan untuk memasukkan pin atau password.

Jika benar maka Sahabat bisa langsung membuat pola baru. Beberapa HP lain biasanya akan langsung meminta memasukkan email tersebut dan pola akan dikirimkan ke email. Sahabat bisa mengakses email tersebut dari perangkat lain seperti laptop atau HP lain.

Baca juga: 5 Aplikasi Sadap WhatsApp yang Bisa Kamu Gunakan di 2019

2. Pakai Android Device Manager

2. Pakai Android Device Manager

aolcdn.com

Google memiliki fitur sinkronasi pada semua perangkat yang terhubung dalam akunnya. Maksudnya adalah jika Sahabat memiliki banyak HP maka bisa login pada satu akun Google. Fungsinya adalah memantau semua HP tersebut hanya dengan akun Google.

Misal terjadi kehilangan dari salah satu HP tersebut maka Sahabat bisa memantau lokasinya. Nah, pada fitur ini juga dapat digunakan untuk menghapus pola HP Sahabat. Caranya dengan login ke akun Google kemudian masuk ke bagian perangkat dan pilih perangkat yang akan dihapus datanya.

Ada 3 opsi yang tersedia yaitu ring, lock dan erase. Pilih lock maka Sahabat akan langsung diarahkan pada penggantian password baru. HP Android akan tetap terkunci namun passwordnya sudah diatur dengan password yang baru.

3. Bikin lockscreen menjadi crash

3. Bikin lockscreen menjadi crash

utexas.edu

Untuk tipe HP dengan sistem operasi Lollipop atau 5.0 sampai 5.1.1 terdapat bug yaitu lockscreen crash. Nah, jika HP Sahabat bertipe ini tentu lebih mudah lagi dalam membukanya.

Hanya perlu mengakses Emergency Call kemudian mengetikkan tanda * hingga full dan tidak bisa ditambahkan lagi. Setelah itu copy semua tanda tadi, lalu masuk ke bagian kamera atau kalau bisa langsung menarik notification bar maka bisa dilakukan.

Tarik notification bar untuk membuka pengaturan, Sahabat akan tetap diminta memasukkan pin, masukkan karakter sebelumnya dengan cara di-paste hingga menyebabkan lockscreen crash. Jika berhasil Sahabat akan langsung masuk ke tampilan utama HP tersebut.

Baca juga: 5 Aplikasi untuk Mengembalikan Data yang Terhapus di Android

4. Masuk ke dalam safe mode Android

4. Masuk ke dalam safe mode Android

dignited.com

Jika HP Sahabat termasuk keluaran terbaru maka bisa menggunakan cara satu ini. Tekan tombol Power dan tahan hingga keluar pilihan Reboot to Safe Mode.

Pilih opsi tersebut kemudian masuk ke pengaturan dan menguninstall aplikasi lockscreen pihak ketiga Sahabat. Selanjutnya bisa masuk ke mode normal lagi seperti biasanya. Cara ini hanya bisa digunakan jika Sahabat menggunakan aplikasi lockscreen pihak ketiga.

5. Hapus pola di ADB

lupa pola hp

xda-developers.com

Membuka pola HP yang kelupaan bisa juga dilakukan melalui ADB. Cara ini dapat dilakukan jika Sahabat sebelumnya menghidupkan USB Debugging atau saat dicolokkan ke laptop terdapat pilihan USB Debugging.

Selanjutnya hubungkan HP dan laptop menggunakan ADB File tersebut dan mengetik adb shell rm /data/system/gesture.key lalu tekan enter.

Selanjutnya restart HP dan lockscreen akan hilang sementara. Langsung ganti password segera karena nanti lockscreen akan running lagi.

Itulah beberapa cara yang bisa Sahabat lakukan jika lupa pola HP Android. Beberapa cara di atas termasuk yang paling mudah dilakukan sendiri. Jadi bisa segera mengganti pola saat kelupaan, ya Sahabat!

 

Click to comment

Most Popular

To Top